Begini Sejarah Komputer dari Waktu ke Waktu

Begini Sejarah Komputer dari Waktu ke Waktu

Teknologi komputer yang dikenal sekarang tidak ditemukan begitu saja. Mulanya, komputer sebatas mesin kalkulator untuk membantu manusia dalam menghitung. Bahkan pada awalnya istilah computer merujuk kepada seorang ahli aritmatika. Berikut ini ulasan singkat mengenai sejarah komputer.

Pembuatan perangkat yang digunakan untuk alat hitung pertama kali dilakukan pada tahun 1897. Komputer sendiri merupakan alat elektronik yang bisa melakukan tugas pokok berupa menerima input, memproses, lalu menghasilkan output berupa informasi.

Komputer Generasi Tabung Vakum

Komputer yang diciptakan tahun 1946 ini memiliki komponen utama berupa tabung vakum dengan bobot mencapai 30 ton. Komputer saat itu tidak efisien dengan penggunaan daya listrik yang besar. Bahasa yang digunakan juga masih berupa bahasa mesin yang hanya bisa dipahami oleh komputer.

Komputer Generasi Transistor

Selanjutnya teknologi transitor tabung vakum sebagai komponen utama komputer. Perkembangan ini terjadi pada tahun 1959-1965. Ukurannya lebih kecil dan lebih efisiean. Selain itu, bahasa yang digunakan adalah bahasa FORTRAN dan CBOL, bukan lagi bahasa mesin.

Komputer Generasi IC

Komputer yang dikembangkan oleh Jack Kilby ini disebut juga generasi ketiga dengan transistor yang lebih kecil. Peletakan transistor, resistor, dan kapasitor berada di IC. Selain lebih efisien, komputer menjadi lebih cepat dan terjangkau, sehingga orang-orang mulai membelinya. Monitor dan keyboard sudah mulai digunakan pada generasi ini.

Komputer Generasi Microprosessor

Komputer generasi ini diciptakan oleh IBM pada tahun 1971, disusul Apple yang merilis Macintosh tahun 1984. Era komputer sekarang memasuki masa microprosessor, bahkan masih ada masyarakat Indonesia yang menggunakan komputer ini sekarang.

Di era ini juga internet lahir dengan monitor yang masih green color dan pengembangan chip untuk memori dilakukan. Istilah PC juga muncul dan laptop mulai dikembangkan. Komputer yang termasuk pada generasi ini, seperti Apple II, IBM Pentium II, IBM PC/386, dan IBM 370.

Komputer Generasi AI

Perkembangan teknologi terbaru untuk komputer adalah AI dengan kecerdasan buatan sehingga input bisa dilakukan dengan lebih baik. Pioner dari generasi ini adalah Intel dan Microsoft oleh Bill Gates. Smartphone, tablet, dan netbook termasuk dalam komputer generasi ini. Meski komputer generasi AI lebih kecil dibandingkan pendahulunya, namun kecanggihannya berada lebih depan.

Ternyata sejarah komputer cukup panjang, ya. Dimulai dari tahun 1800-an hingga menjadi komputer canggih seperti yang Anda kenal saat ini.