posts | comments
22Dec

BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

No comments

Tentang Situs

http://www.bsnp-indonesia.org adalah situs resmi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), lembaga yang dibentuk berdasarkan dan amanah dari UU Sistem Pendidikan Nasional misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

Tugas & Kewenangan

BSNP bertugas membantu Menteri Pendidikan Nasional dan memiliki kewenangan untuk:

  • Mengembangkan Standar Nasional Pendidikan
  • Menyelenggarakan ujian nasional
  • Memberikan rekomendasi kepada Pemerintah dan pemerintah daerah dalam penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan
  • Merumuskan kriteria kelulusan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • Menilai kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan buku teks pelajaran

Standar yang dikembangkan oleh BSNP berlaku efektif dan mengikat semua satuan pendidikan secara nasional dari jenjang SD/MI sampai dengan SMA/MA.

Struktur BSNP dipimpin oleh seorang ketua dan seorang sekretaris yang dipilih oleh dan dari anggota atas dasar suara terbanyak. Dalam menjalankan tugasnya, BSNP didukung oleh sebuah sekretariat yang secara ex-officio diketuai oleh pejabat Departemen Pedidikan Nasional (Depdiknas) yang ditunjuk oleh Mendiknas. BSNP dapat menunjuk tim-tim ahli yang bersifat adhoc sesuai kebutuhan.

BSNP didukung dan berkoordinasi dengan Depdiknas dan departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama, dan dinas yang menangani pendidikan di provinsi/kabupaten/kota.

Keanggotaan

Anggota BNSP terdiri dari 15 orang yang diangkat berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional untuk masa keanggotaan selama empat tahun.

Standar Nasional Pendidikan Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Nasional Pendidikan terdiri dari :

  • Standar Kompetensi Lulusan
  • Standar Isi
  • Standar Proses
  • Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  • Standar Sarana dan Prasarana
  • Standar Pengelolaan
  • Standar Pembiayaan Pendidikan
  • Standar Penilaian Pendidikan

Fungsi dan Tujuan Standar

  • Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu
  • Standar Nasional Pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
  • Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Evaluasi :

Authority (Otoritas)

Dilihat dari alamat situs dan isi situsnya, situs www.bsnp-indonesia.org adalah situs yang sangat otoritatif, karena ini adalah situs resmi dari Badan Standar Nasional Pendidikan yang isinya secara khusus berkenaan dengan hal-hal yang berkaitan dengan standar nasional pendidikan. Ekstensi .org sepertinya sengaja dipilih untuk memberi kesan bahwa lembaga ini adalah lembaga otonom. Tetapi, karena lembaga ini dibentuk oleh Mendiknas maka kesan sebagai subordinat dari Depdiknas sangat kental.

Accuracy (Keakuratan)

Untuk memperoleh sumber-sumber akurat tentang standar nasional pendidikan, maka situs ini adalah sumber paling akurat di web yang berkaitan dengan standar nasional pendidikan.

Sumber-sumber, standar dan panduan yang terdapat dalam situs ini semuanya berdasarkan kajian dari BSNP, peraturan menteri, SK menteri atau standar yang ditetapkan oleh BSNP.

Purpose (Tujuan)

Dalam situs ini tidak disebutkan secara jelas tujuan dari situs ini. Namun, dari tujuan BSNP sendiri terlihat bahwa situs ini dimaksudkan sebagai rujukan standar pendikan nasional bagi pelaku dunia pendidikan, guru, stakeholder, pemerintah daerah, dan pihak-pihak terkait. Oleh karenanya, didalamnya terdapat beberapa standar nasional pendidikan, yaitu :

  • Standar Kompetensi Lulusan
  • Standar Isi
  • Standar Proses
  • Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  • Standar Sarana dan Prasarana
  • Standar Pengelolaan
  • Standar Pembiayaan Pendidikan
  • Standar Penilaian Pendidikan

Content(Isi) :

Dilihat dari isinya, sebagian besar berupa standar nasional pendidikan yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari Badan dan berita-berita yang terkait dengan standar nasional pendidikan kurang lengkap dan banyak yang sudah out-of-date.

Disamping itu, jangan berharap semua standar nasional pendidikan dapat diunduh dan tersedia dalam situs ini. Sebagai contoh, bila kita hendak mencari standar pembiayaan pendidikan, maka jangan berharap dapat ditemukan dokumen yang dikehendaki.

Objectivity (Obyektifitas)

Sejauh mengenai Standar Nasional Pendidikan, terlihat bahwa situs ini cukup obyektif dan terhindar dari bias pengelola.

Currency (Kemutakhiran)

Dari aspek kemutakhiran, agaknya isi dari situs ini kurang sering diupdate. Isi situs yang berkaitan dengan peraturan dan standar, pada umumnya dipublikasikan paling cepat tiga bulan dari tanggal di SK-kan. Sebagai contoh, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang ditandatangani pada Bulan Mei 2008, baru dipublikasikan pada bulan September 2008.

Pada halaman Beranda yang berisi berita kegiatan BSNP, selama periode Juli 2007 sampai dengan Desember 2008, hanya terdapat empat berita, dan berita terakhir adalah berita kegiatan Bulan Oktober 2008.

Pada halaman Bulletin BSNP, hanya terdapat 5 jurnal yang terdiri dari 3 jurnal edisi 2006, 2 jurnal edisi 2007, dan edisi 2008 tidak ada sama sekali.

Pada halaman Kegiatan, sepertinya setelah 2007, tidak pernah lagi diupdate dengan kegiatan terbaru. Demikian halnya dengan halaman Berita yang isinya cukup out-of-date.

Secara umum dapat dikatakan isi dari situs BSNP kurang mutakhir dan jarang diupdate.

Ease of use (kemudahan digunakan)

Untuk dapat melihat standar-standar yang ada, pemakai tidak langsung dapat melihat di situs tersebut, tetapi harus dengan mengunduh file pdf untuk kemudian dapat dibuka dengan Adobe Acrobat Reader. Jadi tidak semua dokumen dapat dilihat secara langsung dalam format html.

Design (Desain)

Desain website BSNP dapat dikatakan cukup sederhana dan terkesan kuno. Menu-menu yang disajikan cukup sederhana dan monoton. Disamping itu, tidak tersedia form atau halaman untuk memberi komentar tentang situs ini, sehingga tidak interaktif. Situs ini bersifat komunikasi satu arah, yakni dari BSNP ke pembaca dan pembaca tidak dapat memberikan masukan secara langsung.

Accessibility (Kemudahan Akses)

Karena halamanya cukup sederhana dan tidak mengandung banyak grafis, situs ini cukup mudah diakses, walaupun dengan bandwidth yang terbatas.

Dengan keterbatasan akses, pengakses juga dapat melakukan akses dengan modus teks tanpa kehilangan informasi dari situs tersebut. Disamping itu juga tidak diperlukan software tambahan untuk mengakses situs ini, kecuali untuk dokumen-dokumen standar nasional yang harus menggunakan Adobe Acrobat Reader.

Categories: Uncategorized

Monday, December 22nd, 2008 at 1:53 am and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.