5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Mahasiswa Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika adalah salah satu yang paling diminati saat ini. Pasalnya, perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan tentu akan semakin maju ke depannya. Oleh karena itu, wajar rasanya jika banyak generasi muda yang memilih belajar jurusan satu ini. Untuk kamu yang ingin menjadi mahasiswa teknik informatika, wajib pertimbangkan 5 hal berikut ini.

1. Mengetahui bakat yang dimiliki

Sebelum yakin untuk mendaftar program studi IT, sebaiknya kamu tanya pada diri sendiri apakah benar aku memang minat pada jurusan Teknik Informatika. Hal ini dikarenakan jika tidak ada minat atau bakat dalam bidang ini, kamu akan merasa kesulitan perihal adaptasi. Penyesalan juga tidak jarang terjadi.

Selain itu, kamu bisa mengecek daftar mata kuliah yang diajarkan untuk prodi Teknik Informatika. Dari sini, kamu akan memiliki gambaran umum tentang apa saja yang akan dipelajari ketika nanti sudah kuliah.

2. Fokus pada tujuan

Hal lain yang perlu kamu perhatikan sebelum mendaftar menjadi mahasiswa teknik adalah memastikan lagi apa sebenarnya tujuan yang ingin dicapai. Misalkan saja kamu sebagai laki-laki ingin kerja di bidang apa dan prospek pekerjaan untuk jurusan ini itu seperti apa.

Jika memang yakin bahwa tujuan kamu ingin menjadi programmer atau bekerja dalam dunia digital, kuliah di jurusan IT adalah pilihan terbaik.

3. Selalu perbaharui informasi teknologi terkini

Teknologi adalah hal yang selalu berkembang setiap saat sehingga kamu jangan sampai ketinggalan. Seperti mahasiswa keilmuan Sains lainnya, jurusan Kimia misalnya, menjadi mahasiswa Teknik Informatika harus siap untuk berbagai informasi teknologi yang terus berkembang baik tools, coding, software, dan lainnya.

4. Membiaskaan diri untuk berpikir secara sistematis dan terstruktur

Kuliah IT akan membuatmu menghabiskan banyak waktu untuk memahami tentang pemrograman. Hal ini dikarenakan jurusan IT memang berfokus pada bagian software (perangkat lunak). Sedangkan pemograman adalah manifestasi dari logika dan matematika, sehingga kamu harus belajar keras untuk berpikir secara sistematis.

5. Memiliki daya fokus yang tinggi

Selain harus terbiasa berpikir secara terstruktur, mahasiswa Teknologi Informatika juga harus memiliki daya konsentrasi yang sangat tinggi. Pasalnya, sedikit saja kesalahan akan membuat kosentrasinya menjadi terpecah belah.

Untuk calon mahasiswa IT, apakah kamu sudah siap menjadi mahasiswa Teknik Informatika?