Inilah Kisah Hidup Jack Ma Sang Pendiri Alibaba

Inilah Kisah Hidup Jack Ma Sang Pendiri Alibaba

Jack Ma dan Alibaba merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Berperan di posisi sebagai pendiri sekaligus ketua Alibaba. Mempunyai nama lain Ma Yun yang lahir di kota Hangzhou pada tanggal 15 Oktober 1964. Pada saat ulang tahun yang ke-50 tahun,

Jack Ma atau Ma Yun resmi mendapatkan predikat orang terkaya di Tiongkok dan Asia. Pada tahun 2014, total kekayaannya mencapai angka 25 Milliar dollar Amerika Serikat. Tentu masih banyak lagi kisah hidup Jack Ma sang pendiri Alibaba ini yang mengejutkan dunia. Dan berikut penjelasannya:

1. Berasal Dari Keluarga Tidak Mampu

Keluarga Jack Ma bisa dikatakan keluarga yang kurang mampu. Pada saat Jack Ma lahir dan besar di Tiongkok, negara tersebut sedang menerapkan politik isolasi terhadap barat. Dan keadaan tersebut membaik hingga tahun 1972. Dari sinilah, Jack Ma memanfaatkan kesempatan untuk menjadi pemandu turis dan upah yang didapat yaitu les bahasa Inggris secara gratis.

2. Gagal Berkali-Kali

Ketika Jack Ma masih duduk di bangku sekolah menengah atas atau SMA, ada keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, ujian yang diikuti tersebut gagal 2 kali. Ketika ujian yang ketiga kalinya barulah Jack Ma dinyatakan lolos dan masuk ke Hangzhou Teacher’s Institute. Kemudian lulus pada tahun 1988 dan tidak langsung mendapatkan sebuah pekerjaan dan waktu itu keadaan sudah menikah. Berkali-kali melamar pekerjaan termasuk di KFC namun tetap ditolak.

3. Tidak Menyerah dan Mendirikan Situs

Mendapat penolakan berulang kali tidak membuat Jack Ma menyerah begitu saja. Dan pada akhirnya menjadi seorang guru bahasa Inggris dengan pendapatan 15 dollar Amerika Serikat per bulan. Pada tahun 1994 sewaktu masih di Amerika Serikat, Jack Ma mulai berkenalan dengan internet dan mempelajarinya. Tahun 1995 bersama rekan dan istrinya mengumpulkan modal senilai 20 ribu dollar Amerika Serikat untuk dikembangkan sebagai situs bernama China Yellow Page.

4. Membuat Perusahaan Perdagangan Online

Situs China Yellow Page menyediakan pengembangan website bagi perusahaan-perusahaan di Tiongkok. Namun dikarenakan kurang menunjukkan keberhasilan, maka di tahun 1998 melakukan persiapan untuk membuat perusahaan perdagangan online bersama 17 orang temannya. Dan pada tahun 1999, resmi meluncurkan Alibaba.