Kuliah di Jurusan Sastra Arab? Mau Jadi Apa?

Hahaai. Pertanyaan klasik banget. Kalo ada peserta ujian masuk universitas pas liat pengumuman ternyata dapet di jurusan sastra, kebanyakan pada bingung tuh abis lulus mau kerja apa? Ini berdasarkan cerita teman-teman di sekitar aku lo. Apalagi sastra arab, mau jadi guru ngaji, bu? Ato TKI? Ckckck, agak kurang asem ya khan. kalo aku mah beda, aku mah mikirin dulu, yang penting ilmunya dah. Rejeki mah bakal kemana. Yang aku pikir saat itu adalah ya belajar sastra Arab menarik lah, karena bakalan mempelajari Timur Tengah yang emang complicated banget. Itu titik menarik aku.

 

And you know, hah.. ternyata pas baru masuk kuliah sastra arab, ternyata yang akan dipelajari gak Saudi Arabia aja, tapi ada 22 negara. Banyak gak tuh. Dengan adanya banyak negara yang akan dipelajari, otomatis akan ada banyak kesempatan datang, mulai dari beasiswa sampe kerjaan.

 

Di FIB UI negara yang kita pelajari biasanya menjalin hubungan baik pula dengan jurusan kita. Kalo Jepang setau aku ada pertukaran pelajar. Taun 2008 temen aku di sastra Korea dikirim ke Korea, sampe sekarang belom pulang, enak bet yak. Tentang beasiswa, bisa disabet juga dong ya pas lagi uliah di S1, S2, maupun S3 pastinya. Trus tentang kerja. Arab ya mbak? Ma jadi TKI? Hyaaaaaat, awas yaa! Emang iya, bakal jadi TKI, tapi TKI yang pake dasi, bweee..>.< bisa ke Saudi, Mesir, Qatar, Libya, Lebanon, banyak dah.

 

Mau cerita nih. Salah satu dosen aku. Dia ya jadi doesen aja sambil terus menuntut ilmu, beliau suka sekali dengan pemikiran pergerakan Islam. Suatu hari beliau ditawari untuk menjadi atase pendidikan di Saudi. Ya beliau gak nolak lah. Jadilah beliau seorang atase pendidikan di Saudi. Setelah beliau pulang dari sana, beliau ngajar di kelas aku. Cerita deh. Ternyata beliau gak pernah kepikiran untuk menjadi seorang diplomat. Itulah kekuatan ilmu. Beh, dahsyat banget dah ama kalimat itu. Keren kan? Ya tapi bukan berarti yang kita ingin gak dipikirin juga, gantungkanlah cita-citamu setinggi langit.

 

Selain itu juga ada tu senior yang diterima di Mahkamah Agung sebagai translator. Menurut cerita dosen, anak Arab UI ada yang diterima jadi pramugari pesawat arab, wartawan di Arab, anggota DPR RI, sampe penulis. Nih ya, tau Mbak Helvy Tiana Rosa? Anak Arab tu, hehe. Bangga dikit ye. Uda gitu tau Bang Arya Pandora? Itu lo wartawan TV One yang dikirim ke Libya, Tunisia, dan Mesir..  Keren kaan? Kuliah di Arab bisa jadi apa aja ko.. Tergantung pribadi masing-masing :)

So, yuk kuliah dengan meniatkan untuk Allah dan benar-benar untuk mencari ilmu serta terus membuat planning hidup ke depan dan teruslah bermimpi dan berusaha untuk mencapai citamu.. :)

(Next Post) »

11 Comments  to  Kuliah di Jurusan Sastra Arab? Mau Jadi Apa?

  1. hehehe..:D Salam kenal gan, zakki ( http://narotama.ac.id )

  2. Profile photo of rizfa.amalia rizfa.amalia says:

    Siap! Salam kenal juga, Bang Zakki.

  3. yuna says:

    mau masuk sastra inggris atau sastra jerman atau sastra prancis, mana yang bagus?

  4. Profile photo of rizfa.amalia rizfa.amalia says:

    Bagus semua kok. Tergantung gimana kita belajarnya :) Tapi dari ketiga jurusan itu, setau saya yang paling banyak diminati itu sastra inggris.

  5. elok says:

    minat ke jurusan sastra arab nih :) tapi butuh informasi yg banyak lagi

  6. Profile photo of rizfa.amalia rizfa.amalia says:

    Elok: boleh boleh. kalo mau tanya2, kirim aja ke imel saya rizfa.amalia@ui.ac.id Kalo bisa dijawab, nanti saya jawab :)

  7. ainii says:

    Assalam.. kak aku juga minat ke sastra arab UI nih. tapi lagi butuh informasi yg banyak ttg prospek ke depannya gimana. :) salam kenal

  8. Dyah Ayu says:

    Assalamu’alaikum.. waaaah, aku jadi makin tertarik buat masuk sastra arab. mudah mudahan tahun depan bisa diterima di UI. aamin :)

  9. Profile photo of rizfa.amalia rizfa.amalia says:

    Wa’alaikumussalaam warahmatullah.. Aamin. smangaaaaatt..! :)

  10. bahasa arab itu kan bahasa surga insyaallah berkah 😀 kak aku insyaallah tahun depan mau ikut snmptn/simak ambil sastra arab ui. mau tanya doang apa aja sih yg harus disiapin biar bisa lolos msk fakultas sastra arab ui? makasih ya kak :)

  11. dewi purniyati says:

    kak, di jurusan sastra arab ui, masih ada mapel bahasa inggris tak?

    Terima kasih…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *