Kalkulator Kehamilan Menurut Dokter

Saat ini banyak aplikasi kalkulator kehamilan yang dijumpai di toko aplikasi semisal playstore maupun app store. Bagaimana kira-kira pendapat dokter terhadap aplikasi-aplikasi tersebut?

Umumnya aplikasi kalkulator kehamilan mempunyai fitur yang hampir sama. 

Fitur utamanya adalah memberikan perkiraan tanggal persalinan atau tanggal kelahiran. Disusul dengan fitur perkiraan usia kehamilan yang sedang dijalani. Biasanya usia kehamilan tersebut dinyatakan dalam satuan minggu.

Tanggal-tanggal perkiraan ini  didasarkan pada rumus yang berlaku di dunia medis. 

Selain kedua ciri utama di atas, aplikasi kalkulator kehamilan biasanya dilengkapi dengan informasi trimester, perkembangan bayi, dan informasi terkait kesehatan ibu hamil. 

Bagaimana pendapat dokter terhadap aplikasi-aplikasi itu dan informasi yang dihasilkannya?

Sebagian besar dokter berpendapat bahwa sah-sah saja menggunakan aplikasi kalkulator kehamilan. Walaupun demikian sebaiknya informasi atau petunjuk pada aplikasi tersebut tidak digunakan begitu saja alias tidak ditelan mentah-mentah. Ada baiknya Ibu tetap mendahulukan berkonsultasi ke dokter atau bidan mengenai kehamilannya. 

Jadi aplikasi kalkulator kehamilan bukanlah rujukan utama tetapi hanya informasi awal yang mesti dicek lagi kebenarannya.