5 Molekul dalam Tubuh Manusia Beserta Ulasannya

 

5 Molekul dalam Tubuh Manusia Beserta Ulasannya

Terdapat beberapa komponen penyusun dalam tubuh manusia yang terbagi ke dalam beberapa tingkatan, yaitu atom, sel, jaringan, dan molekul. Nah, kali ini yang akan dibahas dengan lebih detail adalah tentangmolekul dalam tubuh manusia.

Komposisi tubuh berdasarkan tingkat molekuler terbagi ke dalam dua komponen utama, yaitu lemak dan non-lemak. Kedua komponenini terbagi ke dalam beberapa sub-komponen lagi. Namun, tidak semua sub-komponen tersebut akan dibahas di sini. Berikut beberapa molekul dalam tubuh manusia beserta fungsinya.

 1. Air

Air adalah salah satu komponen paling penting karena berfungsi sebagai alat pembawa nutrisi untuk sel dalam tubuh. Air mempunyai kapasitas panas yang dapat membantu dalam merubah batas suhu saat berada dalam kondisi lingkungan dingin atau hangat.

Selain itu air juga berfungsi sebagai shock absorber untuk bagian tubuh otak, mata, sumsum tulang belakang, hingga janin melalui ketuban. Itulah mengapa tidak akan ada yang bisa bertahan hidup tanpa air melebihi 3-5 hari karena air adalah pusat kehidupan.

2.  Adenosin Trifosfat (ATP)

Molekul yang kedua ini adalah ATP atau yang dikenal sebagai ikatan fosfat berenergi tinggi dimana dapat menyimpan dan membawa energi dalam sel. Tanpa adanya ATP, tubuh tidak akan mempunyai energi yang digunakan untuk beraktivitas.

3. Asam Amino

Molekul dalam tubuh manusia selanjutnya adalah Asam Amino dimana merupakan molekul organik penting yang mempunyai gugus fungsional karboksil (-COOH) dan gugus amina (-NH).

4. Hemoglobin

Hemoglobin merupakan protein yang mengandung zat besiyang terdapat dalam sel darah merah dan fungsinya adalah membawa oksigen dari organ paru-paru ke seluruh tubuh. Selain itu, hemoglobin juga berfungsi untuk membawa karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk dilepaskan keluar tubuh.

 

5. Glukosa

Banyak orang yang khawatir tentang konsumsi gula yang terlalu banyak, tapi kamu membutuhkan gula untuk tetap bertahan hidup.

Glukosa ibarat bensin untuk tubuh dimana pemecahan glukosa dapat menyalurkan kebutuhan energi untuk hidup. Ketika mencerna makanan, glukosa akan diserap langsung oleh aliran darah dalam tubuh.

Nah, kini kamu sudah tahu apa pentingnya molekul dalam tubuh manusia, bukan?