Ternyata Begini Cara Menjadi Mahasiswa yang Aktif di Kampus

Masa kuliah merupakan salah satu masa paling berharga dalam perjalanan masa depanmu. Pada masa ini, apa yang akan kamu hadapi sangatlah berbeda dengan masa SMA-mu. Kamu sudah dianggap dewasa untuk mengatur semua urusanmu sendiri. Salah satu kata kata bijak yang bisa menunjang kelancaran kuliahmu adalah dengan menjadi mahasiswa yang aktif. Yuk simak ulasan mengenai cara menjadi mahasiswa yang aktif di kampus.

1. Menjadi aktif di kelas

Bagaimanapun, dosen tentu akan menyukai jika mahasiswanya aktif dan kritis. Dengan demikian, perkuliahan akan lebih hidup. Tidak perlu malu bertanya ketika ada pertanyaan yang belum kamu mengerti. Malu bertanya, sesat di jalan, bukan?

Untuk memahami penjelasan dosen dengan baik, kamu juga bisa mencatat penjelasan yang menurutmu penting. Cara lain untuk lebih memahami penjelasan dosen adalah dengan membaca materi sebelum kuliah. Jadi ketika kuliah, kamu tidak benar-benar dalam keadaan kosong.

2. Aktif berorganisasi

Dengan mengikuti organisasi, kamu dapat mengasah soft skill, seperti public speaking, berpikir kreatif, hingga pembentukan karaktermu. Selain itu, kamu juga akan memperoleh lebih banyak teman dan koneksi sebagai cara menjadi mahasiswa yang aktif di kampus. Meski demikian, jangan sampai organisasi mengganggu perkuliahanmu ya.

3. Rajin membaca buku

Sudah menjadi rahasia umum bahwa membaca bisa menjadi penghubung antara kamu dengan dunia. Tidak heran jika membaca dikatakan sebagai jendela ilmu. Jika kamu senang dan rajin membaca, kamu bisa meminimalisir bosan dengan perkuliahanmu yang berhubungan dengan buku-buku tebal. Selain itu, pengetahuanmu akan lebih luas, sehingga nyaman diajak berbicara mengenai banyak hal.

4. Mengikuti berbagai seminar

Di kampus, biasanya terdapat seminar dari berbagai tema yang ditujukan untuk mahasiswa. Terkadang ada juga seminar yang diwajibkan untuk mahasiswa tertentu, misal mahasiswa penerima beasiswa. Dengan mengikuti seminar, kamu dapat membuka wawasan, cara berpikirmu, dan mendapat ilmu baru.

5. Mulai membuat CV dan berlatih interview

Kamu bisa berkuliah sambil bekerja part-time supaya tidak kaget saat memasuki dunia kerja. Tidak ada salahnya juga untuk mulai membuat CV yang menarik. Contoh CV ini bisa kamu peroleh dari berbagai sumber, seperti Google hingga media sosial. Latihan menghadapi interview juga bisa sangat membantumu nantinya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi mahasiswa yang aktif. Jadi sudah siap untuk menerapkan berbagai cara menjadi mahasiswa yang aktif di atas?