Simak Manfaat Kerja Praktik Bagi Perusahaan!

Simak Manfaat Kerja Praktik Bagi Perusahaan!

Adanya kerja praktik menjadi positif bagi mahasiswa. Tak hanya itu, ternyata perusahaan yang dijadikan tempat PKL pun mendapatkan manfaat dari adanya mahasiswa yang melakukan PKL. Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat kerja praktik bagi perusahaan.

1. Mendapat ide baru

Dengan adanya kerja praktik dari mahasiswa, perusahaan bisa melakukan diskusi dengan mahasiswa terkait pengembangan perusahaan. Terlebih, para generasi muda biasanya memiliki pemikiran yang segar ditambah dengan ilmu yang sudah diperoleh di bangku kuliah.

Dengan adanya pemikiran dari mahasiswa yang praktik inilah perusahaan bisa mendapatkan ide-ide baru untuk mengembangkan perusahaan. Tentunya hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan agar bisa mengikuti perkembangan zaman.

2. Menghemat pengeluaran

Adanya mahasiswa yang PKL tentunya akan menguntungkan perusahaan. Secara tidak langsung, perusahaan tidak perlu mengadakan pembukaan rekruitmen pekerja baru yang menghabiskan dana.

Manfaat kerja praktik bagi perusahaan ini tentunya akan menguntungkan perusahaan secara finansial. Perusahaan akan mendapatkan karyawan dari mahasiswa PKL yang tentunya kompetensinya hampir sama dengan karyawan biasa.

3. Meningkatkan citra perusahaan

Adanya PKL dari mahasiswa inilah yang kemudian dapat meningkatkan citra perusahaan. Terlebih jika mahasiswa PKL menceritakan pengalamannya ke teman-teman ataupun adik tingkat. Hal ini akan membuat perusahaan mendapatkan hal positif dan biasanya akan berimbas pada popularitas perusahaan.

4. Meningkatkan produktivitas perusahaan

Ketika ada mahasiswa yang PKL, karyawan tetap perusahaan akan terbantu dengan tugas yang harus diemban. Bantuan dari mahasiswa yang PKL akan membuat perusahaan menjadi lebih produktif. Selain itu, karyawan tetap juga lebih cepat dalam menjalankan tugasnya karena bantuan mahasiswa PKL.

5. Mendapatkan masa percobaan gratis

Dalam proses rekruitmen karyawan baru, biasanya perusahaan akan menetapkan selama 3 hingga 6 bulan masa percobaan. Adanya mahasiswa yang PKL akan mengurangi masa percobaan tersebut. Selain itu, perusahaan juga boleh menawarkan pada mahasiswa jika kinerja baik untuk dijadikan sebagai karyawan tetap setelah lulus nantinya.

Perusahaan akan mendapat manfaat kerja praktik mahasiswa. Manfaat kerja praktik bagi perusahaan ini akan membuat perusahaan memperoleh berbagai keuntungan, termasuk keuntungan finansial.