Wajib Tahu! Inilah Perbedaan PKL dan Magang

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan PKL dan Magang

Saat kuliah tentunya kamu akan melaksanakan praktik kerja lapangan. Hanya saja, penamaan kegiatan pembelajaran ini tak sama antar jurusan.

Ada yang menamakan PKL, ada juga yang menamakan magang. Jika diibaratkan perbedaan keduanya seperti perbedaan kopi arabika dan robusta untuk lebih jelasnya berikut penjelasan mengenai perbedaan PKL dan magang yang harus kamu ketahui.

Pengertian PKL dan Magang

Pada dasarnya, PKL dan magang merupakan kegiatan wajib pendidikan yang masuk dalam kurikulum siswa SMK maupun mahasiswa. Hanya saja, konteks dari dua istilah ini digunakan sesuai dengan rancangan pembelajaran dari masing-masing jurusan.

Secara umum, praktik kerja lapangan atau PKL memiliki arti kata yang hampir sama dengan magang. Kegiatan pembelajaran ini bersifat learning by doing dan biasanya didampingi oleh dosen pendamping. Pada mahasiswa, kegiatan ini dilakukan di semester akhir dan menjadi tolak ukur apakah ilmu yang sudah didapatkan bisa diimplementasikan dengan baik di dunia kerja.

Beda PKL dan Magang

Meskipun secara istilah bisa dikatakan sama. Tetapi, beberapa orang menyebut dua istilah ini berbeda. Jika biasanya istilah PKL lebih sering digunakan untuk praktik kerja pada anak SMK, istilah magang lebih sering ditujukan kepada mahasiswa akhir.

Perbedaan PKL dan magang memang bukanlah menjadi masalah saat menjalaninya. Kamu tetap harus profesional ketika menjalani aktivitas ini dan berusaha sebaik-baiknya ketika menjalaninya. Terlebih, PKL atau magang bukan hanya sekadar untuk mendapatkan nilai saja, tetapi juga untuk meningkatkan kompetensi yang berguna ketika kamu bekerja nanti.

Agar tujuan dari PKL atau magang ini bisa tercapai, tentunya motivasi dalam melakukannya perlu kamu perhatikan. Motivasi untuk mengembangkan ketrampilan akan lebih memacu kamu untuk melakukan hal terbaik. Tentunya, hal ini akan membuat kamu lebih bersungguh-sungguh dan lebih maksimal dalam menjalankan PKL atau magang.

Selain itu, persiapkan pula kondisi fisik dan mental untuk belajar dan bekerja yang kuat saat PKL atau magang. Sesuaikan dengan tempat tujuan magang, sehingga kamu bisa fit selama menjalaninya. Usahakan untuk tidak cemas dan selalu mematuhi brief yang sudah diberikan perusahaan agar apa yang kamu lakukan bisa berjalan lancar.

Perbedaan PKL dan magang bukanlah sesuatu yang harus dipermasalahan. Secara istilah, PKL dan magang memiliki arti yang sama. Untuk itu, lakukan hal terbaik selama PKL atau magang ya?