5 Pandemi dalam Sejarah Paling Mengerikan

5 Pandemi dalam Sejarah Paling Mengerikan

Tahun 2020 menjadi tahun terburuk untuk kesehatan di dunia. Pasalnya, pandemi covid-19 sudah menyerang seluruh negara di dunia dan hingga sekarang belum bisa teratasi. Ternyata, kondisi ini juga pernah terjadi loh? Nah, untuk menambah informasi kamu mengenai pandemi dalam sejarah, berikut pandemi terburuk yang pernah terjadi di dunia ini.

1. Black Death

Pandemi ini melanda Eropa dari tahun 1346 hingga 1353. Wabah pertama yang muncul adalah wabah pes yang mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening. Setelah itu, ada wabah pneumonia yang banyak memakan korban. Dan yang terakhir adalah wabah septicemia yang memakan korban hampir setengah dari populasi penduduk Eropa.

2. Flu

Pandemi flu terjadi pada 1889 hingga tahun 1890. Wabah ini juga dinamakan dengan flu Asia atau flu Rusia. Hanya dalam waktu 1 tahun, wabah ini mampu menelan korban hingga 1 juta orang di seluruh dunia.

Virus ini terus bermutasi. Beberapa waktu yang lalu, virus ini berubah strain menjadi virus influenza A H2N2. Kemudian, baru-baru ini bermutasi lagi menjadi virus influenza A H3N2.

3. Flu Spanyol

Pandemi flu Spanyol lebih dikenal dengan pandemi flu 1918, karena terjadi pada tahun 1918 hingga 1920. Pandemi ini disebabkan oleh virus influenza tipe A H1N1 dimana menjadi pandemi dalam sejarah yang menyebar ke seluruh dunia dan memakan korban hingga 100 juta penduduk dunia.

4. Flu Asia

Flu Asia terjadi pada awal tahun 1956 di China hingga tahun 1958. Virus ini diduga campuran dari virus flu burung dan WHO menetapkan 2 juta orang meninggal dunia karena terpapar virus flu Asia.

5. Flu Babi

Pandemi flu babi terjadi pada tahun 2009 hingga 2010. Virus yang menyebabkan wabah ini diduga merupakan mutasi virus Influenza A H1N1 dengan 4 galur, yaitu 1 endemik pada manusia, 1 endemik pada burung, dan 2 endemik pada babi. Flu babi sendiri mulanya berasal dari Meksiko dan kemudian menyebar cepat ke seluruh dunia.

Nah, itulah pandemi dalam sejarah yang perlu kamu ketahui. Agar pandemi covid-19 ini tidak terlalu lama, ingat protokol kesehatan yang sudah ditetapkan ya?