Kucing, tentu saja, tidak punya hal baru untuk dikatakan, dan hampir semua orang di dunia tahu kumis lucu ini. Kucing adalah salah satu mamalia yang paling umum dan sering dijadikan hewan peliharaan di dalam rumah.

Banyak artikel tentang kucing di embaran.id, termasuk jenis kucing eksotis berambut pendek yang menguraikan ciri-ciri, perawatan, makanan dan harganya. Memang banyak sekali jenis kucing yang menarik, dari segi jenis dan harga yang berbeda-beda.

Namun memang tidak mudah merawat kucing, apalagi dengan ras cantik seperti Angora, Persia, kucing bulu pendek britania, Maincoon dan segala jenisnya. Ini berbeda dengan kucing kampung yang lebih mudah dirawat.

Nah, belum lagi dimanakah saat-saat Anda menghadapi kucing yang stres. Kucing stres ini biasanya di akibatkan dengan lingkungannya yang kurang nyaman, dan biasanya semenjak menempati tempay baru ia akan mengalami stres. Memaksanya untuk berpartisipasi dalam perjalanan Anda. Tak heran jika masalah ini sering terjadi karena kucing memang jarang melakukan perjalanan.

Cara menangani kucing yang stres karena perjalanan masih banyak dicari dan dipertanyakan. Ini di sebabkan banyak orang yang belum tau bagaimana cara menghadapi kucing yang stres. Berikut cara untuk mengatasi kucing yang stres akibat perjalanan panjang:

Istirahat

Saat Anda tiba dan kucing Anda merasa stres karena bepergian, biarkan ia beristirahat. Beri diri Anda waktu untuk menenangkan diri, tanpa gangguan apa pun. Karena saat kucing stres, perlu ketenangan dan istirahat.

Sediakan tempat yang nyaman

Jangan lupa juga sediakan tempat yang nyaman, karena kondisi kucing yang stres membutuhkan rangsangan yang benar-benar bisa menaklukkannya. Terkadang kucing yang stres tidak mau didekati dan sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu karena setelah perjalanan perlu istirahat, maka sediakan tempat tidur yang nyaman. Berikut cara membuat kucing betah di kandang yang bisa Anda terapkan.

Sering dibelai

Jangan lakukan itu karena kucing yang stres mengabaikan Anda dan pergi. Memang, pada saat-saat seperti ini, kucing perlu bersikap tenang, tetapi bukan berarti mereka tidak membutuhkan perhatian. Padahal, cinta majikan sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan. Jadi rawat dia dari waktu ke waktu dan tunjukkan bentuk kasih sayang Anda padanya.

Bawa ke dokter

Cara efektif untuk mengatasi stres dari kucing adalah dengan membawanya ke dokter. Ini merupakan salah satu langkah terbaik untuk anda merawat kucing anda. Dokter hewan akan lebih paham apa yang harus di berikan kepada si kucing dan bagaimana cara untuk mengetahuinya. Plus, Anda juga akan mendapatkan nasihat terbaik darinya. Mungkin dokter juga akan memberi Anda vaksin untuk mengatasi stres.

Beri vitamin

Nah, masih banyak lagi yang perlu Anda ketahui di sini, yaitu memberinya vitamin. Kucing yang stres sangat membutuhkan perawatan dan penanganan yang intensif karena jika diabaikan, mereka mungkin tidak mau makan dan akhirnya mati. Anda bisa membeli vitamin ini di Pet Shop dengan cara mengecek kondisi asli kucing Anda. Ada beberapa jenis vitamin yang bisa diberikan, mulai dari vitamin untuk kucing sakit, vitamin untuk kucing nafsu makan, hingga vitamin untuk kucing hamil.

Beri susu

Berilah susu di dekatnya, meskipun tidak akan langsung di minum, namun saat anda meninggalkannya ia akan meminumnya. Kenapa harus susu? Karena dengan memberikannya dalam bentuk air, kucing akan semakin haus, dan ASI bisa menggumpal di perut karena nafsu makannya mulai berkurang.