Mengenal Persebaran Fauna di Indonesia: Pembagian dan Ciri-cirinya

Taukah sobat bahwa Indonesia mendapatkan julukan gudang botani dunia serta negara megabiodiversity ? Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki kekayaan flora, fauna, serta mikroorganisme dengan jumlah yang sangat tinggi, sangat membanggakan sekali ya sobat. Berikut adalah penjelasannya, harap disimak dengan baik ya.

Lihat juga: Contoh Kerangka Makalah Ilmiah yang Baik dan Benar

1. Pengertian Garis Wallace dan Garis Weber

Garis Wallace dan Garis Weber
Garis Wallace dan Garis Weber

Sobat, garis wallace dan garis weber merupakan garis khayal yang melintasi Indonesia serta menyebabkan adanya perbedaan persebaran wilayah geografi fauna. Berikut adalah penjelasan terkait garis wallace dan garis weber.

1.1 Garis Wallace

Garis wallace merupakan hasil temuan seorang zoologi asal Inggris yakni, Alfred Russel Wallace yang merupakan sebuah garis khayal yang membentang dan membagi wilayah geografi fauna asia dan fauna australia.

Alfred Russel Wallace
Alfred Russel Wallace – Sumber : goodnewsfromindonesia

Wilayah yang dilintasi antara lain kepulauan melayu, antara kalimantan dan sulawesi, antara bali yang berada di sebelah barat dan lombok di sebelah timur.

1.2 Garis Weber

Garis weber adalah garis khayal yang membentang dari utara ke selatan antara maluku dengan papua, dan antara NTT dengan Australia serta berada diantara pembagian wilayah geografi fauna asia dan fauna australia.

Max Carl Wilhelm Weber
Max Carl Wilhelm Weber – Sumber: Wikipedia

Garis ini ditemukan oleh Max Carl Wilhelm Weber seorang zoologi asal Jerman.

2. Pembagian dan Persebaran Fauna di Indonesia

Selain pembagian waktu (WIB, WITA, WIT), di Indonesia juga terjadi persebaran fauna. Persebaran tersebut dipengaruhi oleh unsur geografis, dimana Indonesia berada diantara benua Asia dan Australia. Dan berikut adalah pembagian wilayah persebaran fauna berdasarkan garis wallace dan garis weber.

2. 1 Fauna di Bagian Barat Indonesia (Asiatis)

Fauna Asiatis
Fauna Asiatis

Wilayah bagian barat dibatasi oleh garis khayal wallace dan kawasan yang termasuk di dalamnya ialah sumatra, borneo, dan jawa. Di kawasan ini banyak sekali ditemui beraneka ragam jenis hewan oriental atau fauna asiatis.

Ciri-ciri Fauna Asiatis:

  1. Termasuk dalam golongan mamalia.
  2. Memiliki ukuran yang besar.
  3. Merupakan satwa endemik.
  4. Beraneka ragam kera.
  5. Beraneka ragam ikan air tawar.

Contoh : Harimau sumatra, badak bercula satu, banteng jawa, orang utan, merak hijau, burung jalak bali.

2.2 Fauna di Bagian Tengah Indonesia (Peralihan)

Fauna Peralihan
Fauna Peralihan

Kawasan peralihan merupakan kawasan yang berada diantara bagian timur dan barat, kawasan ini sering disebut kawasan wallacea.

Yang termasuk kawasan peralihan ialah sulawesi, maluku, sumbawa, sumba, lombok, dan timor. Di kawasan ini pula terjadi percampuran antara fauna asiatis dan fauna australis dengan ratio seimbang yakni 50:50, yang disebut fauna peralihan.

Ciri-ciri Fauna Peralihan:

  1. Memiliki beraneka ragam jenis reptil.
  2. Hewan endemik.
  3. Memiliki beberapa fauna yang mirip dengan fauna australis.
  4. Terdapat hewan yang hampir punah.
  5. Memiliki binatang purba yang masih bertahan

Contoh: marsupialia, burung pelatuk, kodomo,anoa, kakaktua putih, burung maleo, babi rusa.

2.3 Fauna di Bagian Timur Indonesia (Australis)

Fauna Australis
Fauna Australis

Bagian timur indonesia banyak dihuni oleh beraneka ragam jenis satwa australis, kawasan yang termasuk ialah papua dan beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Ciri-ciri Fauna Australis:

  1. Termasuk dalam golongan mamalia.
  2. Memiliki ukuran yang kecil.
  3. Merupakan satwa endemik.
  4. Hanya memiliki sedikit jenis ikan air tawar.
  5. Memiliki hewan berkantong

Contoh: Kangguru, cendrawasih, burung kaswari, burung kasturi raja, walabi, buaya irian

Contoh Soal dan Pembahasan

1. Persebaran fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 wilayah, yakni bagian barat, bagian peralihan, dan bagian timur.

Berikan contoh hewan khas dari ketiga wilayah persebaran tersebut.

Jawab:

  1. Fauna bagian timur: Harimau sumatra, badak bercula satu, banteng jawa, orang utan, merak hijau, burung jalak bali.
  2. Fauna bagian peralihan: marsupialia, burung pelatuk, kodomo,anoa, kakaktua putih, burung maleo, babi rusa.
  3. Fauna bagian barat: Kangguru, cendrawasih, burung kaswari, burung kasturi raja, walabi, buaya irian.

2. Sebutkan ciri-ciri dari hewan asiatis dan hewan australis.

Jawab:

Ciri-ciri Hewan AsiatisCiri-ciri Hewan Australis
✨ Termasuk dalam golongan mamalia✨ Termasuk dalam golongan mamalia
✨ Memiliki ukuran yang besar    ✨ Memiliki ukuran yang kecil
✨ Merupakan satwa endemik✨ Merupakan satwa endemik
✨ Beraneka ragam kera✨ Hanya memiliki sedikit jenis ikan air tawar
✨ Beraneka ragam ikan air tawar✨ Memiliki hewan berkantong

Nah itulah penjelasan terkait Persebaran Fauna di Indonesia, namun sangat disayangkan ada beberapa jenis hewan langka yang terancam punah.

Sebagai penerus bangsa ini sudah menjadi kewajiban kita nih sobat untuk menjaga keanekaragaman satwa di indonesia. Yuk sobat kita jaga baik-baik agar kelak anak cucu kita bisa melihat kekayaan satwa Indonesia.

Apps.Evozi – APK Downloader yang Aman Langsung dari Google Play Store

Jumlah aplikasi yang tersedia atau available di dunia ini sangat banyak. Jenisnya juga beragam mulai dari aplikasi music, pendidikan, games, ebook dan sebagainya. Masalahnya, Anda tidak dapat mengunduh aplikasi dalam format APK dari web Google Play Store. Untuk mengatasi masalah ini, hadir apps.evozi.com yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan file APK resmi dari Google Play Store hanya dengan memasukkan link aplikasi tersebut.

Apa itu Evozi?

Evozi adalah apk downloader yang dapat Anda manfaatkan untuk memuluskan proses download dan pemasangan aplikasi file apk pada laptop. Platform ini menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna laptop karena file apk yang diambil berasal dari sumber utama bukan pihak ketiga. 

APK Downloader Apps.Evozi.com

Otomatis, file apk yang terpasang pada laptop tidak menyebabkan timbunan virus yang dapat merusak keseimbangan sistem komputer. Lantas, membuat laptop Anda menjadi lemot atau paling parah rusak. 

Sumber: Review dan Tutorial Download Aplikasi Terbaru

Evozi menawarkan jasa mereka melalui platform online yang dapat Anda akses dari laptop Mac atau Windows. Silahkan Anda salin link akses official site Evosi di apps.evozi.com/apk-downloader

Fitur-Fitur Evozi

Pada dasarnya, platform Evozi sangatlah mudah untuk digunakan. Anda yang baru pertama kali mencoba platform ini tidak akan mengalami kesulitan apa pun. Tapi sebagai bahan rujukan, simak sejumlah fitur menarik yang terdapat pada Evozi berikut. 

  • QR Code

Ingin sharing aplikasi dengan teman atau para sahabat pasca sukses unduh aplikasinya by Evozi? Semua menjadi lebih mudah setelah Anda mengakses fitur QR Code yang tersedia pada platform Evozi. 

QR Code memungkinkan Anda untuk sharing file pada teman-teman sehingga mereka dapat mengunduhnya dengan mudah dan cepat. 

  • One Click Download

Fitur ini membantu Anda mengunduh aplikasi yang diinginkan hanya dalam hitungan detik saja. Terlebih jika jaringan atau hotspot kuota data pada laptop sedang kencang-kencangnya. Cukup dengan satu kali klik saja secara otomatis apk akan terinstal pada memori laptop. 

  • Copy Paste Link Download

Fitur ini yang menjadi kelebihan dari platform Evozi. Di mana, pengguna hanya perlu copy paste link download pada kolom kosong yang tertera di home page Evozi. Alhasil, Anda tidak perlu repot-repot mencari-cari lagi karena bisa menemukan halaman yang dimaksud dengan cepat. 

  • Comment

Fitur yang satu ini banyak dimanfaatkan pengguna Evozi untuk sharing pengalaman setelah berhasil menggunakan platformnya. Cukup klik menu comment yang tersedia di homepage dan otomatis Anda akan di bawa pada halaman komentar atau diskusi. 

Menariknya, komentar yang terekam pada platform Evozi terdiri dari berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Ini menandakan popularitas Evozi yang sudah mendunia. 

Itulah beberapa fitur hebat yang tersemat pada platform Evozi. Silahkan Anda kunjungi official site mereka secara langsung untuk melihat dan merasakan sendiri pengalaman download file apk di laptop. 

Cara Download Apk Di Laptop dengan Evozi

Usai menyimak informasi sebelumnya, penasarankah Anda dengan Evozi? Jika secara kebetulan Anda memiliki sejumlah aplikasi yang ingin diunduh pada laptop tapi tidak terbaca. Silahkan ikuti cara download apk menggunakan Evozi di bawah ini:

  1. Masuk Situs Resmi Evozi

Pertama-tama, silahkan Anda akses terlebih dahulu halaman resmi Evozi. Cukup buka browser di laptop dan salin apps.evozi.com/apk-download. Atau Anda ketikan saja keyword Evozi pada laptop otomatis akan muncul halaman website mereka. 

  1. Temukan Aplikasi Dengan Pilih Play Store

Pada halaman utama tertera kolom kosong untuk mengisi link URL aplikasi file apk. Jika Anda belum memiliki salinan link URL-nya, silahkan pilih Play Store. Secara otomatis, Evozi akan memindahkan Anda pada aplikasi Google Play Store untuk memilih jenis aplikasinya.

  1. Salin Link Aplikasi

Setelah yakin hendak mengunduh dan memasang aplikasi apa. Segera salin link aplikasi. Pastikan link yang Anda salin sudah seluruhnya tidak sebagian. 

  1. Paste Link Pada Kolom Kosong Di Evozi

Tempel link tersebut pada kotok kosong di platform Evozi. Hingga kolom kosong terisi informasi alamat URL aplikasi yang Anda ingin unduh.

  1. Pilih ‘Generate Download Link’

Setelah yakin tidak ada kekeliruan informasi, silahkan Anda pilih ‘Generate Download Link’ Secara otomatis, sistem Evozi akan membaca link URL tersebut dan menampilkan kota dialog baru. 

  1. Pilih ‘Click Here to Download’

Pada kotak dialog tertera berbagai informasi penting mengenai profil aplikasi yang hendak Anda pasang. Mulai dari ukuran file, QR Code, dan sebagainya. Untuk mengunduh aplikasinya silahkan klik ‘Click Here to Download’ 

Dengan fitur one click download, otomatis aplikasi tersebut akan terunduh pada laptop Anda. Selanjutnya, Anda hanya perlu menginstal aplikasi tersebut agar bisa dibuka dan digunakan sesuai fungsinya.

Itulah hal menarik yang bisa kami sampaikan mengenai platform Evozi. Platform ini sangat populer di dunia maya terutama di kalangan pengguna PC. Anda bisa mengunduh aplikasi apa saja dengan cepat dan praktis setiap harinya.

Ciri-ciri dan Fungsi Pembuluh Darah Arteri

Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai pembuluh darah. Ada 3 jenis pembuluh darah pada manusia ada pembuluh darah arteri, kapiler, dan vena.

Dan pada kesempatan ini kita akan bahas salah satunya yaitu pembuluh darah arteri.

[toc]

Tuhan menciptakan tiap umatnya dengan beragam kelebihan dan kekurangan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat, dengan berbagai kegunaan.

Ular yang memiliki sisik pada tubuhnya, membantunya untuk bergerak di bidang datar. Unta diberi punuk guna menyimpan air dan asupan nutrisi agar bertahan hidup di gurun yang gersang.

Begitu pula manusia dengan berbagai panca indra dan organ tubuh yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari.

Tubuh manusia terdiri dari berbagai organ yang memiliki fungsinya masing-masing, yang bekerja dengan teratur guna menunjang kegiatan kita sehari-hari.

Fungsi dan siklus yang terjadi di dalam organ dapat berjalan normal apabila kebutuhan nutrisi dan zat-zat penting penunjang tubuh terpenuhi.

Nutrisi dan zat-zat disalurkan ke seluruh organ sesuai dengan kebutuhannya melalui aliran darah.

Bagaimana caranya?

Pemenuhan kebutuhan nutrisi dan zat-zat penting ke seluruh organ tubuh merupakan salah satu fungsi dari sistem peredaran darah manusia, dengan darah sebagai komponen utama sistem yang rumit ini.

Dalam menyalurkan nutrisi, darah tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu oleh pembuluh darah sebagai medium penyebaran nutrisi.

Pembuluh Darah Arteri, Kapiler, dan Vena
Pembuluh Darah Arteri, Kapiler, dan Vena

Pembuluh darah terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah pembuluh darah arteri.

Apa itu pembuluh darah arteri? Bagaimana organ ini bekerja? Pada artikel kali ini, kami akan membahas definisi, fungsi, dan jenis-jenis pembuluh darah arteri.

Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Pengertian Pembuluh Darah Arteri

Pembuluh darah arteri adalah salah satu jenis pembuluh darah di tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk membawa darah dengan tinggi oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Dengan fungsinya ini, pembuluh arteri memiliki fungsi yang sangat penting untuk kehidupan manusia.

Oksigen yang secara teratur tersedia dalam pembuluh darah arteri membantu manusia untuk tetap sadar penuh ketika menjalani kegiatan sehari-hari.

2. Ciri-Ciri Pembuluh Darah Arteri

Ciri-ciri Pembuluh Darah Arteri
Ciri-ciri Pembuluh Darah Arteri

Pembuluh arteri memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki tekstur yang lebih tebal dibandingkan pembuluh lainnya. Memiliki dinding pembuluh yang terdiri dari tiga lapis. Lapisan terluar memiliki bentuk sel otot yang elastis, lapisan kedua atau lapisan tengah memiliki bentuk sel otot polos, sedangkan lapisan terdalam atau lapisan ketiga berbentuk sel dengan dinding tipis.
  • Pembuluh darah yang berdinding tebal, elastis dan kuat.
  • Hanya memiliki satu katup, dimana pangkal pembuluh darah terletak di dekat jantung, di luar bilik, yakni valvula semilunaris.
  • Saat diraba, denyutnya dapat dirasakan dengan jelas.
  • Tekanan darah yang melewati pembuluh arteri umumnya kuat.
  • Berada di bagian dalam tubuh.
  • Apabila terluka, maka darah akan memancar.
  • Membawa darah bersih.

3. Fungsi Pembuluh Darah Arteri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembuluh darah arteri memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Pembuluh darah arteri memiliki fungsi untuk menyalurkan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Tidak adanya oksigen pada siklus peredaran darah manusia akan menimbulkan berbagai kemunduran fungsi dan tugas organ-organ lain di dalam tubuh.

Kemunduran ini kemudian dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis, dan yang paling buruk, hingga menyebabkan kematian.

Fungsi lain dari pembuluh darah arteri adalah kinerjanya untuk memompa darah keluar dari jantung melalui pembuluh aorta.

Aorta adalah salah satu cabang arteri yang memiliki struktur yang lebih kecil dan menyebar di seluruh tubuh. Saat jantung memompa komponen darah, dinding otot arteri akan otomatis mengembang dan terisi darah.

Ketika jantung dalam posisi relaksasi, pembuluh darah arteri akan mengencang dalam kekuatan cukup kuat guna mendorong darah ke seluruh tubuh, hingga mencapai sirkulasi darah yang efisien.

Oksigen yang dibawa pembuluh darah arteri ke seluruh tubuh sangat membantu organ-organ lain untuk tetap segar dan berfungsi dengan baik.

4. Jenis Pembuluh Darah Arteri

Seperti yang telah disinggung pada fungsinya, pembuluh darah terdiri dari berbagai jenis yang saling mendukung kinerja satu sama lain. Jenis-jenis pembuluh darah arteri antara lain:

  1. Arteri Pulmonalis, jenis pembuluh darah arteri yang dilewati oleh darah dari bilik jantung ke paru-paru. Pembuluh arteri pulmonalis membawa darah kaya karbon dioksida yang nantinya akan dibawa ke paru-paru.
  2. Aorta, apabila arteri pulmonalis membawa darah kaya karbon dioksida, pembuluh aorta membawa darah yang kaya akan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh aorta merupakan pembuluh yang paling besar dalam tubuh manusia.
  3. Arteri Sistematika, jenis pembuluh arteri yang membawa darah ke arteriol, lalu ke pembuluh darah kapiler, sebagai tempat oksigen dan nutrisi dikeluarkan.
  4. Arteriol, jenis pembuluh nadi atau pembuluh arteri terkecil dan berkaitan dengan pembuluh kapiler.

5. Letak Pembuluh Darah Arteri

Sebagai salah satu pendukung organ yang memiliki fungsi penting dalam siklus kinerja organ manusia, letak pembuluh darah arteri dapat dibagi menjadi dua bagian. Yakni pembuluh darah arteri di lengan dan pembuluh darah arteri di kaki. Berikut penjelasannya!

  • Pembuluh Darah Arteri di Lengan

Pembuluh darah arteri yang terletak di lengan atau dapat disebut pembuluh darah arteri di ekstermitas atas sejatinya kelanjutan dari arteri subklavia yang ada pada bagian kepala.

Pembuluh Darah Arteri Brakialis
Pembuluh Darah Arteri Brakialis

Pada saat arteri memasuki bagian axilla atau ketiak, maka arteri akan berubah nama menjadi arteri brakialis. Transisi tersebut terjadi pada letak batas inferior otot teres major.

Setelah melewati bagian tersebut dan sendi siku, maka nama arteri berubah menjadi arteri radialis dan ulnaris.

  • Pembuluh Darah Arteri di Kaki

Pembuluh darah arteri yang terletak pada kaki dapat disebut dengan pembuluh arteri di ekstremitas bawah.

Dari jenis-jenis pembuluh darah arteri yang telah disebutkan sebelumnya, selanjutnya jenis tersebut bercabang-cabang menjadi banyak bagian yang tersebar di seluruh tubuh.

Lokasi Pembuluh Darah Arteri di Kaki
Lokasi Pembuluh Darah Arteri di Kaki

Pembuluh darah arteri yang ada di bagian kaki antara lain arteri femoral, arteri popliteal, arteri anterior tibial, arteri posterior tibial, arteri peroneal, arteri dorsalis pedis dan plantar arch.

6. Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena

  • Berdasarkan Fungsi

Dari segi fungsi, arteri adalah pembuluh darah yang menyalurkan darah kaya dengan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Sedangkan, pembuluh vena memiliki fungsi untuk mengembalikan darah hasil metabolisme atau yang sudah tidak mengandung oksigen kembali ke jantung.

  • Berdasarkan Katup

Faktor satu ini merupakan faktor paling penting untuk membedakan pembuluh arteri dan pembuluh vena.

Pembuluh vena mempunyai katip yang berguna untuk mencegah darah mengalir ke arah yang salah.

Di sisi lain, pembuluh arteri tidak mempunyai katup karena darah yang melewati pembuluh tersebut hanya mengalir satu arah.

Katup paling utama untuk pembuluh vena terletak di bagian tangan dan kaki.

Katup pada dua bagian tubuh tersebut memiliki fungsi untuk ‘menutup akses’ agar darah yang telah dibawa naik ke jantung, tidak turun ke jaringan dan organ lain akibat adanya gaya gravitasi.

Di sisi lain, arteri sebagai penyalur darah yang kaya akan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh tidak memerlukan katup tersebut karena hanya mengalir satu arah.

  • Berdasarkan Percabangan

Pembeda terakhir dari pembuluh arteri dan pembuluh vena adalah percabangan masing-masing pembuluh.

Pembuluh arteri yang terbesar diberi nama aorta. Dari pembuluh aorta ini, darah yang mengandung banyak oksigen disalurkan ke seluruh tubuh melalui cabang-cabang pembuluh yang akan terus mengecil.

Selain itu, pembuluh arteri dan cabang-cabangnya juga memberi asupan oksigen dan asupan darah ke berbagai organ serta jaringan pada tubuh.

Di sisi lan, pembuluh vena tidak mempunyai banyak percabangan.

Pembuluh vena yang menjadi tempat aliran darah tanpa kandungan oksigen dari bagian kepala dan tangan ke jantung, dinamakan vena cava superior.

Sedangkan pembuluh vena yang mengalirkan darah tanpa oksigen dari perit dan kaki, disebut vena cava inferior.

7. Gangguan pada Pembuluh Darah Arteri

Kolesterol, Salah Satu Gangguan pada Pembuluh Darah Arteri
Kolesterol, Salah Satu Gangguan pada Pembuluh Darah Arteri

Referensi lainnya: 5 Obat Rekomendasi Penurun Kolesterol

  • Trombosis Arteri

Sebuah kondisi penyumbatan pembuluh darah arteri yang terbentuk secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat mengganggu aliran darah ke organ-organ lain dan dapat memicu munculnya penyakit kronis lainnya, sehingga harus segera ditangani.

  • Aterosklerosis

Sebuah kondisi terjadinya penumpukan kolesterol atau plak pada dinding pembuluh darah. Adanya penumpukan yang terjadi di otak, leher atau jantung selanjutnya dapat menjadi pemicu penyakit stroke, hingga serangan jantung.

  • Arteri Koroner

Sebuah kondisi lanjutan aterosklerosis yang dapat menjadi pemicu serangan jantung.

  • Stroke

Penyakit stroke dapat muncul ketika kondisi suplai darah ke otak terhenti. Kondisi ini dipicu adanya gumpalan darah muncul secara tiba-tiba di bagian pembuluh arteri yang berfungsi mengalirkan darah ke otak, atau ketika adanya kondisi arteri di bagian otak pecah.

  • Serangan Jantung

Sebuah kondisi yang dipicu oleh gumpallan darah yang terbentuk tiba-tiba pada pembuluh arteri. Serangan jantung termasuk dalam kategori darurat medis yang harus segera ditangani oleh tenaga medis dalam kurun waktu yang terbatas.

Transfer Pulsa XL ke Telkomsel, Masih Bisa kah?

XL salah satu provider seluler terbesar di Indonesia, memiliki layanan transfer pulsa yang memungkinkan pelanggan bisa mengirimkan pulsa ke sesama XL dan antar operator seperti Telkomsel. Cara transfer pulsa dari XL ke Telkomsel sangat mudah, ada beberapa cara yang bisa dipilih sesuai kenyamanan Anda.

Cara transfer pulsa XL ke Telkomsel bisa dilakukan melalui aplikasi mobile, SMS maupun kode USB. Jangan khawatir, semua cara seharusnya bisa Anda, kecuali Anda salah input nomor, yang membuat pulsa bisa nyasar dari nomor wa web tujuan.

Artikel ini merupakan tips lawas, tidak ada jaminan cara yang dijelaskan dibawah masih berlaku hingga saat ini.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa XL ke Telkomsel

Sebelum Anda transfer pulsa dari XL ke Telkomsel atau operator lainnya, ada beberapa kebijakan, syarat dan ketentuan yang harus dipahami. Ini berkaitan dengan biaya transfer, nominal transfer minimal/maksimal, penambahan masa aktif dan lain sebagainya.

Berikut syarat dan ketentuan yang diterapkan XL tentang transfer pulsa sesama dan antar operator:

  • Setidaknya saldo pulsa minimal adalah Rp5.000,00 setelah transfer pulsa dilakukan, jadi jika Anda ingin transfer pulsa Rp20.000,00 pastikan saldo Anda masih sekitar Rp30.000,00.
  • Pelanggan hanya bisa mengirim pulsa maksimal Rp1.000.000,00 dalam sehari.
  • Pelanggan hanya bisa transfer pulsa sebanyak 20 kali dalam sehari.

Terkait dengan biaya, XL menerapkan biaya yang berbeda-beda tergantung nominal pulsa yang ditransfer, rinciannya adalah sebagai berikut:

Contoh gift pulsa XL
Contoh gift pulsa XL
Nominal PulsaMasa AktifBiaya
Rp1.000,00-Rp2.999,001 HariRp1.000,00
Rp3.000,00-Rp9.999,003 HariRp1.000,00
Rp10.000,00-Rp24.999,005 HariRp1.000,00
Rp25.000,00-Rp49.999,0010 HariRp1.000,00
Rp50.000,00-Rp99.999,0015 HariRp1.500,00
Rp100.000,00-Rp200.000,0030 HariRp2.000,00
Rp200.000,00-Rp300.000,0030 HariRp3.000,00
Rp300.000,00-Rp500.000,0060 HariRp5.000,00
Rp500.000,00-Rp1.000.000,0060 HariRp6.000,00
Ketentuan transfer pulsa XL

Nah, jika semua syarat dan ketentuan transfer pulsa XL ke Telkomsel di atas bisa Anda penuhi, maka transfer pulsa baru bisa dilakukan. Pastikan Anda menginput nomor tujuan dengan benar, agar tidak terjadi kesalahan.

Cara Transfer Pulsa XL ke Telkomsel

1. Transfer Pulsa Melalui SMS

Cara transfer pulsa dari XL ke Telkomsel pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan SMS. Cara ini sangat mudah dan tidak mengharuskan Anda memiliki paket internet atau mengkoneksikan smartphone dengan Wi-Fi.

Jadi Anda bisa melakukan cara ini kapan dan di mana saja karena tidak tergantung dengan sinyal internet. Namun begitu pastikan smartphone tetap terhubung dengan sinyal, meskipun itu 2G, karena untuk SMS tetap butuh sinyal.

Berikut cara transfer pulsa dari XL ke Telkomsel (atau operator lain) dengan SMS:

  • Pertama buka menu SMS terlebih dahulu.
  • Selanjutnya ketikkan pesan dengan format “Bagi (spasi) Nomor Tujuan (spasi) Nominal Pulsa yang akan ditransfer”, contohnya “Bagi 087751513456 10000”.
  • Cek dulu apakah nomor tujuan dan nominal pulsa sudah sesuai dengan keinginan, jika sudah kirim SMS tersebut ke nomor 168.
  • Tunggu beberapa saat hingga pesan tersebut dibalas oleh operator, untuk mengkonfirmasinya Anda bisa ketik “Y” lalu kirim.
  • Selesai, nanti akan ada balasan lagi dari nomor 168 yang memberitahukan bahwa transfer pulsa telah diproses dan berhasil dilakukan.

