Apa Saja Persiapan Menjadi Mahasiswa Baru?

Apa Saja Persiapan Menjadi Mahasiswa Baru?

Menjadi mahasiswa pastinya hal yang kamu tunggu-tunggu bukan? Agar kamu lebih siap belajar ketika berkuliah nanti, ada beberapa persiapan menjadi mahasiswa baru yang perlu diperhatikan. Berikut tips persiapan untuk menjadi mahasiswa baru.

1. Kenali lingkungan kampus

Ketika sudah mulai masuk kuliah, kamu perlu mengenali keadaan kampus terlebih dahulu. Perhatikan setiap ruang yang ada di kampus, biasanya hal ini akan diberitahu oleh kakak tingkat saat masa orientasi. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui kantin hingga tempat fotokopi terdekat untuk mempermudah kamu saat kuliah nanti.

2. Belajar membagi waktu

Kuliah tidak sama seperti saat bersekolah. Jika saat sekolah kamu memiliki kebiasaan rutin, berbeda dengan kuliah yang cenderung memiliki jadwal berubah-ubah. Kamu perlu mendisiplinkan dalam hal waktu, agar waktu yang kamu miliki tidak terbuang sia-sia, apalagi jika hanya digunakan untuk nongkrong saja.

Kalau kamu punya hobi seperti naik gunung atau jadi anak motor, tentunya kamu perlu sangat pandai dalam mengatur waktu agar kuliah kamu tidak terganggu.

3. Sering berinteraksi dengan kakak tingkat

Beberapa kampus mungkin akan menerapkan senioritas. Hal ini yang perlu diperhatikan dalam persiapan menjadi mahasiswa kampus. Kamu tidak perlu takut jika ada hal tersebut. Sering-seringlah berinteraksi dengan kakak tingkat. Meski senioritas masih tetap ada, setidaknya kamu bisa bertanya mengenai mata kuliah dan tips mendapatkan IPK bagus saat kuliah.

4. Cari informasi beasiswa

Mendapatkan beasiswa pasti hal yang kamu inginkan. Di masa awal perkuliahan, kamu akan mendapatkan beragam informasi mengenai beasiswa apa saja yang bisa diakses melalui kampus. Kamu bisa bertanya pada petugas kemahasiswaan ataupun kakak tingkat mengenai informasi dan syarat mendapatkan beasiswa.

5. Beri kesan yang baik dan dekatkan dengan dosen

Jangan salah artikan jika mahasiswa yang mendekati dosen hanya dengan motivasi untuk mendapatkan nilai bagus saja. Dekat dengan dosen akan membuat kamu lebih dikenal dan mendapatkan berbagai peluang dari pengalaman selama berkuliah. Biasanya dosen akan mengajak kamu untuk melakukan penelitian ataupun menjadikan kamu asistennya. Selain pengalaman, pastinya kamu juga akan mendapatkan tambahan uang saku. Menarik bukan?

Persiapan menjadi mahasiswa baru tidaklah sulit. Kamu hanya perlu beradaptasi dengan cepat dan mencari peluang agar bisa menjadi mahasiswa yang sukses.