Aplikasi Viral Dunia, Inilah Sejarah Berdirinya TikTok

Aplikasi Viral Dunia, Inilah Sejarah Berdirinya TikTok

Saat ngabuburit, apa yang biasanya kamu lakukan? Karena adanya pembatasan sosial, main TikTok bisa menjadi cara ngabuburit yang asyik sambil menunggu adzan magrib. Bagi kamu yang sering main TikTok, ada baiknya kamu mengetahui tentang berdirinya TikTok.

TikTok merupakan platform media sosial yang memungkinkan kamu untuk membuat video dengan durasi kurang lebih 15 detik. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menambahkan beberapa fitur lain seperti filter video hingga musik. Dengan adanya fitur yang menarik inilah kemudian menjadikan TikTok sebagai aplikasi yang mengalami percepatan popularitas di dunia.

Sejarah Aplikasi TikTok

Mulanya, aplikasi yang berasal dari Cina bernama Douyin. Aplikasi ini sudah diluncurkan sejak September 2016. ByteDance selaku perusahaan yang mengembangkan aplikasi ini mengalami peningkatkan pengguna dalam 1 tahun hingga mencapai 100 juta pengguna di Cina. Agar semakin berkembang, aplikasi ini kemudian disebarkan ke seluruh dunia dan ByteDance mengganti nama aplikasi ini menjadi TikTok.

Awal mula diciptakannya TikTok adalah untuk mengasah kreativitas penggunanya. Aplikasi ini memiliki ragam fitur pendukung yang bisa digunakan hanya dengan menggunakan smartphone. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menjadi kreator yang bisa menghibur para pengguna yang lain.

Berdirinya TikTok tak lepas dengan adanya fitur unik yang membuat penggunanya bebas berkreasi dengan menambahkan musik keren yang akan membuat video ini semakin menarik. Hal inilah yang membuat popularitas TikTok semakin naik di seluruh dunia. Bahkan TikTok mampu mengakuisisi musical.ly dan menggabungkannya ke TikTok di akhir tahun 2017.

Karena popularitasnya yang meningkat, di tahun 2017 aplikasi ini sudah bisa diunduh di AppStore masing-masing negara. Di Indonesia pun aplikasi ini sangat populer sejak diluncurkan. Hanya saja, aplikasi ini mengalami pemblokiran oleh Kominfo Indonesia pada tahun 2018. Pemblokiran TikTok dikarenakan aplikasi ini dianggap tidak mendidik dan kreator TikTok banyak yang mengalami pem-bully-an.

Seiring bertambahnya waktu, kini TikTok digunakan sebagai media promosi kesehatan di dunia mengenai pencegahan covid-19. Bahkan di Indonesia, kini aplikasi TikTok banyak digunakan sebagai salah satu aplikasi yang digunakan selama program di rumah saja.

Mengetahui berdirinya TikTok akan menambah wawasanmu mengenai perkembangan teknologi bukan? Agar waktumu tidak sia-sia untuk bermain TikTok, harap gunakan TikTok secara bijak ya.