5 Manfaat Kerja Praktek Mahasiswa Bagi Perusahaan

Untuk memperoleh gelar sarjana maka seorang mahasiswa harus mengikuti kegiatan kerja praktek di sebuah perusahaan atau instansi. Proses kerja praktek tersebut memang sangat penting bagi mahasiswa di tingkat akhir seiring dengan semakin tingginya tuntutan di dunia kerja.

Selain bermanfaat bagi mahasiswa dan perguruan tinggi, ternyata manfaat kerja praktek bagi perusahaan juga sangat penting untuk diperhatikan. Terlebih saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan fresh graduate dengan pengalaman magang yang bagus.

Manfaat Kerja Praktek bagi Perusahaan

Seiring dengan kemajuan zaman menjadikan sebuah perusahaan atau instansi harus mampu terus melakukan inovasi agar lebih siap menghadapi persaingan. Untuk itulah dibutuhkan para lulusan berkualitas yang salah satunya bisa diperoleh melalui program kerja praktek. Berikut 5 manfaat kerja praktek bagi perusahaan yang perlu Anda ketahui:

1. Memperoleh Ide-Ide Baru

Adanya program kerja praktek mahasiswa maka perusahaan bisa memberikan kesempatan bagi generasi muda supaya memberikan ide-ide baru untuk pengembangan perusahaan. Sebab para mahasiswa peserta kerja praktek umumnya lebih mengikuti trend masyarakat saat ini dibandingkan dengan para senior yang idenya usang dan terkadang lucu di perusahaan.

2. Menghemat Pengeluaraan

Meskipun terkadang mahasiswa belum memiliki pengalaman kerja, namun mereka masih bisa melakukan pekerjaan yang dapat menguntungkan perusahaan. Dimana saat kerja praktek tersebut pihak perusahaan bisa menyeleksi karyawan kerja praktek sehingga dapat diperoleh kandidat yang sebaik mungkin untuk nantinya dijadikan sebagai karyawan tetap.

3. Meningkatkan Produktivitas

Mahasiswa peserta kerja praktek biasanya akan menjadi asisten karyawan yang ditugaskan mengerjakan tugas-tugas kecil. Adanya karyawan magang tersebut tentu dapat membantu meningkatkan produktivitas sebuah perusahaan karena tugas-tugas kecil dapat dikerjakan dengan baik.

4. Citra Perusahaan Lebih Meningkat

Manfaat kerja praktek bagi perusahaan berikutnya yaitu meningkatkan citra perusahaan melalui pengalaman yang diperoleh para mahasiswa magang. Sebab sesudah selesai magang, para mahasiswa akan bercerita kepada teman-temannya mengenai perusahaan tempat kerja praktek. Dari mulut ke mulut nama perusahaan akan semakin dikenal sehingga dapat memiliki citra yang baik di mata masyarakat.

5. Memperoleh Sudut Pandang Baru

Pihak perusahaan bisa bertukar pikiran dengan mahasiswa magang berdasarkan wawasan yang dimiliki oleh para mahasiswa terhadap produk atau jasa perusahaan tersebut. Dengan demikian perusahaan bisa lebih meningkatkan produk dan layanannya kepada masyarakat.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa manfaat kerja praktek bagi perusahaan memang sangat besar. Meski begitu, para mahasiswa harus tetap melakukan yang terbaik saat kerja praktek agar pihak perusahaan merasa puas dan memperbesar peluang kerja setelah lulus kuliah nanti.