Perbedaan Agama di Indonesia

Perbedaan Agama di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang menganut paham demokratis. Termasuk dalam kepercayaan per individu, Indonesia membebaskan rakyatnya untuk memilih agama yang mereka yakini benar. Sebagaimana tercantum dalam pancasila sila ke-1 yang memiliki kandungan bahwa negara tidak memaksa rakyatnya untuk menganut satu agama di Indonesia yang sama.

Hal tersebut menyebabkan berbagai agama di Indonesia mulai bermunculan. Namun agama di Indonesia yang saat ini telah diakui hanya berjumlah 6 diantaranya :

1. Islam

Agama islam pertama kali masuk ke Indonesia yaitu sekitar 1400 tahun yang lalu. Islam disebarluaskan oleh seorang utusan yang disebut Nabi atau Rosul. Agama Islam memiliki tempat peribadatan yang sering disebut masjid atau musholla dengan kitab suci berupa Al-Qur’an. Beberapa hari besar yang dirayakan oleh orang islam ialah Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Tahun Baru Hijriah dan Isro Mi’roj.
Agama di Indonesia yang paling banyak dianut penduduknya adalah agama Islam yaitu sekitar 87,18%.

2. Katolik

Permulaan agama Katolik di Indonesia yaitu sekitar 2000 tahun yang lalu. Katolik dibawa oleh seorang utusan yang sering bernama Yesus Kristus. Katolik memiliki tempat ibadah yang disebut Gereja dengan kitab suci Alkitab. Hari Besar umat Katolik diantaranya Hari Natal, Hari Jum’at Agung, Hari Paskah dan Kenaikan Isa Almasih.
Jumlah penganut agama Katolik di Indonesia sekitar 1,91%.

3. Kristen

Kristen pertama masuk Indonesia pada 2000 tahun silam. Pengertian agama Kristen pada umumnya identik sama dengan agama Katolik dari tempat ibadah, kitab suci, hari besar bahkan utusannya. Kristen merupakan agama di Indonesia terbesar kedua setelah Islam yaitu sekitar 6,96%.

4. Hindu

Agama di Indonesia yang tertua salah satunya yaitu agama Hindu yaitu sekitar 3000 tahun silam. Agama Hindu memiliki tempat ibadah yang disebut dengan pura dengan kitab suci weda. Hari besar yang dirayakan oleh umat Hindu antara lain Hari Nyepi, Hari Saraswati dan Hari Pagerwesi. Jumlah penduduk di Indonesia yang menganut agama Hindu ada sekitar 1,69%.

5. Buddha

Permulaan agama Buddha di Indonesia yaitu sekitar 2500 tahun lalu. Agama Buddha dibawa oleh seorang tokoh keagamaan bernama Siddharta Gautama. Tempat ibadah umat Buddha dinamakan vihara dengan nama kitab suci Tri Pitaka. Beberapa hari besar di agama Buddha yaitu Hari Waisak, Hari Asadha dan Hari Kathina. Sekitar 0,72% penduduk di Indonesia menganut agama Buddha.

6. Kong Hu cu

Kong Hu Cu masuk ke Indonesia sekitar 2500 tahun lalu. Dibawa oleh seseorang bernama Kong Hu Cu dengan kitab suci Si Shu Wu Ching dan tempat ibadah klenteng. Hari besar Agama Hindu yaitu Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh. Sekitar 0,05 penduduk Indonesia menganut agama Kong Hu Cu. Agama ini pertama kali diakui keberadaannya setelah era reformasi yang saat itu dipimpin oleh Presiden Abdurrrahman Wahid.