Tips Menjadi Mahasiswa Islam Ideal

Dilihat dari namanya saja, mahasiswa memiliki makna istimewa dan luhur. Sebagai agen perubahan, tugas mahasiswa tidak hanya mengerjakan tugas, membuat presentasi, menyusun makalah, atau memperoleh IP bagus terutama mahasiswa muslim. Semangat juang mahasiswa juga turut mengantarkan pada kemajuan peradaban. Lantas, bagaimana sih menjadi mahasiswa islam ideal itu? Nah, simak terus penjelasannya di bawah ini.

Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Islam Ideal

Produktivitas seseorang berada pada puncaknya saat usia-usia mahasiswa sehingga tak heran jika banyak pergerakan dan gagasan brilian yang muncul darinya. Namun, mahasiswa juga menjadi sosok yang mudah dimakan oleh arus perkembangan zaman, seperti pemikiran liberal yang tidak sesuai dengan syariat islam yang dijarkan oleh Rasulullah SAW.

Pemikiran liberal yang digaungkan oleh para orientalis ini dapat berbahaya dan merusak cara pikir para generasi muda islam. Selain itu, mahasiswa muslim saat ini juga sudah jarang yang mengenal dan mengetahui hakikat sebenarnya dari menuntut ilmu.

Menuntut ilmu itu harus seimbang, baik ilmu agama dan juga ilmu dunia seperti ilmu kimia. Para mahasiswa muslim atau generasi muda islam harus mengerti akan hal ini karena jangan sampai ilmu dunia saja yang dikejar namun ilmu agamanya nol. Berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan supaya dapat menjadi mahasiswa islam ideal, antara lain:

1. Takut kepada Allah dan Rasul SAW

Poin pertama ini tidak bisa diganggu gugat karena semua muslim harus beriman dan takut kepada Allah SWT supaya dijauhkan dari azab-Nya yang pedih. Saat orang takut kepada Tuhan-Nya, secara otomatis ia akan melakukan hal-hal baik dan bermanfaat karena yang dicari bukan lagi pujian dari manusia melainkan ridho dari Yang Maha Kuasa.

2. Menyadari bahwa menuntut ilmu itu adalah ibadah

Segala hal yang didasari dengan niat ibadah tidak akan sia-sia karena kamu akan mendapat manfaat dari ilmu itu sendiri dan juga mendapat pahala.

3. Semakin tinggi ilmu, semakin tinggi rasa takut kepada Allah SWT

Untuk menjadi mahasiswa islami yang ideal harus mengerti betul bahwa semakin tinggi ilmu yang diperoleh maka rasa takut kepada Allah juga semakin besar bukan malah membuat jauh dari pencipta-Nya.

4. Mengamalkan ilmu yang diperoleh

Jangan lupa untuk mengamalkan ilmu yang kamu peroleh dan diajarkan terhadap sesama.

Intinya menjadi mahasiswa islam ideal adalah yang takut kepada Allah dan Rasul-Nya, mengerjakan dan menjauhi larangan-Nya, serta bermanfaat untuk sesamanya. Semoga bermanfaat.