Analisis Aspek Manajemen

Analisis Aspek Manajemen

oleh  Rani Setiani Sujana

Judul : Studi Kelayakan Bisnis

Pengarang : Geoffrey G.Meredith, Robert E. Nelson danPhilip A. Neck

Data Publikasi : The Practice of Entrepreneurship, PT Pustaka Binaan Presindo,

Oktber 1997.

Studi kelayakan bisnis mencakup beberapa aspek analisis salah satunya adalah analisis aspek manajemen. Dari aspek manajemen unsur yang perlu dianalisis ialah kepemilikan, organisasi, tim manajemen dan karyawan.

Setiap usaha dari yang paling kecil sekalipun membutuhkan tim manajemen yang baik untuk memastikan proses pemasaran, produksi, distribusi dan penjualan berlangsung dengan baik. Tim manajemen yang buruk akan mengakibatkan adanya biaya yang tidak perlu seperti bahan baku yang terbuang, pekerja yang tidak produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang tidak jelas, koordinasi dan komunikasi antar pegawai yang tidak efektif sehingga banyak keputusan yang terlambat, perekrutan pegawai yang tidak efektif sehingga banyak pegawai yang keluar masuk dan membuang banyak waktu dan biaya, pelatihan yang tidak baik sehingga produktivitas pegawai yang rendah dan masih banyak lagi permasalahan organisasi. Dengan melakukan analisis aspek manajemen, seorang entrepreneur dapat menghindari resiko manajemen yang dapat menyebabkan kegagalan usaha. Menurut Meredith aspek lainnya yang tidak kalah penting ialah karyawan. Memilih karyawan merupakan salah satu tugas yang paling penting sebagai seorang entrepreneur. Dalam suatu usaha, memberikan tanggung jawab tambahan kepada karyawan disamping tugas-tugasnya atau disebut ”pemerkayan pekerjaan” merupakan suatu prosedur yang baik untuk menentukan kemampuan karyawan dalam menerima tanggung jawab yang lebih tinggi dalam memajukan usaha para entrepreneur. Biasanya, para entrepreneur melibatkan para karyawan dalam tujuan perusahaan dengan memahami kebutuhan mereka dan mendelegasikan kekuasaan serta membagi tanggung jawab.

Pembahasan di atas telah menunjukan bahwa dalam studi kelayakan bisnis yaitu dalam aspek manajemen, aspek tim manajemen dan karyawan merupakan dua hal terpenting yang berperan dalam memajukan suatu usaha. Oleh karena itu, kedua hal tersebut perlu diperhatikan oleh setiap entrepreneur maupun para calon entrepreneur dalam memulai suatu usaha.

Universitas Indonesia

4 Responses

  1. Fuad Says:

    Thaks dah bagi-bagi Ilmunya….

  2. Rani Setiani Sujana Says:

    okay.. sama-sama

  3. rynha Says:

    boleh kirimin ina contoh aspek manajemen suatu usaha kafe g’ mbak..

  4. Irvin Terronez Says:

    Thank you post. I be able to get advice reading through working on some research, and material.