Bercita-cita Menjadi Arsitek, Perhatikan Syarat Menjadi Mahasiswa Arsitektur Berikut!

Kamu memiliki cita-cita sebagai arsitek? Atau kamu memiliki minat dan keahlian dalam membuat design bangunan? Nah, kamu bisa melanjutkan kuliah di jurusan teknik arsitektur. Agar lebih mudah dalam mengikuti perkuliahannya, ada baiknya untuk memperhatikan syarat menjadi mahasiswa arsitektur berikut.

1. Tidak buta warna

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar menjadi mahasiswa arsitektur biasanya kampus akan mensyaratkan tidak buta warna. Hal ini wajib dilakukan sebagai syarat pendaftaran mahasiswa baru.

Kamu perlu melakukan tes buta warna di rumah sakit ataupun puskesmas. Nantinya, kamu akan mendapatkan surat keterangan, jika ternyata kamu bukanlah orang yang buta warna.

2. Kreatif dan berjiwa seni

Jurusan arsitektur berbeda dengan jurusan pada fakultas teknik yang lain. Ketika kamu memilih menjadi mahasiswa arsitektur, berarti kamu harus siap untuk berkreasi.

Dengan menjadi mahasiswa arsitektur, kamu akan diminta untuk merancang suatu bangunan. Selain harus kreatif, kamu juga perlu memadukan ilmu seni agar rancangan bangunan yang kamu buat semakin artistik.

3. Suka matematika dan logika kuat

Dalam penghitungan rancangan bangunan, pastinya kamu harus mengerti hitung-hitungan bukan sekedar kata kata bijak atau mengikuti kebiasaan saja. Itulah mengapa ilmu matematika merupakan syarat menjadi mahasiswa arsitektur. Kamu juga akan mempelajari ilmu fisika yang akan berguna saat nantinya melakukan analisis bahan bangunan. Selain itu, logika dalam mempelajari ilmu arsitektur juga harus kuat untuk mendukung dalam rancang bangunan yang kokoh.

4. Detail

Untuk menjadi mahasiswa arsitektur, kamu harus memiliki sikap yang detail. Hal ini karena arsitektur memerlukan detail yang tinggi dalam setiap pengerjaannya. Kamu harus memperhatikan ukuran hingga penghitungan bahan agar tidak ada yang mubazir.

5. Disiplin

Sikap disiplin perlu ditumbuhkan pada mahasiswa arsitektur. Hal ini agar bisa tertanam ketika sudah masuk ke dunia kerja. Selain itu, ketika kamu menjalani masa kuliah, sikap disiplin juga diperlukan ketika ada tugas dari dosen. Dengan disiplin waktu, kamu bisa memaksimalkan waktu yang dimiliki, sehingga tugas yang diberikan bisa selesai sebelum deadline.

Syarat menjadi mahasiswa arsitektur akan mempermudah kamu dalam mengikuti perkuliahannya. Jika hal tersebut diterapkan akan memperlebar peluang untuk meraih kesuksesan.

Untuk belajar dan mempersiapakan diri kamu bisa buka website Skola.id yang akan menyediakan materi belajar sekolahan.