Ketahui ini Supaya Kesan Menjadi Mahasiswa Baru Terasa Berarti

Ketahui ini Supaya Kesan Menjadi Mahasiswa Baru Terasa Berarti

Masa semester pertama kuliah bisa dikatakan sebagai masa yang kritis dan menentukan kelanjutan semestermu. Kamu akan mulai beradaptasi dengan iklim perkuliahan, termasuk juga berkenalan dengan teman-teman baru. Supaya kesan menjadi mahasiswa baru versimu semakin berarti, beberapa hal di bawah ini bisa kamu lakukan.

1. Kenali karakter dosen ketika mengajar

Sebagai mahasiswa semester awal, penting untuk kamu mengetahui karakter dosen ketika mengajar. Caranya dengan memperhatikan di kelas atau menanyakan ke kakak tingkat.

Dengan demikian, kamu akan bisa cepat beradaptasi dengan cara mengajar mereka. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menyesuaikan sikapmu di kelas hingga di luar kelas.

2. Cari tahu bagaimana senior memperlakukan mahasiswa baru

Sebelum benar-benar berhadapan dengan kakak tingkat, kamu bisa mencoba cari tahu mengenai perlakuan calon kakak tingkatmu nanti. Kalau kerabat atau kakak kelasmu semasa SMA berkuliah di jurusan sama denganmu, kamu bisa menanyakannya. Dengan demikian, kamu tidak akan kaget dan dapat menentukan sikap untuk menghadapinya.

3. Atur waktu dengan baik

Masa kuliah yang kamu hadapi akan sangat berbeda dengan masa SMA-mu. Kesan menjadi mahasiswa baru di semester awal, kamu bisa saja langsung memperoleh banyak tugas dari hampir semua mata kuliah. Oleh karena itu, atur waktumu dengan baik, supaya berbagai kegiatan bisa berjalan seimbang dan perkuliahan juga lancar.

4. Buat Campus Life Plan

Campus life plan bisa kamu buat untuk menjadi pedoman untuk menjalani perkuliahanmu nanti. Kamu bisa menuliskan target waktu wisuda, jumlah SKS yang akan diambil, hingga organisasi yang kamu minati. Sebagai antisipasi untuk hal-hal yang tidak terduga, kamu bisa menyiapkan rencana cadangan.

5. Cari tempat yang menunjang perkuliahan

Sebagai mahasiswa semester awal, kamu perlu mengetahui berbagai tempat penting yang erat kaitannya dengan perkuliahan. Misalnya, gedung untuk urusan administrasi, perpustakaan universitas maupun jurusan, ruang dosen, dan lainnya. Selain itu, lakukan survei untuk mencari tahu tempat membeli keperluanmu selama kuliah, dengan harga paling terjangkau.

 

Untuk semakin memperkuat kesan menjadi mahasiswa baru versimu, kamu juga bisa menjajal berbagai organisasi atau UKM yang kamu minati. Tetapi jangan sampai nantinya organisasi atau UKM itu mengganggu kuliahmu ya.