Punya perut buncit agaknya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain membuat tidak percaya diri, perut buncit membuat kita sulit memilih baju ataupun celana. Perut buncit menjadi pertanda jika kondisi tubuh kita sedang tak sehat. Perut buncit identic dengan penyakit. Namun perut buncit tidak hanya dialami oleh orang penderita obesitas saja, orang yang memiliki berat proposional atau kurus juga bisa alami perut buncit.

Perut buncit ini perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan diabetes. Berikut penyebab perut buncit yang harus diketahui.

Konsumsi Jus Buah

Buah memang baik dikonsumsi untuk tubuh namun jika terlalu banyak akan membuat tubuh menjadi gemuk dan perut buncit. Biasanya jus akan ditambahkan lagi dengan gula, inilah yang membuat minuman ini menjadi tidak sehat karena banyak mengandung gula.

Sering Nyemil

Sering makan camilan yang mengandung pemanis buatan dan perasa makanan berlebihan akan membuat perut menjadi buncit. Hal ini dikarenakan makanan ringan yang mengandung banyak pemanis buatan dan perasa makanan kimia tidak dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh sehingga menyebabkan kinerja usus jadi terganggu.

Mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan juga jadi pemicu perut buncit. Selain itu alkohol juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Alkohol mengandung gula dan kalori yang banyak sehingga akan membuka celah bagi berbagai penyakit untuk masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya kurangi sebelum kesehatan mulai terganggu.

Kurang minum air putih

Kurang minum akan membuat merasa selalu haus, biasanya tubuh menanggapi rasa haus sama seperti rasa lapar sehingga bukannya minum namun malah mengonsumsi lebih banyak makan. Menurut penelitian meminum dua gelas air putih sebelum sarapan bisa mengurangi konsumsi kalori sebanyak 22%.

Terlalu Banyak Duduk

Kurang beraktivitas dan lebih banyak duduk dapat menyebabkan perut buncit lho!

Meskipun tampaknya tidak berbahaya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak duduk memiliki berat badan lebih. Bagi orang dewasa, duduk lebih dari 10 jam per hari akan memiliki resiko 34% lebih tinggi terserang sakit kronis.

 

 

Sumber :

Written by PATRISIA DEVITASARI