Tips Sukses KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang Bikin Kamu Betah

Tips Sukses KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang Bikin Kamu Betah

Kamu pasti sedang menunggu jadwal KKN bukan? Selain bisa bertemu dengan teman dari jurusan lain, menjalani program KKN juga akan membantu kamu dalam mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat saat kuliah. Agar KKN yang kamu jalani menjadi lebih berkesan, tips sukses KKN (Kuliah Kerja Nyata) berikut akan membantumu.

1. Rencanakan program KKN

Agar KKN yang akan kamu jalani berjalan lancar, merencanakan program dengan baik perlu dipersiapkan dengan baik. Kamu dan tim KKN bisa membuat program yang sesuai dengan bidang keilmuan yang sekarang sedang dipelajari. Selain bisa mengaplikasikan ilmu, diharapkan dengan adanya program KKN juga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

2. Kunjungi tokoh masyarakat

Agar kamu lebih mengenal masyarakat, sebaiknya kamu mengunjungi tokoh masyarakat yang ada di daerah tersebut, sehingga kamu tidak hanya mengenal kepala desa saja. Kamu juga perlu mengunjungi perangkat desa lainnya, tokoh agama, hingga bidan desa. Dengan mengunjunginya, kamu tidak hanya bisa mendapatkan gambaran masyarakat yang ada di wilayah tersebut saja, tetapi juga untuk berkoordinasi mengenai program KKN yang sudah direncanakan.

3. Ramah kepada semua orang

Bersikap ramah kepada masyarakat menjadi salah satu tips sukses KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kamu bisa menebarkan senyum ataupun menyapa masyarakat ketika lewat. Dengan bersikap ramah, masyarakat tidak akan segan dan nyaman dengan kehadiran mahasiswa KKN.

4. Adaptasi dengan kondisi sekitar

Agar kamu semakin betah dalam menjalani KKN, beradaptasi dengan kondisi masyarakat harus dilakukan. Hindari membawa budaya kota dan sesuaikan dengan budaya tempat kamu melaksanakan KKN. Selain itu, kamu juga harus menerima tempat tinggal, makanan, hingga kondisi MCK di tempat KKN.

5. Berbagi peran dengan anggota KKN lain

KKN merupakan program bersama. Agar selaras, kamu harus berbagi peran dengan teman anggota KKN yang lain. Bagi peran sesuai dengan bidang keilmuan teman KKN kamu. Selain itu, kekompakan dan kerjasama tim juga diperlukan agar program yang sudah direncanakan dapat berjalan maksimal.

Tips sukses KKN (Kuliah Kerja Nyata) bisa kamu coba aplikasikan agar KKN berjalan lancar dan kamu betah berada di lingkungan yang baru. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dosen pendamping ya, jika ada kendala saat menjalani KKN ini.