Kata-Kata RA Kartini Paling Inspiratif Sepanjang Zaman

Kata-Kata RA Kartini Paling Inspiratif Sepanjang Zaman
Sumber: KepoGaul.com

RA Kartini adalah salah satu permata yang dimiliki Indonesia. Pahlawan perempuan tersebut bahkan sangat menginspirasi tidak hanya bagi kaum tua, tetapi juga kaum muda kekinian. Pasalnya, banyak kata-kata RA Kartini yang menggugah semangat dan memiliki makna yang dalam.

Kamu penasaran, kan, seperti apa kata-kata RA Kartini yang inspiratif itu? Baiklah. Kamu bisa menyimak kalimat menyentuh RA Kartini di bawah ini.

1. Tentang Sikap Diri

Tentang sikap diri, RA Kartini pernah membuat kata-kata begini, “Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tetapi, satu-satunya hal yang benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”

Bagaimana? Inspiratif sekali bukan, kata-kata seperti itu? Kalimat itu bisa melecutkan keyakinanmu untuk mengambil sikap paling tepat untuk hidup kamu. Dan, tentu saja, kamu tidak perlu memikirkan bagaimana sikap dan cara orang lain membencimu atau memperlakukanmu.

2. Tentang Cinta-Mencintai

Salah satu kalimat inspiratif yang ditorehkan oleh RA Kartini ada yang berhubungan dengan cinta-mencintai. Bunyi kalimatnya begini, “Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti.”

Nah, apa sih, makna dari kalimat ispiratif itu? Yang jelas, maknanya dalam sekali. Kalimat itu cocok untuk menginspirasi pasangan yang bubaran. Pasalnya, putus bukan artinya saling membenci. Sebaliknya, putus berarti tetap mencintai meski tentu dengan cara berbeda. Cara berbeda itu adalah dengan tidak lagi menyakiti pasangan kamu.

3. Tentang Hidup

Kamu tahu sendiri, kan, hidup ini tidak selamanya mulus? Tidak jarang ada kejadian yang tidak menyenangkan harus dilewati. Masalah juga silih berganti. Tetapi yakinlah, tidak ada masalah yang akan terus mengalami jalan buntu. Satu saat pasti akan ada hari bahagia setelah semuanya kamu selesaikan.

Salah satu kalimat inspiratif dari tokoh wanita yang  ini ada yang sangat cocok dengan keadaan seperti itu. Bunyi kalimatnya begini, “Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita, lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.”

Selain kata-kata RA Kartini di atas, masih banyak kalimat inspiratif yang ditelurkan oleh RA Kartini. Dan tentu saja, semuanya memberikan banyak pelajaran tentang kehidupan. Karena itu, jangan pernah merasa hidup yang kamu alami itu buruk. Sebaliknya, kamu harus semangat dan pantang menyerah menghadapi segala hal yang bahkan tidak kamu inginkan sekalipun.