Pengertian dan Sejarah Singkat Demokrasi Indonesia

Pengertian dan Sejarah Singkat Demokrasi Indonesia

Ketika mendengar kata demokrasi, yang muncul di fikiran Kita ialah suatu kebebasan yang diberikan kepada rakyat. Sebagai warga negara Indonesia, beberapa tahun terakhir ini demokrasi Indonesia juga sering diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia baik itu di lingkungan masyarakat maupun di media sosial.

Pengertian dan Sejarah Demokrasi Indonesia

Arti & Pengertian Demokrasi berasal dari Bahasa Yunani yaitu Demos yang mempunyai arti rakyat dan Kratos atau Cratein yang memiliki arti pemerintahan. Denagn demikian, penhgertian demokrasi adalah suatu pemerintahan dimana kekuasaan pemerintahan berasal dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat.

Ciri-ciri dari demokrasi salah satunya yaitu semua keputusan yang akan ditetapkan oleh pemerintah berlandaskan kepentingan warga negara dana atas aspirasi rakyat. Dengan kata lain, tidak diatas kepentingan pribadi maupun kelompok.

Bukti demokrasi Indonesia sendiri salah satunya yaitu saat pemilihan presiden dimana setiap rakyat berhak ikut andil dalam pemilihan calon presiden.

Sejarah singkat demokrasi Indonesia diawali sejak masa kemerdekaan. Berbagai macam demokrasi telah dicoba untuk diterapkan di Indonesia. Kemudian, pada tahun 1959 di Indonesia menerapkan demokrasi liberal.

DemokrasI liberal sebagaimana demokrasi yang diterapkan di negara Barat dan sifatnya individualistik. Hingga pada tahun 1959 sampai 1966 menerapkan demokrasi terpimpin. Namun, demokrasi tersebut cenderung otoriter.

Namun, tahun 1966 sampai berakhirnya orde baru yakni tahun 1998 diterapkan demokrasi Pancasila. Walaupun demikian, demokrasi tersebut juga tidak menumbuhkan partisipasi rakyat. Tahun 1998 kebebasan menyatakan pendapat, kebebasan memilih, berpolitik, dan sebagainya menjadi bebas.

Pemilu Sebagai bentuk Demokrasi Indonesia

Pemilu di Indonesia menjadi salah satu wujud pelaksanaan demokrasi. Contonya, rakyat diberi hak untuk memilih Presiden dalam pemilu. Penyelenggaraan pemilu juga menganut asas rahasia, langsung, bebas, umum, jujur, dan juga adil.

Pemilu menajdi salah datu sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dan juga mencerminkan demokrasi. Selain itu, sebagai bentuk demokrasi, diharapkan pemilu juga dapat menghasilkan wakil rakyat yang terbaik untuk Indonesia.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai demokrasi Indonesia yang mencakup pengertian, sejarah, dan juga pemilu sebagai bentuk demokrasi. Kita bisa simpulkan bahwa demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat.