3 Pembagian Wilayah dalam Olah Raga Sepak Bola

pembagian daerah dalam sepakbola

Bisa dikatakan, sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat digemari di berbagai belahan dunia. Tidak hanya pria, kaum wanita pun kini sudah selangkah lebih dekat dengan permainan sepak bola. Buktinya, selain banyaknya animo penonton wanita yang datang saat pertandingan sepak bola, kini sepak bola wanita pun ada dan cukup banyak negara yang menyelenggarakan kompetisi secara resmi.

Tentu, ada cukup banyak hal yang akan ditemui ketika berbincang mengenai sepak bola. Namun, ada salah satu dasar permainan sepak bola yang tentu harus dipahami dengan baik, terutama untuk mereka yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap olahraga satu ini. Nah, hal tersebut adalah daerah permainan sepak bola.

Pernah mendengar hal tersebut sebelumnya?

Beberapa Pembagian Daerah Permainan Sepak Bola

Seperti namanya, daerah permainan sepak bola adalah wilayah di mana permainan akan dilakukan. Lebih dari itu, daerah ini juga nantinya menjadi tolak ukur strategi dan juga formasi yang akan digunakan dalam permainan sepak bola. 

Secara singkat, penguasaan tim sepak bola pada daerah permainan akan berpengaruh besar pada bagaimana strategi bisa berjalan dan kemenangan akan bisa diraih. Juga, pemahaman daerah permainan yang baik, bagi pelatih, akan menguntungkannya untuk menerapkan pola bertahan dan menyerang yang tidak terbaca lawan.

Lihat pula: DLS 2021, Gamenya Pecinta Sepak Bola

Adapun beberapa daerah dalam permainan sepak bola berikut penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Daerah pertahanan

Seperti namanya, daerah pertahanan adalah daerah permainan sepak bola yang berisi pemain-pemain belakang, seperti kiper dan bek atau defender. Tentu, zona ini merupakan area bertahan dari tim lawan yang melakukan serangan. Dengan demikian, tugas pemain-pemain yang berada di daerah permainan sepak bola ini ialah mempertahankan gawang agar tidak kebobolan.

Dalam sepak bola modern, daerah pertahanan juga berfungsi sebagai zona membangun serangan. Ada cukup banyak strategi menyerang yang dimulai dari daerah pertahanan, seperti build up yang mengandalkan umpan pendek dan kecepatan para pemain atau counter attack yang mengandalkan umpan panjang dari pemain belakang langsung ke penyerang,

  1. Daerah tengah

Daerah atau lini tengah dalam permainan sepak bola adalah bagian yang bisa dikatakan paling krusial. Di daerah inilah terjadi pertemuan secara langsung pemain dari kedua tim yang sedang bertanding. Bisa dikatakan jika tim mana yang menguasai daerah tengah, maka memiliki peluang menang yang lebih besar.

Hal ini tentu saja wajar. Lini tengah merupakan penghubung dari daerah pertahanan ke daerah penyerangan. Oleh karenanya, daerah ini berisi pemain-pemain sepak bola yang memiliki determinasi dan kreativitas tinggi, terutama dalam membangun serangan yang mematikan.

Tidak hanya itu, daerah tengah juga merupakan lini awal untuk bertahan atau memutus serangan lawan. Oleh karenanya, ada gelandang bertahan yang menempati posisi paling belakang dari zona tengah sebuah tim dan memiliki tugas untuk memutus serangan sebelum masuk ke daerah pertahanan.

  1. Daerah penyerangan

Daerah penyerangan atau lini serang adalah ujung tombak dalam permainan sepak bola. Tentu saja, daerah ini berisi pemain dengan tipikal menyerang dari sebuah tim yang tugas utamanya adalah mencetak gol untuk memenangkan pertandingan.

Lini ini membutuhkan penyerang dengan berbagai tipikal tergantung dari strategi yang digunakan pelatih. Misalnya saja, untuk strategi dengan target man, maka dibutuhkan penyerang dengan fisik yang kuat untuk bisa memenangi duel di udara. Sementara untuk strategi winger attack, dibutuhkan penyerang yang lihai dalam hal kecepatan.

Nah, beberapa poin di atas adalah pembagian permainan sepak bola yang cukup penting untuk diketahui. Dengan mengetahui beberapa pembagian tadi, kini Anda bisa membuat formasi dan memilih strategi yang tepat untuk memenangkan setiap permainan!