Berbagai Tips Menjadi Mahasiswa Psikologi

Psikologi termasuk salah satu jurusan favorit di berbagai kampus di Indonesia. Banyak yang tertarik dan cinta dengan jurusan ini karena mempelajari berbagai hal terkait manusia. Kalau kamu ingin menjadi mahasiswa psikologi, simak dulu berbagai tips menjadi mahasiswa psikologi berikut ini.

1. Memahami Berbagai Subjek yang Dipelajari

Dalam psikologi, kamu memang akan belajar mengenai beragam ilmu terkait manusia. Namun tidak sama dengan meramal, arah pada ilmu psikologi lebih pada kemampuan memahami manusia melalui perilakunya. Tentu tidak mudah, jadi pastikan kamu bisa paham dulu subjek yang akan dipelajari, sebelum memutuskan memilih jurusan psikologi.

2. Mengerti tentang Konseling

Konseling merupakan cara untuk mengubah self-system seseorang, dari yang kurang baik, menjadi lebih baik, dari yang sedih menjadi bahagia. Karena mempelajari tentang manusia, lulusan psikologi diharapkan mampu memberikan jalan keluar dari masalah yang dikonsultasikan kepadanya.

3. Paham Mengenai Matematika

Di banyak kampus di Indonesia, jurusan psikologi memang dimasukkan ke ranah ilmu sosial humaniora. Meski demikian, kamu tidak sepenuhnya bebas dari matematika, terlebih saat melakukan riset. Penguasaan ilmu statistik tentu wajib saat kamu mengadakan penelitian, sekalipun tentang psikologi.

4. Terampil dalam Komunikasi

Karena pekerjaanmu sebagai psikolog nantinya berhubungan dengan konsultasi, maka kamu harus terampil dalam komunikasi. Tidak perlu khawatir, karena hal ini juga akan diajarkan di jurusanmu. Namun, agar keterampilan komunikasimu semakin matang, kamu juga perlu mempraktikannya ya.

5. Memperkirakan Kepribadian dengan Ilmiah

Sebagai mahasiswa psikologi, kamu tentu dibekali oleh keterampilan utuk memperkirakan kepribadian seseorang. Tips menjadi mahasiswa psikologi ini bukan asal perkiraan ya, melainkan perkiraan secara ilmiah. Terlebih ketika kamu menjadi seorang HRD atau konsultan, kamu tentu perlu memperkirakan kepribadian seseorang untuk menempati posisi tertentu di perusahaan.

6. Terbiasa Berhadapan dengan Wanita

Seperti jurusan keguruan, sebagian besar mahasiswa di jurusan psikologi adalah wanita. Kalau kamu seorang laki-laki, sebenarnya hal ini bukan masalah besar, karena bukankah tujuan utamamu adalah menuntut ilmu?

7. Beradaptasi dengan Karakter Dosen

Tips ini bukan hanya berlaku untuk mahasiswa jurusan psikologi, melainkan semua jurusan. Karakter dosen biasanya beragam, ada yang tegas, santai, pelupa, dan sebagainya. Supaya kuliahmu lancar, kamu tentu perlu beradaptasi dengan karakter dosen tersebut.

Tips menjadi mahasiswa psikologi yang tidak kalah penting adalah mengetahui untuk apa kamu kuliah di jurusan tersebut. Jadi sebelum memutuskan memilih jurusan, pastikan kamu menetapkan tujuan yang pasti ya.