Ternyata ini Syarat Menjadi Mahasiswa Kedokteran

Ternyata ini Syarat Menjadi Mahasiswa Kedokteran

Di berbagai universitas di Indonesia, fakultas kedokteran masih menjadi salah satu yang paling diminati oleh lulusan SMA. Fakultas ini memang memiliki gengsi tersendiri.

Selain sulit untuk “ditembus”, biaya untuk berkuliah di fakultas kedokteran juga tidak murah. Kalau kamu ingin menjadi mahasiswa kedokteran, coba baca dulu syarat menjadi mahasiswa kedokteran berikut.

1. Memiliki Pemahaman Mendalam di Bidang Sains

Seorang calon mahasiswa kedokteran perlu memiliki pemahaman yang baik di bidang sains. Meski kedokteran identik dengan biologi, namun kamu tetap perlu memahami matematika kimia, dan fisika. Saat kamu memiliki pemahaman mendalam di bidang sains, itu akan memudahkanmu nantinya saat menjalani perkuliahan.

2. Nalar dan Logika Sistematis yang Baik

Di ilmu kedokteran, kamu akan mempelajari sistem tubuh secara mendalam dengan berbagai kerumitannya. Terlebih lagi jika terjadi masalah, kamu tentu harus melakukan analisis untuk menemukan solusinya. Dengan demikian dibutuhkan kemampuan nalar dan logika sistematis yang baik sebagai syarat menjadi mahasiswa kedokteran. Kemampuan tersebut sangat kamu butuhkan supaya diagnosamu tidak parsial.

3. Nilai-Nilai Rapor yang Bagus

Terdapat beberapa jalur untuk penerimaan di PTN, yakni SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur mandiri. Di antara ketiga jenis tes tersebut, biasanya kuota untuk jalur SNMPTN lebih banyak. Seleksi SNMPTN dilakukan melalui penilaian rapor. Jadi kalau kamu mau masuk kedokteran melalui jalur SNMPTN, pastikan tren nilai rapor SMA-mu dari semester 1-5 bagus.

Tapi perlu diingat kalau fakultas kedokteran memiliki passing grade yang sangat tinggi. Satu kursi di fakultas itu bisa saja diperebutkan oleh ribuan orang. Jadi tipe sekolahmu biasanya juga akan dipertimbangkan oleh universitas yang kamu tuju.

4. Sehat Jasmani, Rohani, dan Finansial

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jurusan ini terbilang berat dan mahal, yang tentunya ngga segampang beli Eyeshadow Palette yang Pigmented dan Murah. Selain mahal pada biaya masuk, buku-buku rujukan yang digunakan cukup banyak dan harganya tidak murah. Proses pendidikan yang rumit dan panjang pastinya akan menguras tenaga dan pikiran. Jadi kecerdasan secara akademis tidak cukup. Kamu juga perlu memiliki kesehatan jasmani, rohani, dan tentunya finansial.

Syarat menjadi mahasiswa kedokteran lainnya adalah bisa berbahasa Inggris dengan baik, terbiasa dengan penelitian, dan tentu harus lolos ujian masuk. Jadi, masih tetap berminat menjadi mahasiswa kedokteran?