Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa dan Siswa SMK, Apakah Ada Beda?

Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa dan Siswa SMK, Apakah Ada Beda?

Selain mendapatkan ilmu dari dosen, kamu juga akan melakukan praktik langsung untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat. Salah satu kurikulum mata kuliah yang akan membantu untuk mengembangkan ketrampilan dan mempraktikkan langsung ilmu saat kuliah adalah praktik kerja lapangan mahasiswa.

Jika biasanya kamu sering melihat siswa SMK melakukan praktik kerja lapangan (PKL), ketika kamu kuliah pun akan melakukan kegiatan yang serupa. Hanya saja, terdapat perbedaan antara PKL siswa SMK dan PKL mahasiswa.

Perbedaan Praktik Kerja Lapangan SMK dan Kuliah

Praktik kerja lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan di lingkungan kerja tertentu sebagai cara mengimplementasikan program pendidikan melalui kegiatan langsung di dunia kerja. Kegiatan ini menjadi kuriklum wajib dan sebagai bekal kelak saat masuk di dunia kerja.

PKL program pendidikan biasanya diperuntukkan bagi siswa SMK maupun mahasiswa. Hanya saja, terdapat perbedaan antara PKL yang dilakukan siswa dan mahasiswa. Perbedaan tersebut diantaranya.

1. Pemilihan tempat tujuan PKL

Perbedaan pertama praktik kerja lapangan mahasiswa dan siswa SMK terletak pada pemilihan tempat tujuan PKL. Pada siswa SMK biasanya pemilihan lokasi PKL sudah ditentukan oleh sekolah dan pembagian lokasi PKL juga sudah ditentukan sekolah. Jadi, siswa hanya mengikuti instruksi dari guru pendamping PKL untuk melaksanakan PKL.

Sedangkan untuk PKL mahasiswa, beberapa jurusan membebaskan mahasiswa untuk memilih tempat tujuan PKL. Hanya saja, untuk proposal pengajuan dan diterima atau tidaknya tergantung dari pihak tujuan PKL.

2. Kegiatan saat PKL

Karena ilmu yang dipelajari saat kuliah lebih mendalam dibandingkan ilmu yang didapat saat bangku SMK membuat kegiatan PKL mahasiswa lebih kompleks. PKL pada mahasiswa memungkinkan untuk ditempatkan sesuai bidang dan langsung praktik untuk siap kerja.

4. Laporan PKL

Jika pada PKL siswa SMK biasanya laporan PKL dikerjakan secara kelompok, ketika kamu menjadi mahasiswa, maka laporan dikerjakan secara mandiri sesuai dengan apa yang dikerjakan. Bahkan untuk mahasiswa kesehatan yang melakukan PKL, laporan dikerjakan secara detail berdasarkan pasien yang ditangani.

Praktik kerja lapangan mahasiswa tidaklah sama dengan PKL siswa SMK. Kamu perlu mengetahui perbedaannya, sehingga ada gambaran saat kamu melakukan PKL nantinya.