Apa itu Freelance, (Pekerja Lepas?)

Hei kamu, terimakasi lho udah mau nungguin artikel baru dari saya. Sebagai gantinya, saya bakalan nuliskan sesuatu yang sangat bermanfaat untukmu.

Yaitu tentang Freelance

Kita bahas dari segi pengertiannya aja yah.

Tapi sebelumnya saya ada artikel bagu buat kamu, yaitu tentang belajar menjadi mandiri.

Pengertian Freelance

Secara umum freelance dapat diartikel sebagai pekerja yang lepas dari aturan  baku seperti yang ada pada suatu perusahaan. Misalnya nih, kamu itu seorang freelance, kamu tidak akan terikat dengan aturan seperti wajib masuk kerja jam 8 pagi dan pulangnya jam 5 sore, dan sebagainya.

Atau bisa juga diartikel freelance itu = kerja sesukanya kita.

Tapi!!

Walau tidak ada aturan baku/wajib yang mengatur seorang freelance, pekerja freelance itu juga harus bertanggung jawab penuh atas pekerjaan yang ia lakukan.

Contoh Pekerjaan Freelance

Youtuber

Yaps, jadi youtuber itu freelance, kamu gak harus maksain diri untuk buat vidio dari jam 1 sampe jam 3 sore. Tapi kamu bisa atur sesuka hatimu, kapan mau take vidio, dan kapan mau uploadnya.

Blogger/Penulis artikel

Sama kayak youtuber, blogger juga bebas ngatur waktunya, kapan mau nulis artikel, kapan mau nyatai.

Karena mereka bekerja tanpa adanya atasan, tanp adanya aturan dari “Bos”, mereka bekerja untuk dirinya sendiri, dan membayar dirinya sendiri.

Anak Design Grafis

Mereka juga yang suka ngoprek photoshop, main corel draw, mereka bisa saja menjadi seorang freelance.

Caranya mudah banget, tinggal buka jasa design grafis sesuai dengan keahlian mereka. Tinggal pasang tarif, dan lakukan promosi bisnis.

Untuk saat ini pekerjaan yang benar-benar freelance yang saya ketahui baru itu aja sih. Mungkin kamu tau lebih banyak, bisa komen dibawah ya.

Kelebihan dan Kekurangan Freelance

Menurut saya kelebihan dari pekerjaan freelance ini “flexible waktu”, jadi mau dikerjakan malam, pagi, atau siang terserah kita. Asalkan kita tetap bertanggungjawab dengan pekerjaan tersebut.

Kedua, seorang freelance itu kan rata-rata jual skill, jadi pasti bayarannya bisa mahal banget, tergantung skill dan jam terbang kita.

Kekurangannya:

Ada kekurangan dari pekerjaan freelance ini, untuk orang yang baru-baru terjun ke dunia freelance, itu tidak akan berjalan dengan mudah. Harus try and error terlebih dahulu.

Tapi hal ini wajah sih, disemua sektor bisnis juga seperti ini, coba dan gagal. Tapi karena kegagalan tersebut, kita jadinya lebih handal lagi.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Bukan suatu hal yang mustahil jika anda ingin mendapatkan uang dari Internet, sebab begitu banyak kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi Internet ini.

Di artikel ini saya akan berbagi bagaimana caranya mendapatkan uang dari Internet, bahkan seorang pemulapun bisa mengikutinya.

Internet dulu dan Sekarang

Bedanya dulu internet itu menjadi hal yang sangat asing, tidak banyak orang yang tertarik menggunakan internet. Sehingga transaksi apapun jika melalui internet pasti tidak mudah untuk dipercayai.

Tapi jaman begitu cepat berkembang, yang awalnya ragu dengan internet, kini hampir setiap hari ada transaksi melalui intenret. Bukan hanya transaksi 100-200ribu saja. Tapi hampir milyaran perharinya.

Sekarang orang sudah tidak takut lagi dengan bertransaksi melalui Internet. Asalkan proses transaksinya jelas dan aman.

Baca dulu: Pengertian Internet dan Intranet

Bisa dikatakan orang terkaya didunia saat ini itu bersumber dari Internet, karena mereka bekerja dengan menggunakan Internet.

Sebut saja Bil Gates selaku pemilik microsoft, Mark selaku pemilik facebook, dan perusahaan raksasa yang kita gunakan saat ini yaitu Google.

Mereka semua itu bisnis yang berbasis teknologi Internet.

Mereka saja bisa, lantas kenapa kita tidak, benar kan?

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

1. Menjadi Seorang Youtuber

Ini merupakan pekerjaan yang sangat baru viral, dulu tidak ada yang tau pekerjaan macam apa ini, dan bagaimana cara kerjanya.

Tapi sekarang menjadi seorang youtuber tidak hanya membuat kita kaya dan banyak uang, tetapi juga bisa menjadi terkenal.

Sebut saja Atta Halilintar, Ria Ricis, dan sederatan youtuber lainnya yang jumlah subcribernya mencapai  jutaan.

Bahkan sekali upload vidio mereka bisa mendapatkan jutaan bahkan miliyaran rupiah.

Wow, tentunya bukan suatu angka yang sangat kecil.

Bagaimana apakah anda tertarik?, tentu saja bisa anda coba sendiri.

2. Menjual Jasa 

Untuk dapat menjual jasa di Internet, setidaknya anda harus punya kemampuan berkomunikasi yang baik. Gunanya adalah untuk meyakinkan bahwa jasa yang anda tawarkan itu benar-benar bagus dan berkualitas.

Selain itu komunikasi yang bagus juga mempermudah untuk melakukan negosiasi harga.

Ada banyak sekali jenis jasa yang bisa anda jual dengan internet, sebut saja jasa pembuatan website, jasa design grafis, jasa penulis artikel, jasa editing, dan banyakkk lagi yang lain.

Jika anda punya skill editing atau desing grafis, silahkan manfaatkan sosial media seperti facebook atau instagram anda untuk menjual jasa anda.

Cukup mudah caranya, tinggal buat 1 projek sederhana, lalu posting di sosmed anda, isi sedikit caption bahwa anda menjual suatu jasa design grafis, contohnya ini seperti yang anda posting barusan.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan untuk saat ini, semoga anda bisa memahaminya dengan baik.

Sampai jumpa di artikel lainnya.