Mengulik Sejarah Berdirinya Twitter Sebagai Media Sosial

Mengulik Sejarah Berdirinya Twitter Sebagai Media Sosial

Media sosial menjadi sebuah trend terkini yang banyak digemari oleh kawula-kawula muda. Begitu pula dengan twitter yang tidak kalah banyak penggemarnya. Tetapi, belum lengkap rasanya ketika menggunakan media sosial tidak mengetahui sejarah berdirinya jadi mari disimak dibawah ini.

Kisah Awal Berdirinya Twitter

Media sosial ini berawal dari sebuah diskusi sebuah perusahaan yang bernama Odeo. Perusahaan ini menginginkan sebuah aplikasi yang digunakan untuk layanan internal untuk karyawan perusahaan tersebut saja. Yang berdasarkan gagasan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan kelompok kecil.

Kode proyek ini awalnya bernama “twtrr” yang diungkapkan oleh Jack Dorsey. Kemudian dilengkapi oleh Evan Williams menggunakan kode yang berjumlah lima digit, yaitu 10958. Namun, karena susah untuk diingat kemudian diganti dengan 404040. Dan media sosial ini resmi diluncurkan pada 21 Maret 2006.

Dari Sebuah Mikroblog Twitter Dan Mulai Dikenal

Pada tahun 2007 lebih tepatnya bulan April, twitter akhirnya menjadi sebuah perusahaan yang telah berdiri sendiri. Di tahun yang sama, twitter menjadi semakin banyak diketahui orang semenjak diselenggarakannya konferensi South by Southwett Interactive.

Akhir Januari 2010, pesan twitter pertama kali di publish di luar angkasa oleh astronot NASA bernama T.J Creamer. Jumlah tweet yang di posting terdapat lebih dari 40.000 perkuartal tahun 2007 dan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Bulan Februari 2010, pengguna twitter semakin bertambah dengan mengirimkan 50 juta twitter perhari.

Bahkan rangking media sosial twitter yang bermula di angka 22 langsung naik drastis menjadi di angka tiga sebagai media sosial yang banyak dikunjungi. Dengan adanya peringkat tersebut bisa menandakan bahwa twitter mulai dikenal oleh banyak orang dan telah mencapai kepopulerannya.

Manfaat Adanya Media Sosial Twitter

Twitter juga memiliki manfaat diantaranya ialah sebagai media komunikasi. Sudah tentu karena media ini digunakan sebagai media untuk berkomunikasi menyampaikan berbagai informasi secara singkat. Sebagai media bisnis dengan lalu lintas yang cukup padat bisa digunakan juga sebagai salah satu media bisnis.

Bagi yang menyukai dunia tulisan, tetapi tidak tahu mau mengeluarkan dimana di twitter bisa saja digunakan untuk media menulis. Seperti halnya thread yang berisi cerita-cerita menyeramkan, komedi dan lain sebagainya. Pada intinya dapat digunakan sebagai hiburan bagi para pembacanya.

Perusahaan twitter juga banyak mengalami naik turunnya perusahaan. Dari yang hanya digunakan komunikasi internal menjadi dapat diakses umum itupun tentu saja tidak mudah dan melalui perjalanan yang panjang. Jadi sekian artikel mengulik sejarah berdirinya twitter sebagai media berkarakter terbatas.