Ketahui Manfaat Praktik Kerja Lapangan Bagi Mahasiswa

Ketahui Manfaat Praktik Kerja Lapangan Bagi Mahasiswa

Ketika menjalani praktik kerja, kamu akan memperoleh manfaat yang besar dalam kehidupan pendidikan dan karir. Untuk lebih meyakinkan kamu dalam menjalani PKL, berikut manfaat praktik kerja lapangan yang bisa kamu peroleh.

1. Memperoleh ketrampilan kerja

Ketika menjalani PKL, kamu akan mendapatkan pengalaman kerja sebelum benar-benar masuk di dunia kerja. Hal ini tentunya merupakan pengalaman yang tidak akan kamu dapatkan hanya dengan belajar dari buku di bangku kuliah.

PKL akan membuatmu mendapatkan ketrampilan dan pengalaman kerja untuk menerapkan ilmu yang didapat saat kuliah. Hal ini tidak akan kamu dapatkan dari bangku kuliah, karena biasanya hanya teori yang diberikan, bukan praktiknya.

2. Sebagai pengalaman nyata di dunia kerja

Dengan melakukan PKL, kamu akan memperoleh pengalaman bekerja seperti pekerja yang lain. Hal ini tentunya akan menjadi pengalaman yang menarik, terlebih jika kamu mendapatkan tempat PKL yang bergengsi dan memiliki reputasi yang tinggi. Bukan tak mungkin hal ini bisa menjadi portofolio yang akan membantu kamu mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.

3. Sebagai latihan sebelum bekerja

Menariknya, manfaat praktik kerja lapangan yang bisa langsung dirasakan adalah kamu bisa berlatih sebelum bekerja. Tentunya, kamu akan lebih kompeten dan cekatan, kelak saat bekerja nanti.

Meski baru berlatih, jangan jadikan kegiatan PKL sebagai ajang coba-coba atau yang penting mendapatkan nilai dari dosen. Jika saat PKL kamu sudah melakukan hal terbaik, bukan tak mungkin kamu juga bisa diberikan kesempatan untuk bekerja di sana setelah lulus nantinya.

Begitu pula ketika kamu membuat CV. Dengan adanya pengalaman PKL di tempat yang bergengsi, bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa diterima kerja di perusahaan lain.

4. Bekal saat bekerja

Untuk bekerja, kamu tidak hanya membutuhkan ilmu yang didapat saat kuliah saja, ketrampilan saat bekerja sangat penting untuk mengembangkan kompetensi diri. Hal ini tentunya akan menjadi nilai tambah bagi kamu. Bahkan, kamu bisa lebih cepat dipromosikan ke jabatan strategis yang akan menunjang kenaikan karir.

Dengan mengetahui manfaat praktik kerja lapangan akan membantu kamu untuk lebih termotivasi dalam menjalaninya. Pastikan untuk melakukan hal terbaik saat menjalani PKL ya?