Isi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) 2018

SN Dikti (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) adalah satuan standar yang meliputi Standar Nasional Pendidikan, Standar Nasional Penelitian, dan Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. Standar Nasional Pendidikan (SNP) merupakan kriteria minimal mengenai pembelajaran di perguruan tinggi seluruh wilayah hukum NKRI.

Standar Nasional Penelitian merupakan kriteria minimal tentang sistem penelitian di perguruan tinggi seluruh wilayah hukum NKRI. Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat adalah kriteria minimal tentang sistem pengabdian kepada masyarakat pada perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum NKRI.

Portal Dikti

Tujuan SN Dikti

  • Standar Nasional Pendidikan Tinggi bertujuan untuk menjamin agar tujuan pendidikan tinggi tercapai yang memiliki peran strategis dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menerapkan nilai pembudayaan, pemberdayaan, dan humaniora bangsa Indonesia yang berkelanjutan. 
  • Menjamin agar pembelajaran program studi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di wilayah hukum NKRI dapat mencapai mutu dan kualitas sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam SN Dikti.
  • Mendorong agar seluruh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum NKRI dapat mencapai mutu dan kualitas pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat hingga mencapai kriteria dalam SN Dikti secara berkelanjutan. 

Lihat pula: Portal Jasa Bea Cukai

Standar Nasional Pendidikan Tinggi wajib:

  • Dijalankan dan dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  • Sebagai dasar untuk memberikan izin pembukaan program studi dan pendirian perguruan tinggi. 
  • Sebagai dasar penyelenggaraan pembelajaran berdasarkan kurikulum program studi. 
  • Sebagai dasar penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat dan juga penelitian.
  • Sebagai dasar penyelenggaraan dan pengembangan sistem penjaminan mutu internal.
  • Sebagai dasar penetapan kriteria sistem penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi. 

Standar Nasional Pendidikan

Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi lulusan yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan. Rumusan ini wajib memiliki kesetaraan dengan jenjang kualifikasi KKNI dan mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan KKNI. 

Portal SINDE Persuratan Kemdikbud

Standar Kompetensi Lulusan digunakan dalam pengembangan standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, dan standar pembiayaan pembelajaran.

Standar Nasional Penelitian

Standar hasil penelitian merupakan kriteria minimal tentang mutu hasil penelitian. Hasil penelitian harus diarahkan agar dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan daya saing bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian juga harus mampu memenuhi ketentuan dan peraturan di perguruan tinggi dan memenuhi CP lulusan. 

Hasil penelitian wajib disebarluaskan baik itu dengan cara dipublikasikan, diseminarkan, dipatenkan, atau cara lain yang dapat digunakan namun dengan ketentuan bahwa hasil penelitian tidak bersifat rahasia.

Untuk proses penelitian meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Untuk penilaian proses dan hasil penelitian dilakukan secara terintegrasi dengan prinsip penilaian yang edukatif, objektif, akuntabel, dan transparan. 

Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Standar hasil pengabdian kepada masyarakat merupakan kriteria dalam menerapkan, mengamalkan, dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Hasil pengabdian kepada masyarakat meliputi penyelesaian masalah, bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, modul pelatihan, dan pemanfaatan teknologi.

Cara Verval Data PTK Kemdikbud

Ketentuan tentang SN Dikti untuk pendidikan jarak jauh, pendidikan program studi diluar domisili, program pendidikan yang membutuhkan pengaturan khusus, dan akademi komunitas diatur dengan Peraturan Menteri.