Pengertian, Struktur dan Ciri-ciri Karya Ilmiah

Pengertian, Struktur dan Ciri-ciri Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan karya tulis bertujuan memecahkan permasalahan dilandasi dengan teori serta metode ilmiah. Karya ilmiah tidak ditulis secara sembarangan, karena didalamnya berisi data nyata, fakta, serta solusi untuk menyelesaikan permasalahan. Biasanya karya ilmiah ditulis oleh siswa, mahasiswa maupun tenaga pendidik. Penulisan karya ilmiah harus benar oleh karena itu harus memahami struktur dan ciri-ciri karya ilmiah.

Menulis karya ilmiah harus memperhatikan strukturnya. Karya ilmiah yang bagus memiliki tiga struktur utama yaitu pendahuluan, isi pembahasan dan penutup. Sedangkan ciri-ciri karya ilmiah bisa dilihat pada berikut ini.

1. Memakai Kalimat Efektif

Penulisan karya tulis ilmiah memakai kalimat efektif. Artinya kalimat yang digunakan dalam menyusun karya tulis tidak bertele-tele. Kalimat efektif membantu pembaca supaya mudah memahami pembahasan isi. Jika kalimat yang digunakan tidak efektif maka, pembaca nantinya bingung ketika memahami isinya.

2. Bersifat Objektif

Ciri karya ilmiah selanjutnya bersifat objektif, ditulis berdasarkan data-data dan fakta yang ada. Penulis melakukan hasil analisis data secara langsung ketika selesai melakukan penelitian. Oleh sebab itu, karya tulis ilmiah tidak condong ke sifat subjektif.

3. Tidak Ambigu

Sebuah karya tulis ilmiah tidak boleh ambigu. Maksudnya yaitu mampu memberikan pengertian secara kompleks tentang pemecahan masalah yang dibahas. Untuk mempermudah pemahaman pembaca mengenai karya yang ditulis, sebaiknya penulis karya ilmiah mengemasnya dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Intinya dalam Bahasa yang digunakan tidak mengendung kata ambigu (kata sulit yang membuat pembaca bingung).

4. Menggunakan Kaidah Keilmuan

Penulis wajib memakai kaidah keilmuan dalam menulis karya ilmiah. Hal tersebut menunjukkan bahwa penulis memiliki profesionalitas dan kapabilitas dalam bidang karya tulis ilmiahnya. Menggunakan istilah kaidah keilmuan juga menjadi tolak ukur seberapa ahli penulis menguasai bidangnya.

Nah itulah ciri-ciri karya ilmiah. Sekarang Anda bisa membedakan mana yang tulisan karya ilmiah dan karya tulis biasa. Adanya ciri-ciri karya ilmiah memudahkan siapapun untuk membuat karya sendiri. Setelah mengetahui pengertian, struktur dan ciri-cirinya, Anda pasti lebih mudah menyusun karya tulis ilmiah.