2. Transfer Pulsa dengan Kode USSD

Berikutnya Anda bisa menggunakan kode USSD di menu dial untuk transfer pulsa dari XL ke Telkomsel. Seperti cara sebelumnya, menggunakan kode USSD ini hanya membutuhkan sinyal biasa dan tidak mengharuskan Anda memiliki paket internet atau tersambung ke Wi-Fi.

Berikut bisa Anda pelajari tutorialnya:

  • Pertama buka menu dial atau panggilan di smartphone.
  • Selanjutnya ketikkan serangkaian kode USSD di papan dial, yaitu *123# lalu klik “Call” atau Panggil” (kode telepon).
  • Setelahnya akan ada menu yang pop up, Anda pilih menu “Mpulsa” lalu tekan “OK”.
  • Di menu selanjutnya pilih “Bagi pulsa” lalu klik “OK” lagi.
  • Sekarang masukkan nomor tujuan yang ingin dikirimi pulsa sekaligus nominal pulsa yang diinginkan, jika sudah benar klik “OK”.
  • Terakhir, tunggu transfer pulsa selesai diproses, jika sudah akan ada notifikasi bahwa transfer pulsa berhasil dilakukan.

3. Transfer Pulsa Lewat Aplikasi

Anda juga bisa transfer pulsa melalui aplikasi, yaitu MyXL, aplikasi mobile penuh manfaat untuk pelanggan XL. Selain bisa bagi atau transfer pulsa, aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk cek pulsa, kuota, top up pulsa, top up paket data, cek promo dan masih banyak lagi.

Berikut cara transfer pulsa dari XL ke Telkomsel mudah dengan MyXL:

  • Pertama download aplikasi MyXL terlebih dahulu dari Google Play.
  • Pastikan smartphone terhubung dengan internet, jika sudah, buka MyXL dan lakukan regristasi dengan nomor XL.
  • Setelah pendaftaran berhasil, lanjutkan login ke MyXL dan pilih menu Bagi pulsa.
  • Selanjutnya input nomor Telkomsel yang akan dikirimi beserta besaran pulsa, jika sudah klik “OK” untuk konfirmasi.
  • Terakhir, Anda hanya butuh menunggu hingga pulsa diproses dan dikirim ke nomor tujuan.

Selesai, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika berada dalam keadaan darurat dan butuh menghubungi orang lain. Dengan layanan transfer pulsa XL ke Telkomsel ini, Anda bisa menolong teman yang sedang membutuhkan.

3 Pembagian Wilayah dalam Olah Raga Sepak Bola

Bisa dikatakan, sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat digemari di berbagai belahan dunia. Tidak hanya pria, kaum wanita pun kini sudah selangkah lebih dekat dengan permainan sepak bola. Buktinya, selain banyaknya animo penonton wanita yang datang saat pertandingan sepak bola, kini sepak bola wanita pun ada dan cukup banyak negara yang menyelenggarakan kompetisi secara resmi.

Tentu, ada cukup banyak hal yang akan ditemui ketika berbincang mengenai sepak bola. Namun, ada salah satu dasar permainan sepak bola yang tentu harus dipahami dengan baik, terutama untuk mereka yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap olahraga satu ini. Nah, hal tersebut adalah daerah permainan sepak bola.

Pernah mendengar hal tersebut sebelumnya?

Beberapa Pembagian Daerah Permainan Sepak Bola

Seperti namanya, daerah permainan sepak bola adalah wilayah di mana permainan akan dilakukan. Lebih dari itu, daerah ini juga nantinya menjadi tolak ukur strategi dan juga formasi yang akan digunakan dalam permainan sepak bola. 

Secara singkat, penguasaan tim sepak bola pada daerah permainan akan berpengaruh besar pada bagaimana strategi bisa berjalan dan kemenangan akan bisa diraih. Juga, pemahaman daerah permainan yang baik, bagi pelatih, akan menguntungkannya untuk menerapkan pola bertahan dan menyerang yang tidak terbaca lawan.

Lihat pula: DLS 2021, Gamenya Pecinta Sepak Bola

Adapun beberapa daerah dalam permainan sepak bola berikut penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Daerah pertahanan

Seperti namanya, daerah pertahanan adalah daerah permainan sepak bola yang berisi pemain-pemain belakang, seperti kiper dan bek atau defender. Tentu, zona ini merupakan area bertahan dari tim lawan yang melakukan serangan. Dengan demikian, tugas pemain-pemain yang berada di daerah permainan sepak bola ini ialah mempertahankan gawang agar tidak kebobolan.

Dalam sepak bola modern, daerah pertahanan juga berfungsi sebagai zona membangun serangan. Ada cukup banyak strategi menyerang yang dimulai dari daerah pertahanan, seperti build up yang mengandalkan umpan pendek dan kecepatan para pemain atau counter attack yang mengandalkan umpan panjang dari pemain belakang langsung ke penyerang,

  1. Daerah tengah

Daerah atau lini tengah dalam permainan sepak bola adalah bagian yang bisa dikatakan paling krusial. Di daerah inilah terjadi pertemuan secara langsung pemain dari kedua tim yang sedang bertanding. Bisa dikatakan jika tim mana yang menguasai daerah tengah, maka memiliki peluang menang yang lebih besar.

Hal ini tentu saja wajar. Lini tengah merupakan penghubung dari daerah pertahanan ke daerah penyerangan. Oleh karenanya, daerah ini berisi pemain-pemain sepak bola yang memiliki determinasi dan kreativitas tinggi, terutama dalam membangun serangan yang mematikan.

