Siapkan ini Sebelum Menjadi Mahasiswa Hukum

Siapkan ini Sebelum Menjadi Mahasiswa Hukum

Fakultas hukum merupakan salah satu fakultas populer di berbagai kampus di Indonesia. Berbagai jurusan di fakultas tersebut diminati oleh siswa SMA yang akan berkuliah.

Meski termasuk dalam ranah ilmu soshum, peminat fakultas hukum tidak  terbatas dari siswa jurusan IPS, tapi juga dari jurusan IPA. Kalau kamu berminat menjadi mahasiswa hukum di kampus baru nanti, kamu bisa menyiapkan hal-hal berikut terlebih dulu.

1. Senang membaca buku-buku tebal

Hal ini sebenarnya berlaku untuk mahasiswa semua jurusan, tidak terbatas pada mahasiswa hukum. Namun sebagai salah satu cabang ilmu humaniora, kamu mungkin harus membaca lebih banyak buku dibandingkan dengan mahasiswa sains. Buku-buku yang harus kamu baca biasanya tidak hanya terbitan nasional, melainkan terbitan internasional.

Untuk menghemat biaya memperoleh buku-buku itu, kamu bisa meminjam di perpustakaan. Cara lain memperoleh buku adalah dengan mengunduh ebook atau membeli buku-buku itu secara online. Selain buku, kamu juga perlu membaca berbagai jurnal ilmiah, terutama jurnal-jurnal internasional.

2. Memiliki manajemen waktu yang baik

Bagaimanapun, manajemen waktu yang baik menjadi salah satu kunci keberhasilan proses kuliah. Tugas dan kegiatan yang kamu alami saat kuliah menjadi mahasiswa hukum akan berbeda dibandingkan saat SMA. Bentuk evaluasi dan ujian juga demikian. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur waktu secara efektif dan efisien.

Membentuk kelompok belajar mungkin bisa membantumu dalam menyelesaikan berbagai tugas perkuliahan. Namun hal itu kembali pada gaya belajarmu. Untuk membantumu dalam mengelola waktu dengan baik, kamu bisa membuat daftar skala prioritas.

3. Memiliki kepekaan dengan sekitar

Mahasiswa hukum memang diharuskan banyak membaca buku dan juga RKUHP. Akan tetapi, karena nantinya kamu akan menghadapi kasus di masyarakat, kamu perlu memiliki kepekaan dengan sekitar.

Kamu bisa mengasah kepekaan ini dengan beberapa cara. Salah satunya, ketika menonton pemberitaan mengenai kriminalitas, kamu bisa menganalisis penyebabnya, sumber, sampai kelanjutan kasus tersebut.

Selain melalui berbagai buku dan jurnal ilmiah, kamu juga bisa belajar melalui situs belajar, media sosial, YouTube, atau pemberitaan di media cetak. Kamu juga bisa belajar melalui film yang berkaitan dengan hukum lalu membahasnya bersama teman-teman.

Selain berbagai hal di atas, kamu juga perlu siap ditanyai perihal berbagai masalah hukum ketika menjadi mahasiswa hukum. Jadi, sudah siap untuk menjadi salah satu bagian dari fakultas hukum?