Beberapa Tips Menjadi Mahasiswa Teladan

Beberapa Tips Menjadi Mahasiswa Teladan

Beberapa orang mungkin tertarik untuk menjadi teladan bagi orang lainnya. Tidak mudah memang menjadi teladan. Kalau kamu seorang mahasiswa, setidaknya kamu harus memiliki prestasi, baik akademik dan non-akademik yang mumpuni.

Selain itu, kamu juga perlu memiliki sikap yang baik kepada orang-orang di sekitarmu. Yuk cari tahu beberapa tips menjadi mahasiswa teladan berikut di sini.

1. Membuat Tujuan Matang untuk Masa Depan

Harus diakui bahwa tidak ada satu orang pun yang bisa menguasai segala bidang. Oleh karena itu, kamu perlu membuat tujuan yang matang yang akan menjadi fokusmu. Pilihlah beberapa bidang yang paling kamu kuasai, kemudian susun targetmu untuk bidang tersebut.

2. Berusaha Memahami Setiap Materi

Untuk memahami materi yang disampaikan dosen, tentu kamu perlu berkonstrasi saat di kelas. Usahakan untuk tidak memainkan ponsel saat dosen tengah menjelaskan. Kalau perlu, baca materi sebelum kelas dimulai dan buat daftar pertanyaan dari bagian yang kurang kamu pahami. Sebaiknya hindari metode menghafal saat belajar. Sebagai contoh akan lebih baik kalau saat kamu belajar kimia untuk memahami konsepnya, jadi materi itu akan lebih lama tersimpan di memori.

3. Mengasah Skill dengan Baik

Setiap orang tentu terlahir dengan bakat dan potensinya masing-masing, tidak terkecuali kamu. Ada banyak sekali skill yang bisa kamu asah selama kuliah, salah satunya skill berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Skill lain yang juga akan sangat berguna untuk masa depanmu, seperti menulis, berwirausaha, hingga desain grafis yang biasanya merupakan tips menjadi mahasiswa teladan.

4. Tidak mengabaikan akademik

Saat memasuki masa kuliah, kamu mungkin akan menemukan berbagai hal baru. Kalau sampai terlena, mungkin saja hal-hal tersebut bisa mendistraksi dan membuat prestasi akademikmu menurun. Jadi, meski kamu sibuk dalam berbagai hal, seperti organisasi, UKM, atau bahkan bekerja, kamu tidak boleh mengabaikan akademikmu ya.

5. Menemukan mentor terbaik

Lingkungan juga menentukan kalau kamu ingin menjadi mahasiswa teladan. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah menemukan mentor terbaik. Kalau ingin menjadi mahasiswa dengan banyak prestasi dan menjadi teladan teman-temanmu, kamu perlu punya mentor. Mentor ini bisa lebih dari satu dan bisa dari kalangan mana saja, bisa kakak tingkat hingga dosen.

Dari sekian tips menjadi mahasiswa teladan, apakah kamu sudah coba menerapkan salah satunya?