Tidak hanya itu, daerah tengah juga merupakan lini awal untuk bertahan atau memutus serangan lawan. Oleh karenanya, ada gelandang bertahan yang menempati posisi paling belakang dari zona tengah sebuah tim dan memiliki tugas untuk memutus serangan sebelum masuk ke daerah pertahanan.

  1. Daerah penyerangan

Daerah penyerangan atau lini serang adalah ujung tombak dalam permainan sepak bola. Tentu saja, daerah ini berisi pemain dengan tipikal menyerang dari sebuah tim yang tugas utamanya adalah mencetak gol untuk memenangkan pertandingan.

Lini ini membutuhkan penyerang dengan berbagai tipikal tergantung dari strategi yang digunakan pelatih. Misalnya saja, untuk strategi dengan target man, maka dibutuhkan penyerang dengan fisik yang kuat untuk bisa memenangi duel di udara. Sementara untuk strategi winger attack, dibutuhkan penyerang yang lihai dalam hal kecepatan.

Nah, beberapa poin di atas adalah pembagian permainan sepak bola yang cukup penting untuk diketahui. Dengan mengetahui beberapa pembagian tadi, kini Anda bisa membuat formasi dan memilih strategi yang tepat untuk memenangkan setiap permainan!

Kumpulan Teori Tentang Sel dari Para Ahli (Beserta Tahunnya)

Sel sendiri merupakan tingkatan terendah dari organisme. Agar lebih mudah memahami apa itu sel maka berikut kumpulan teori-teori tentang sel:

Bentuk sel dapat terlihat di bawah mikroskop dengan pergerakan yang kaku seperti benda mati. Namun sebenarnya di dalam sel memiliki banyak proses kegiatan bahkan kegiatan sehari-hari terjadi pada tingkat sel. Untuk teori tentang sel juga berbeda-beda untuk memudahkan pemahaman tentang sel.

Sel itu hidup dan saling bekerja satu sama lain untuk menjalankan fungsi tertentu. Kumpulan sel akan membentuk jaringan dan kumpulan jaringan akan membentuk organ. Organ tersebut akan membentuk organisme baru. 

7 Teori Tentang Sel

Sel sendiri merupakan tingkatan terendah dari organisme. Agar lebih mudah memahami apa itu sel maka berikut kumpulan teori-teori tentang sel:

  1. Teori sel Robert Hooke (1653-1703)

Robert Hooke merupakan seorang polymath Inggris yang memiliki peran penting dalam revolusi ilmiah baik melalui teoritis dan eksperimen. Pada tahun 1665, Robert Hooke mengamati sayatan gabus batang Quercus suber dengan menggunakan mikroskop. Ruang-ruang kosong yang terlihat dinamakan sel atau cellulae. Sel yang ditemukan ini telah mati. Sejak penemuan ini banyak yang mulai berlomba mencari tahu tentang sel.

  1. Teori sel Antony van Leeuwenhoek (1632-1723)

Antony van Leeuwenhoek atau Antonie Philips van Leeuwen hoek merupakan seorang ilmuwan Belanda yang berasal dari Delft. Ia disebut sebagai “bapak biologi” dan juga dianggap sebagai mikrobiolog pertama. Leeuwenhoek merancang mikroskop kecil berlensa tunggal.

Mikroskop tersebut kemudian digunakan untuk mengamati air rendaman jerami. Ia menemukan organisme yang bergerak di dalam air yang disebut bakteri. Leeuwenhoek menjadi orang pertama yang menemukan sel hidup. 

struktur sel makhluk hidup
struktur sel makhluk hidup
  1. Teori sel Robert Brown (1733-1858)

Robert Brown adalah seorang botanis Skotlandia yang menemukan inti sel dan aliran sitoplasma. Peningkatan desain lensa membuat sel menjadi lebih fokus untuk diamati. Robert Brown mengamati bahwa ada titik buram yang ada pada sel polen, sel telur, atau serbuk sari. Brown mengamati struktur sel jaringan tanaman anggrek dan melihat benda kecil terapung di dalam sel yang kemudian diberi nama nukleus atau inti sel. Inti sel berperan dalam mengatur proses di dalam sel. 

  1. Teori sel Matthias Schleiden (1804-1881)

Schleiden adalah seorang ahli botani Jerman dan pendiri teori sel bersama dengan Rudolf Virchow dan Theodor Schwann. Setelah mengamati tubuh tumbuhan, ia menemukan bahwa di dalam tubuh tumbuhan terdapat banyak sel. Jadi ia menyimpulkan bahwa sel merupakan satuan terkecil di tumbuhan. Dalam hasil penelitannya ia menyimpulkan bahwa setiap sel tanaman mengarah ke kehidupan ganda.

Lihat pula: Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

  1. Teori sel Theodor Schwann (1810-1882)

Schwann merupakan seorang ahli fisiologi dan ahli zoologi asal Jerman. Schwann melakukan penelitian terhadap hewan dan melihat di dalam tubuh hewan tersusun dari banyak sel dan menyimpulkan sel merupakan satuan terkecil dari tubuh hewan. Ia juga menyimpulkan bahwa unit terkecil penyusun setiap makhluk hidup yaitu sel.

  1. Teori sel Rudolf Virchow (1821-1902)

Virchow merupakan seorang dokter, sejarahwan, patologis, ahli biologi, dan politikus Jerman. Virchow dikenal akan penemuannya bahkan merupakan orang pertama yang mengenal leukemia. Ia juga mengemukakan bahwa unit pertumbuhan terkecil makhluk hidup yaitu sel yang menjalankan fungsi kehidupan serta ikut mengalami pertumbuhan. 

