Apa itu Freelance, (Pekerja Lepas?)

Hei kamu, terimakasi lho udah mau nungguin artikel baru dari saya. Sebagai gantinya, saya bakalan nuliskan sesuatu yang sangat bermanfaat untukmu.

Yaitu tentang Freelance

Kita bahas dari segi pengertiannya aja yah.

Tapi sebelumnya saya ada artikel bagu buat kamu, yaitu tentang belajar menjadi mandiri.

Pengertian Freelance

Secara umum freelance dapat diartikel sebagai pekerja yang lepas dari aturanĀ  baku seperti yang ada pada suatu perusahaan. Misalnya nih, kamu itu seorang freelance, kamu tidak akan terikat dengan aturan seperti wajib masuk kerja jam 8 pagi dan pulangnya jam 5 sore, dan sebagainya.

Atau bisa juga diartikel freelance itu = kerja sesukanya kita.

Tapi!!

Walau tidak ada aturan baku/wajib yang mengatur seorang freelance, pekerja freelance itu juga harus bertanggung jawab penuh atas pekerjaan yang ia lakukan.

Contoh Pekerjaan Freelance

Youtuber

Yaps, jadi youtuber itu freelance, kamu gak harus maksain diri untuk buat vidio dari jam 1 sampe jam 3 sore. Tapi kamu bisa atur sesuka hatimu, kapan mau take vidio, dan kapan mau uploadnya.

Blogger/Penulis artikel

Sama kayak youtuber, blogger juga bebas ngatur waktunya, kapan mau nulis artikel, kapan mau nyatai.

Karena mereka bekerja tanpa adanya atasan, tanp adanya aturan dari “Bos”, mereka bekerja untuk dirinya sendiri, dan membayar dirinya sendiri.

Anak Design Grafis

Mereka juga yang suka ngoprek photoshop, main corel draw, mereka bisa saja menjadi seorang freelance.

Caranya mudah banget, tinggal buka jasa design grafis sesuai dengan keahlian mereka. Tinggal pasang tarif, dan lakukan promosi bisnis.

Untuk saat ini pekerjaan yang benar-benar freelance yang saya ketahui baru itu aja sih. Mungkin kamu tau lebih banyak, bisa komen dibawah ya.

Kelebihan dan Kekurangan Freelance

Menurut saya kelebihan dari pekerjaan freelance ini “flexible waktu”, jadi mau dikerjakan malam, pagi, atau siang terserah kita. Asalkan kita tetap bertanggungjawab dengan pekerjaan tersebut.

Kedua, seorang freelance itu kan rata-rata jual skill, jadi pasti bayarannya bisa mahal banget, tergantung skill dan jam terbang kita.

Kekurangannya:

Ada kekurangan dari pekerjaan freelance ini, untuk orang yang baru-baru terjun ke dunia freelance, itu tidak akan berjalan dengan mudah. Harus try and error terlebih dahulu.

Tapi hal ini wajah sih, disemua sektor bisnis juga seperti ini, coba dan gagal. Tapi karena kegagalan tersebut, kita jadinya lebih handal lagi.

Arti Kata Copas

Hai, yuk kenalan sama istilah copas

Copas adalah singkatan dari copy-paste, yang memiliki arti, menyalin dan menempel

Misalnya nih, kita menemukan artikel bagus di internet, lalu kita pingin berbagi ke orang lain, kita tinggal salin saja tuh teks nya

Setelah itu disalin dan diposting ulang

Untuk melakukan copas tinggal penet tombol pada keyoard ctrl plus c, lalu ctrl plus v