3 Budaya Indonesia yang Diakui Dunia ini Ternyata Ada di Jawa

3 Budaya Indonesia yang Diakui Dunia ini Ternyata Ada di Jawa

Kamu patut berbangga sebagai orang Jawa. Sebab, di Jawa ada beberapa budaya Indonesia yang diakui dunia. Tapi ingat, ini tidak bisa menjadi alasan untuk kamu bersikap rasis pada orang di luar Suku Jawa. Tentu saja, karena rasis bukan sikap yang etis untuk dipelihara. Sebaliknya, kamu harus berusaha menjauhinya.

Baiklah. Apa saja budaya Indonesia yang diakui dunia yang berasal dari Jawa? Mari baca satu persatu ulasannya!

1. Keris

UNESCO mengakui keris sebagai budaya Indonesia pada tahun 2005. Keris dianggap warisan budaya yang syarat makna dan memiliki nilai seni tinggi. Bagaimana tidak, jika sebagai senjata, keris memiliki bentuk yang jauh berbeda dari senjata pada umumnya.

Bentuk keris memiliki lekukan-lekukan khusus. Umumnya keris juga tidak dibuat polosan saja. Permukaan keris selalu memiliki ukiran khusus yang bukan hanya indah, tetapi juga memiliki makna khusus. Daya serangnya juga tidak bisa dianggap remeh. Kamu sendiri tahu, bukan, pembuat keris adalah empu-empu yang terkenal ampuh mandraguna pada zamannya?

2. Batik

UNESCO mulai memasukkan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia mulai 2009 silam. Batik sendiri adalah kain dengan pola khusus dan corak tertentu yang indah. Menariknya, corak dan pola yang ada pada kain batik selalu memiliki makna khusus. Itu sebabnya, kain dan baju batik sering digunakan pada acara-acara tertentu, khususnya masyarakat Jawa.

Meski demikian, batik bukan hanya dimiliki oleh masyarakat Jawa. Ini perlu menjadi catatan. Sulawesi misalnya, juga memiliki motif batik tertentu. Hanya saja, motif dan modelnya berbeda dengan batik Jawa.

3. Wayang Kulit

Pada tahun 2003, wayang kulit sudah masuk dalam catatan UNESCO sebagai warisan budaya yang patut dijaga. Di tengah gempuran banyaknya media digital, pertunjukan wayang masih memiliki banyak peminat. Tidak jarang, pada acara tertentu, pertunjukan wayang menjadi hal yang wajib.

Menariknya, bukan hanya orang dalam negeri saja yang tertarik dengan wayang. Banyak orang-orang luar yang juga tertarik untuk belajar pewayangan. Tentu saja, karena ada banyak keunikan dan makna yang bisa diambil dari cerita wayang serta karakter-karakternya.

Tahu banyak budaya Indonesia yang diakui dunia, tugas kamu sekarang adalah menjaga dan melestarikannya. Oke?