Menelusuri Kisah Hidup Si Jenius, Albert Einstein

Menelusuri Kisah Hidup Si Jenius, Albert Einstein
Sumber: KepoGaul.com

Kamu yang pernah belajar fisika mungkin tidak asing dengan rumus relativitas E= mc2. Rumus yang terkenal dalam dunia fisika ini ditemukan oleh salah satu orang jenius sepanjang masa, yakni Albert Einstein. Kalau kamu penasaran dengan kisah hidup Albert Einstein, simak ulasan ini sampai selesai ya.

Awal Kehidupan dan Pendidikan Einstein

Tempat lahir Albert Einstein adalah di Ulm, Kerajaan Württemberg, yang saat itu termasuk ke wilayah Kekaisaran Jerman. Ia lahir pada 1879, tepatnya pada 14 Maret 1879. Ayahnya, Hermann Einstein, merupakan seorang insinyur dan agen penjualan. Ibunya bernama Pauline Koch.

Meski menganut agama Yahudi Ashkenazi, Albert justru bersekolah di SD Katolik yang berada di Munich, Jerman. Ia bersekolah di sana sejak usia lima tahun dan selama tiga tahun. Kemudian di usia 8 tahun, ia bersekolah di Gimnasium Luitpold untuk tingkatan setara SMP dan SMA.

Sejak masa awal sekolahnya, Albert Einstein memang sudah menunjukkan keunggulan dalam matematika dan fisika. Saat usianya 12 tahun, ia belajar aljabar dan geometri Euklides secara otodidak, dan juga sukses membuktikan kebenaran teorema Pythagoras.

Memasuki usia 16 tahun, Einstein sudah mengikuti ujian masuk Politeknik Federal Swiss yang berlokasi di Zürich. Meski gagal meraih nilai minimum di bagian pengetahuan umum, nilainya di fisika dan matematika sangat tinggi. Lalu ia mendaftar di sekolah kanton Argovian yang berlokasi di Aarau, Swiss yang merupakan sekolah setingkat SMA dan mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi.

Lalu pada usia 17 tahun, ia baru diterima di Politeknik Zürich. Ia mengambil program diploma empat tahun pendidikan matematika dan fisika. Albert Einstein lulus dan mendapat gelar diploma pendidikan Politeknik Federal pada tahun 1900.

Karier Albert Einstein

Albert Einstein berhasil menerbitkan ratusan artikel dan buku semasa hidupnya. Jumlah makalah yang berhasil diterbitkan bahkan mencapai lebih dari 300 makalah ilmiah dan 150 makalah nonilmiah.

Memasuki Desember 2014, terdapat sejumlah universitas dan lembaga arsip yang merilis jumlah terbaru dari makalah yang ditulis Einstein yang berhasil diidentifikasi. Jumlahnya bahkan mencapai lebih dari 30.000 dokumen. Tidak berhenti sampai di situ, ia terkadang berkolaborasi dengan ilmuwan lain untuk proyek tertentu, seperti proyek statistik Bose-Einstein.

Jadi itulah kisah hidup Albert Einstein yang disebut sebagai salah satu orang paling cerdas sepanjang sejarah. Kisah hidup yang sangat luar biasa, bukan?