Inilah Fungsi Karya Ilmiah yang Perlu Kamu Ketahui!

Inilah Fungsi Karya Ilmiah yang Perlu Kamu Ketahui!

Membuat karya ilmiah untuk tugas kuliah tidak boleh asal jiplak. Hal ini dikarenakan karya ilmiah memiliki kedudukan yang harus dipertanggungjawabkan. Nah, agar kamu lebih paham mengenai karya tulis ilmiah, berikut ini adalah fungsi karya ilmiah.

Pada dasarnya, karya ilmiah adalah sebuah tulisan yang disusun secara sistematis, terstruktur, dan menggunakan bahasa yang baku. Karya ilmiah ini disusun dengan menggunakan metode ilmiah dan bisa diterapkan pada semua bidang keilmuan. Untuk kamu yang sedang membuat karya ilmiah, fungsi karya tulis ilmiah berikut akan membuat kamu paham bahwa karya ilmiah yang dibuat bukan hanya untuk mencari nilai saja.

1. Penjelasan

Karya tulis ilmiah dibuat untuk memberikan penjelasan pada pembaca mengenai suatu masalah tertentu. Selain menjelaskan penyebab dari masalah tersebut, dalam karya ilmiah juga dijelaskan solusinya. Hal ini tentunya akan bermanfaat bagi pembaca, terlebih jika masalah yang diulas merupakan masalah kekinian.

Selain itu, beberapa karya ilmiah juga menjelaskan bidang keilmuan yang belum diketahui sebelumnya. Jadi dengan adanya publikasi karya ilmiah akan menerangkan ilmu baru, sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain.

2. Ramalan

Tak hanya untuk menjelaskan bidang keilmuan tertentu, fungsi karya ilmiah yang lain adalah untuk meramalkan suatu kejadian di masa depan. Contohnya saja seperti ramalan kejadian kasus covid-19 yang terjadi baru-baru ini. Kamu bisa mendapatkan ramalan angka kejadian kasus covid-19 yang dihubungkan dengan perilaku masyarakat.

Karya ilmiah akan membantu pembaca mendapatkan informasi yang valid dan dapat dipercaya. Hal ini dikarenakan karya ilmiah dibuat dengan metodologi yang jelas, sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

3. Kontrol

Dengan karya tulis ilmiah, semua pernyataan yang ada bisa dikontrol dan diawasi kebenarannya. Misalnya saja, seperti program pemerintah atau kinerja suatu perusahaan.

Karya tulis bisa menjadi masukan dan solusi dari permasalahan yang dikaji dengan metode yang sistematis. Hanya saja, untuk karya tulis yang berfungsi sebagai control biasanya disusun oleh orang yang ahli di bidang keilmuan tertentu.

Memahami fungsi karya ilmiah bukan hanya untuk kepentingan pribadi saja. Melakukan publikasi karya ilmiah akan memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.