Seni Rupa pada Masa Prasejarah

Seni Rupa pada Masa Prasejarah

Seni rupa bisa diartikan dengan seni yang mana memiliki banyak arti seni dan pengertiannya bagi siapa saja yang mendeskripsikannya. Namun, bisa Kita ambil kesimpulan bahwasanyya seni rupa adalah suatu hasil karya cipta dari hasil penalaran, maupun bisa saja dari curahan hati bagi siapa saja yang membuatnya.

Mengenai karya seni pada masa prasejarah, pada mulanya Eropa dianggap sebagai pelopor dari seni rupa ini. Namun banyak ditemukan lukisan-lukisan tua yang bernuansakan Afrika dan Asia Tenggara. Penemuan lukisan di gua tua Sulawesi ini dianggap sebagai penemuan karya seni tertua di dunia pada masa prasejarah.

Pada zaman prasejarah sejarah seni rupa dibagi menjadi 2 periode yaitu pada zaman batu dan zaman perunggu. Artefak-artefak menjadi peninggalan dan telah banyak dibuat peralatan-peralatan yang bisa membantu untuk kelangsungan hidup sehari-hari . Alat-alat itu cukup sederhana seperti halnya alat yang bisa digunakan untuk mencari umbi-umbian dan berburu. Hanya terbuat dari batu pecahan dan juga tulang belulang yang diasah, dsb.

Kehidupan Mereka pada masa itu masih nomaden. Namun, seiring berjalannya waktu Mereka mulai menetap tinggal di gua.Disinilah Mereka mulai membuat berbagai karya hingga seni-seni ini terus bertambah. Seni rupa ini berupa peralatan-peralatan pertanian, berbagai peralatan ritual lainnya hingga Mereka menemukan logam sampai bisa mengolahnya.

Banyak juga ditemukan lukisan-lukisan menarik dan kuno seperti cap telapak kakiĀ  dan tangan, gambar-gambar manusia maupun binatang. Bahkan ada juga arkeolog yang meneliti dan menemukan sebuah lukisan binatang yang diburu oleh tombak dan juga ratusan tangan yang terpotong . Hasil dari penelitian ini memperkirakan lukisan ini terbuat semenjak 2000 tahun silam bersamaan dengan perkembangan dari budaya Toala.

Temuan-temuan seni rupa ini menjadikan para arsitek dan lembaga-lembaga pendidikan terus mengembangkannya. Dimasa modern ini, karya seni juga tidak kalah berkembangnya dengan ilmu-ilmu lainnya bahkan dalam bidang kecantikanpu mengandung seni dalam setiap riasan wajah seperti makeup barbie. Hal ini terbukti dari setiap bangunan-bangunan yang tak luput dari keindahan karya seni, taman-taman kota, tempat peribadahan dan tempat umum lainnya yang turut diperindah dengan karya seni yang mempunyai nilai estetika tersendiri.