Kumpulan Teori Tentang Sel dari Para Ahli (Beserta Tahunnya)

Sel sendiri merupakan tingkatan terendah dari organisme. Agar lebih mudah memahami apa itu sel maka berikut kumpulan teori-teori tentang sel:

struktur sel makhluk hidup

Bentuk sel dapat terlihat di bawah mikroskop dengan pergerakan yang kaku seperti benda mati. Namun sebenarnya di dalam sel memiliki banyak proses kegiatan bahkan kegiatan sehari-hari terjadi pada tingkat sel. Untuk teori tentang sel juga berbeda-beda untuk memudahkan pemahaman tentang sel.

Sel itu hidup dan saling bekerja satu sama lain untuk menjalankan fungsi tertentu. Kumpulan sel akan membentuk jaringan dan kumpulan jaringan akan membentuk organ. Organ tersebut akan membentuk organisme baru. 

7 Teori Tentang Sel

Sel sendiri merupakan tingkatan terendah dari organisme. Agar lebih mudah memahami apa itu sel maka berikut kumpulan teori-teori tentang sel:

  1. Teori sel Robert Hooke (1653-1703)

Robert Hooke merupakan seorang polymath Inggris yang memiliki peran penting dalam revolusi ilmiah baik melalui teoritis dan eksperimen. Pada tahun 1665, Robert Hooke mengamati sayatan gabus batang Quercus suber dengan menggunakan mikroskop. Ruang-ruang kosong yang terlihat dinamakan sel atau cellulae. Sel yang ditemukan ini telah mati. Sejak penemuan ini banyak yang mulai berlomba mencari tahu tentang sel.

  1. Teori sel Antony van Leeuwenhoek (1632-1723)

Antony van Leeuwenhoek atau Antonie Philips van Leeuwen hoek merupakan seorang ilmuwan Belanda yang berasal dari Delft. Ia disebut sebagai “bapak biologi” dan juga dianggap sebagai mikrobiolog pertama. Leeuwenhoek merancang mikroskop kecil berlensa tunggal.

Mikroskop tersebut kemudian digunakan untuk mengamati air rendaman jerami. Ia menemukan organisme yang bergerak di dalam air yang disebut bakteri. Leeuwenhoek menjadi orang pertama yang menemukan sel hidup. 

struktur sel makhluk hidup
struktur sel makhluk hidup
  1. Teori sel Robert Brown (1733-1858)

Robert Brown adalah seorang botanis Skotlandia yang menemukan inti sel dan aliran sitoplasma. Peningkatan desain lensa membuat sel menjadi lebih fokus untuk diamati. Robert Brown mengamati bahwa ada titik buram yang ada pada sel polen, sel telur, atau serbuk sari. Brown mengamati struktur sel jaringan tanaman anggrek dan melihat benda kecil terapung di dalam sel yang kemudian diberi nama nukleus atau inti sel. Inti sel berperan dalam mengatur proses di dalam sel. 

  1. Teori sel Matthias Schleiden (1804-1881)

Schleiden adalah seorang ahli botani Jerman dan pendiri teori sel bersama dengan Rudolf Virchow dan Theodor Schwann. Setelah mengamati tubuh tumbuhan, ia menemukan bahwa di dalam tubuh tumbuhan terdapat banyak sel. Jadi ia menyimpulkan bahwa sel merupakan satuan terkecil di tumbuhan. Dalam hasil penelitannya ia menyimpulkan bahwa setiap sel tanaman mengarah ke kehidupan ganda.

Lihat pula: Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

  1. Teori sel Theodor Schwann (1810-1882)

Schwann merupakan seorang ahli fisiologi dan ahli zoologi asal Jerman. Schwann melakukan penelitian terhadap hewan dan melihat di dalam tubuh hewan tersusun dari banyak sel dan menyimpulkan sel merupakan satuan terkecil dari tubuh hewan. Ia juga menyimpulkan bahwa unit terkecil penyusun setiap makhluk hidup yaitu sel.

  1. Teori sel Rudolf Virchow (1821-1902)

Virchow merupakan seorang dokter, sejarahwan, patologis, ahli biologi, dan politikus Jerman. Virchow dikenal akan penemuannya bahkan merupakan orang pertama yang mengenal leukemia. Ia juga mengemukakan bahwa unit pertumbuhan terkecil makhluk hidup yaitu sel yang menjalankan fungsi kehidupan serta ikut mengalami pertumbuhan. 

  1. Teori sel Max Schultze (1825-1874)

Schultze menegaskan bahwa dasar-dasar fisik kehidupan yaitu protoplasma. Protoplasma juga merupakan bagian penting sel karena merupakan tempat terjadinya reaksi kimia dan proses hidup. Dari pendapat beberapa ahli tentang sel maka muncul teori tentang sel yaitu merupakan unit hereditas, sel merupakan unit fungsional makhluk hidup, sel merupakan struktural makhluk hidup, sel merupakan unit reproduksi makhluk hidup.