Menjaga kebersihan tidak hanya dilakukan dengan membersihkan lingkungan rumah saja, namun menjaga diri untuk tetap bersih juga penting untuk kesehatan. Hal yang paling sederhana adalah masalah keramas dengan benar, merawat gigi, dan kebersihan perabot masak dan makan. Manfaat aloe vera tidak bisa terelakkan untuk masalah-masalah tersebut. Aloe vera atau biasa disebut lidah buaya memang memiliki banyak manfaat dan juga mudah kita temui. Perawatan tanaman lidah buaya yang mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus menjadikan lidah buaya banyak dijadikan tanaman hias di rumah. Cara mengembangbiakkannya juga sangat mudah, yaitu cukup dengan memotong bagian tunas dan tanam ke dalam pot atau tanah baru.

  1. Menghilangkan ketombe

Manfaat aloe vera yang pertama adalah untuk mengatasi masalah ketombe. Ambil daun lidah buaya berukuran sedang lalu kupas. Ambil gelnya dan langsung oleskan ke kulit kepala secara merata. Tunggu selama 30-45 menit sambil dipijat pelan. Bilas dengan air hingga bersih. Manfaat aloe vera untuk mengatasi ketombe adalah mengangkat sel kulit mati dan mencegah timbulnya jamur. Gunakan secara rutin sebanyak 2-3 kali selama seminggu. Selain menghilangkan ketombe, penggunaan gel lidah buaya juga sekaligus untuk menumbuhkan rambut baru sehingga lebih tebal. Selain penggunaan secara langsung, Anda juga bisa menggunakan shampoo dengan ekstrak aloe vera atau mencampurkan gel dengan beberapa bahan alami lainnya seperti minyak kayu putih, lemon, tea tree oil, atau yoghurt.

  1. Membantu menjaga kebersihan gigi

Menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi tidak hanya cukup dengan mengandalkan pasta dan sikat gigi. Terkadang, kita perlu perawatan ekstra agar gigi terlihat lebih sehat dan cantik. Salah satu cara ekstraknya adalah penggunaan obat kumur atau dienal juga dengan sebutan mouthwash. Banyak sekali produk obat kumur di pasaran dengan kandungan alkohol ataupun tidak. Namun, mengapa kita tidak mencoba dengan cara yang alami? Aloe vera misalnya. Manfaat aloe vera tidak hanya untuk ketombe saja namun juga untuk kesehatan gigi. Apabila Anda memiliki rasa nyeri karena lesi yang disebabkan penggunaan behel atau kawat gigi, Anda bisa berkumur dengan bubuk lidah buaya yang diberi sedikit air. Bakteri S. aureus adalah jenis bakteri yang paling banyak ditemukan kasus infeksi pada tubuh manusia.

  1. Sebagai bahan alami pembersih alat-alat dapur

Siapa sih yang tidak kenal dengan produk Sunlight? Salah satu merek sabun cuci khusus peralatan makan ini sudah lama eksis di masyarakat Indonesia. Tidak hanya memanfaatkan ekstrak lemon dan jeruk nipis saja untuk bisa mengangkat lemak, ekstrak aloe vera juga tidak luput dimasukkan sebagai bahan utama. Hal ini dikarenakan manfaat aloe vera untuk pembersih akan semakin maksimal karena juga dilengkapi dengan antibakteri yang terdapat dalam ekstrak lidah buaya itu sendiri. Selain bersih, peralatan makan Anda, terutama untuk bayi dan balita Anda bisa lebih terjamin kebersihannya. Cukup dengan meneteskan sedikit produk Sunlight Clean and Soft pada spons, sudah bisa menghasilkan busa yang banyak yang cukup untuk banyak cucian kotor.

Selain pemanfaatan lidah buaya di atas, sebenarnya masih banyak sekali kegunaan aloe vera di kehidupan kita. Seperti penghilang stress, perawatan wajah dengan menjadikannya masker, mengobati luka, obat oral untuk beberapa jenis penyakit, dan sebagai antikanker. Lidah buaya yang memiliki banyak sinonim nama ini digunakan pada produk Sunlight. Manfaat aloe vera yang mampu menyeimbangkan bahan kimia dengan zat-zat alami pada aloe vera menjadikan produk ini adalah produk favorit. Sunlight berbahan aloe vera ini bisa Anda temukan di supermarket atau toko sembako di sekitar lingkungan Anda. Harganya pun standar dan tidak mahal karena sangat awet penggunaannya. Anda juga bisa membelinya melalui online shop.

Written by SULKHAN ARROSYID