Rekomendasi Program KKN Anti Gagal

Rekomendasi Program KKN Anti Gagal

Ketika menjalani KKN pastinya kamu dan tim ingin program yang direncanakan berjalan lancar bukan? Nah, salah satu caranya adalah dengan membuat program KKN yang tepat sasaran.

Tapi, jika masih bingung program apa yang ingin dibuat, rekomendasi program KKN berikut bisa menjadi acuannya.

1. Bimbingan belajar

Program KKN yang tepat sasaran sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat adalah dengan menyediakan layanan bimbingan belajar.

Menjalankan program ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan pendidikan saja. Jika kamu berasal dari jurusan non pendidikan, program bimbingan belajar bisa dilakukan.

Dengan adanya program bimbingan belajar, kamu bisa berbagi pengetahuan pada anak-anak di lokasi KKN. Selain itu, kamu juga bisa belajar bagaimana cara mengajari anak ketika sedang belajar.

2. Mengajar PAUD dan SD

Tak hanya membuat program bimbingan belajar, kamu juga bisa mencoba mengajar anak PAUD atau SD. Sebelumnya, sampaikan rencana program tersebut ke sekolah yang ingin dituju.

Jika sudah disetujui, kamu bisa mengajukan bahan untuk mengajar atau sesuai dengan yang diminta pihak sekolah.

3. Membuat lomba dan jalan sehat

Jika kamu ingin membuat program KKN yang sasarannya diperuntukkan bagi seluruh lapisan masyarakat, rekomendasi program KKN yang bisa dipilih adalah membuat lomba dan mengadakan jalan sehat. Lomba bisa diselenggarakan sesuai dengan kondisi masyarakat atau untuk memperingati hari tertentu.

Sedangkan jalan sehat akan menyatukan seluruh masyarakat dan tim KKN. Agar biaya yang dikeluarkan tidak besar, ada baiknya kamu juga mencari sponsor untuk menyediakan hadiah lomba dan doorprize jalan sehat.

4. Pelatihan atau Sosialisasi

Mengadakan pelatihan dan sosialisasi dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin memperoleh ilmu dan ketrampilan baru. Kamu bisa memberikan materi sesuai dengan bidang ilmu yang digeluti.

5. Promosi potensi desa

Setiap daerah memiliki potensi yang perlu dipromosikan ke luar daerah. Kamu bisa membantu masyarakat untuk mempromosikan potensi desa, baik melalui media sosial ataupun mengadakan expo potensi desa yang bekerjasama dengan pihak kabupaten/kecamatan.

Rekomendasi program KKN bisa diadopsi sesuai dengan karakteristik tempat tujuan KKN. Kenali pula potensi desa sebagai salah satu panduan dalam membuat rencana program KKN.