Jenis-Jenis Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah suatu bentuk laporan yang dibuat berdasarkan penelitian atau studi yang dilakukan oleh individu maupun tim sesuai dengan aturan dan etika ilmu pengetahuan yang dikonfirmasi dan dipatuhi oleh komunitas ilmiah.  Karya ilmiah sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang, seperti mahasiswa, dosen, dan jajaran-jajaran lainnya.

Namun, bagi orang awam mungkin pernah mendengar tentang karya ilmiah, tetapi belum mengetaui secara detail mengenai karya ilmiah, terutama jenis-jenis-karya ilmiah.  Berikut ini jenis-jenis karya ilmiah yang sering dibuat:

1. Skripsi

Skripsi merupakan karya ilmiah yang tidak bisa lepas dari mahasiswa S1, pasalnya, sebagai syarat utama menyelesaikan pedidikan S1, mahasiswa diharuskan membuat karya ilmiah berupa skripsi melalui penelitian dengan prosedur ilmiah sesuai dengan bidang studinya, misal kimia.

2. Makalah

Makalah adalah salah satu dari jenis-jenis karya ilmiah yang paling sering dibuat. Makalah berisi penyelesaian dari sebuah masalah yang mengandalkan bermacam-macam data di lapangan. Selanjutnya makalah yang sudah jadi biasanya akan dipersentasikan pada seminar atau dalam koridor yang leboh kecil seperti di dalam kelas. Makalah biasanya lebih singkat dari skripsi.

3. Kertas kerja

Kertas kerja merupakan karya ilmiah yang isinya hampir mirip dengan makalah. Bedanya, kertas kerja atau work paper dibuat menggunakan analisis yang lebih tajam dan mendalam. Selain itu, kertas kerja biasanya dipresentasikan pada lokakarya para ilmuan atau seminar.

4. Tesis

Sama halnya dengan skripsi, tesis adalah karya ilmiah yang dibuat sebagai syarat kelulusan. Bedanya, tesis dibuat untuk menyelesaikan program studi S2. Dan dibandingkan dengan skripsi, tesis bersifat lebih mendalam dan serta berisi pengetahuan baru yang didapat melalui penelitian yang dilakukan secara individu.

5. Paper

Paper sebenarnya sama saja dengan makalah. Paper adalah sebutan lain dari makalah, yang sering digunakan di kalangan mahasiswa. Paper lebih dikaitkan dengan makalah yang digunakan dalam pembelajaran dan pendidikan mahasiswa, sebelum menyelesaikan kuliah.

6. Disertasi

Desertasi dibuat untuk mememnuhi tugas akhir bagi mahsiswa S3. Karya ilmiah ini juga hampir sama dengan skripsi dan tesis.