Bentuk Tulisan Alhamdulillah dan Maknanya

Bentuk Tulisan Alhamdulillah dan Maknanya

Penulisan Alhamdulillah menggunakan huruf hijaiyah dan latin memiliki perbedaan. Perbedaan penulisan itu, terutama dalam huruf hijaiyah bisa memiliki perbedaan makna.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penulisan Alhamdulillqh dengan benar. Ulasan berikut membahas mengenai tulisan Alhamdulillah sekaligus dengan artinya.

Penulisan Alhamdulillah dalam Huruf Hijaiyah

Jika Anda hanya akan menuliskan alhamdulillah saja, tulisannya dalam bentuk huruf hijaiyah dengan harakat adalah sebagai berikut.

لِلهِ اَلْحَمْدُ

Kalau Anda mau menuliskan untuk alhamdulillahi rabbil ‘alamin lengkap dalam huruf hijaiyah lengka dengan harakat, penulisannya seperti di bawah ini.

اْلعَالَمِيْن رَبِّ لِلهِ اَلْحَمْدُ

Kalau Anda memperoleh sesuatu yang Anda senangi, Anda bisa mengucapkan alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihat. Penulisannya dalam hijaiyah adalah sebagai berikut.

الصَّالِحَاتُ تَتِمُّ بِنِعْمَتِهِ الَّذِى لِلَّهِ الْحَمْدُ

Ketika orang lain bertanya tentang kabar, akan sangat baik jika Anda menjawab alhamdulillah ‘alaa kulli haal. Penulisan dalam huruf huruf hijaiyah untuk kalimat tersebut adalah sebagai berikut.

حَالٍ كُلِّ عَلَى لِلَّهِ الْحَمْدُ

Saat Anda ingin bersyukur atas  nikmat yang Anda peroleh, Anda bisa mengucapkan alhamdulillah wa syukurillah. Untuk menulis kalimat tersebut dalam huruf hijaiyah, penulisannya adalah sebagai berikut.

لِلَّهِ الشَّكُوْرُ و لِلَّهِ أَلْحَمْدُ

Makna dari Alhamdulillah

Pada dasarnya, arti Alhamdulillah adalah segala puji bagi Allah. Kalimat singkat tersebut setidaknya mengandung beberapa makna sebagai berikut.

  1. Pujian dari Allah kepada diri-Nya, baik dzat maupun sifat-Nya. Salah satu ayat Al-quran yang menyatakan terkait makna ini adalah surat Thaha ayat 14.
  2. Pujian dari Allah kepada makhluk ciptaan-Nya yang paling mulia. Dalam hal ini para Nabi dan Rasul, terutama Nabi Muhammad Saw. Salah satu ayat Al-quran yang menyatakan hal tersebut ada pada surat Al-Qolam ayat 4.
  3. Pujian dari makhluk kepada Allah Swt karena diri-Nya yang Maha Sempurna. Hal ini sangat sering diucapkan oleh Muslim, salah satunya ucapan Alhamdulillah pada surat Al-Fatihah ayat 2.
  4. Pujian dari makhluk kepada makhluk sebagai salah satu bentuk ungkapan terima kasih. Misalnya ketika diberi sebuah kebaikan kemudian membalas dengan menyampaikan ucapan jazakallah khair. Pujian tersebut memiliki arti mendoakan kebaikan untuk seseorang yang telah berbuat baik kepada Anda.

Ucapan syukur atau pujian kepada Tuhan ini sebenarnya ada di semua agama, hanya ada perbedaan pada bentuk kata yang digunakan. Sampai sini dulu ya ulasan mengenai tulisan Alhamdulillah, sekaligus maknanya.