Permainan memasak yang saat ini sedang populer dikalangan pengguna telepon selular pintar adalah permainan yang dibawakan oleg seorang koki profesional dalam versi 3 dimensi, dia adalah Nona Sara. Sehingga permainan memasak ini kerap disebut sebagai permainan memasak sara. Dalam permainan tersebut, seseorang akan diajari bagaimana cara memasak yang baik melalui berbagai macam tantangan yang diberikan oleh sang nona yang menjadi koki.

Pada pertama kali permainan, para pemain atau biasanya disebut sebagai gamer diharuskan untuk mempelajari segala intruksi yang terdapat di dalam menu permainan tersebut. Sebab hanya dari intuksi intruksi itulah permainan yang mengeksplore tentang segala hal yang berhubungan dengan dunia masak memasak ini dapat dilanjutkan.

Permainan Memasak
Permainan Memasak Edukasi
Jika sudah memilih menu apa yang akan dibuat, permainan memasak ini akan memunculkan tokoh koki seperti yang telah disebutkan di atas. Namanya dikenal sebagai Koki Sara. Dia akan memberikan petunjuk teknis tentang bagaimana cara membuat masakan sesuai dengan resep yang telah dipilih. Namun, sebelum memberikan demonstrasi, Nona Sara akan menyuruk gamer untuk membeli bahan bahan yang dibutuhkan via toko atau pasar di dalam permainan tersebut.

Proses pembelian bahan bahan ini pun juga merupakan bagian dari tahapan permainan tersebut, sehingga ada waktu yang membatasi gamer dalam hal pemilihan bahan bahan yang akan digunakan. Jika sudah, maka seorang gamer akan mendapatkan poin yang didasarkan pada perolehan bahan serta penggunaan waktu yang diberikan.
Game Memasak Sara
Kemudian, Nona Sara akan melanjutkan intruksi dengan bahan bahan yang telah didapatkan. Di sini permainan memasak yang sesungguhnya dimulai. Nona Sara akan memberikan demonstrasi, mulai dari cara meracik bumbu masakan, memotong motong sayuran, hingga mencampurkan bumbu dan memasak bahan utama. Nona Sara akan berperan seolah olah ia adalah selebriti chef yang sedang membawakan acara masak masak di stasiun televisi.

Setelah Nona Sara menyelesaikan tiap tahapan dalam proses memasak tersebut, maka ia akan memberikan tantangan kepada gamer untuk melakukan hal yang sama seperti apa yang telah dilakukan dengan menggunakan bahan bahan yang tadinya telah dikumpulkan. Hal tersebut juga akan dilakukan dengan menggunakan waktu yang terbatas.

Jika para gamer dapat menyelesaikan tahapan tersebut dengan baik, maka ia dapat melanjutkan ke tahapan yang selanjutnya, namun jika seorang gamer tidak bisa menyelesaikan tantangan yang diberikan Nona Sara maka ia diharuskan mengulangi tantangan tersebut dari awal sampai ia benar benar mampu menyelesaikan tantangan yang diberikan tersebut.

Lalu, setelah semua persyaratan terpenuhi maka permainan memasak dapat dilanjutkan. Nona Sara akan memberikan gambaran teknis pembuatan resep masakan, dan para gamer harus menyelesaikan tantangan yang diberikan Nona Sara tersebut seperti di awal hingga pada ujung permainan, atau pada saat sebuah resep masakan telah selesai dibuat dan siap untuk disajikan.
Game Memasak Bermain Sambil Belajar
Dalam permainan ini, terdapat banyak sekali pelajaran yang bisa didapatkan, salah satunya yang sederhana adalah dapat memberikan edukasi kepada orang orang yang sedang belajar memasak. Hal tersebut disebabkan hingga saat ini belum banyak orang yang pandai memasak dan mampu mengajarkannya kepada orang lain.

Dalam permainan tersebut terdapat banyak sekali resep makanan yang dapat dibuat. Misalnya adalah resep memasak nasi goreng, resep memasak donat, resep memasak kue, resep memasak hamburger, resep memasak hot dog, dan resep resep yang lainnya. Permainan memasak ini tidak hanya cocok bagi mereka yang gemar memasak, namun juga bagi mereka yang bisa mengelola segala macam informasi. Silakan mainkan di Permainan Memasak