  1. Teori sel Max Schultze (1825-1874)

Schultze menegaskan bahwa dasar-dasar fisik kehidupan yaitu protoplasma. Protoplasma juga merupakan bagian penting sel karena merupakan tempat terjadinya reaksi kimia dan proses hidup. Dari pendapat beberapa ahli tentang sel maka muncul teori tentang sel yaitu merupakan unit hereditas, sel merupakan unit fungsional makhluk hidup, sel merupakan struktural makhluk hidup, sel merupakan unit reproduksi makhluk hidup.

Isi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) 2018

SN Dikti (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) adalah satuan standar yang meliputi Standar Nasional Pendidikan, Standar Nasional Penelitian, dan Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. Standar Nasional Pendidikan (SNP) merupakan kriteria minimal mengenai pembelajaran di perguruan tinggi seluruh wilayah hukum NKRI.

Standar Nasional Penelitian merupakan kriteria minimal tentang sistem penelitian di perguruan tinggi seluruh wilayah hukum NKRI. Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat adalah kriteria minimal tentang sistem pengabdian kepada masyarakat pada perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum NKRI.

Portal Dikti

Tujuan SN Dikti

  • Standar Nasional Pendidikan Tinggi bertujuan untuk menjamin agar tujuan pendidikan tinggi tercapai yang memiliki peran strategis dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menerapkan nilai pembudayaan, pemberdayaan, dan humaniora bangsa Indonesia yang berkelanjutan. 
  • Menjamin agar pembelajaran program studi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di wilayah hukum NKRI dapat mencapai mutu dan kualitas sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam SN Dikti.
  • Mendorong agar seluruh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum NKRI dapat mencapai mutu dan kualitas pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat hingga mencapai kriteria dalam SN Dikti secara berkelanjutan. 

Lihat pula: Portal Jasa Bea Cukai

Standar Nasional Pendidikan Tinggi wajib:

  • Dijalankan dan dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  • Sebagai dasar untuk memberikan izin pembukaan program studi dan pendirian perguruan tinggi. 
  • Sebagai dasar penyelenggaraan pembelajaran berdasarkan kurikulum program studi. 
  • Sebagai dasar penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat dan juga penelitian.
  • Sebagai dasar penyelenggaraan dan pengembangan sistem penjaminan mutu internal.
  • Sebagai dasar penetapan kriteria sistem penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi. 

Standar Nasional Pendidikan

Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi lulusan yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan. Rumusan ini wajib memiliki kesetaraan dengan jenjang kualifikasi KKNI dan mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan KKNI. 

Portal SINDE Persuratan Kemdikbud

Standar Kompetensi Lulusan digunakan dalam pengembangan standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, dan standar pembiayaan pembelajaran.

Standar Nasional Penelitian

Standar hasil penelitian merupakan kriteria minimal tentang mutu hasil penelitian. Hasil penelitian harus diarahkan agar dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan daya saing bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian juga harus mampu memenuhi ketentuan dan peraturan di perguruan tinggi dan memenuhi CP lulusan. 

Hasil penelitian wajib disebarluaskan baik itu dengan cara dipublikasikan, diseminarkan, dipatenkan, atau cara lain yang dapat digunakan namun dengan ketentuan bahwa hasil penelitian tidak bersifat rahasia.

Untuk proses penelitian meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Untuk penilaian proses dan hasil penelitian dilakukan secara terintegrasi dengan prinsip penilaian yang edukatif, objektif, akuntabel, dan transparan. 

Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Standar hasil pengabdian kepada masyarakat merupakan kriteria dalam menerapkan, mengamalkan, dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Hasil pengabdian kepada masyarakat meliputi penyelesaian masalah, bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, modul pelatihan, dan pemanfaatan teknologi.

Cara Verval Data PTK Kemdikbud

Ketentuan tentang SN Dikti untuk pendidikan jarak jauh, pendidikan program studi diluar domisili, program pendidikan yang membutuhkan pengaturan khusus, dan akademi komunitas diatur dengan Peraturan Menteri.

Cocok untuk Pemula, Ini Cara Mudah Menjadi Agen JET Express

Tingginya minat masyarakat terhadap transaksi jual beli dari e-commerce membuat agen pengantaran atau ekspedisi juga tumbuh subur dan menjamur. Dengan menawarkan persaingan harga, kecepatan pengiriman, membuat bisnis ekspedisi juga mulai dilirik pasar. Salah satu ekspedisi yang terpercaya adalah JET Express. Banyak orang mencari cara mudah menjadi agen JET Express.

JET Express adalah perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman paket dan dokumen. Awalnya JET Express beroperasi dengan 2 cabang pertama di pertengahan tahun 2015. Dan pada tahun 2016 sudah berkembang menjadi 14 cabang di Indonesia dan terus berkembang hingga kini. JET Express memiliki mitra pengiriman paket dari perusahaan besar seperti Bank Mandiri, Pertamina Gas, Matahari Mall, dan lain sebagainya.

Cara Mudah Menjadi Agen JET Express

JET memiliki kuota tertentu untuk dapat menjadi agen sehingga tidak setiap pelamar agen akan dapat lolos dengan mudah. Selain kuota, menjadi agen harus menyiapkan biaya tertentu dan membaca persyaratan yang harus dipenuhi. Sebelum datang ke kantor, lebih baik membaca terlebih dahulu persyaratan yang diperlukan untuk menjadi agen JET Express yakni:

  1. Memilih paket keagenan. Untuk menjadi agen JET harus menyediakan dana 10-20 juta untuk mendaftar paket keagenan. Paket keagenan terdiri dari:
  2. Paket hemat 10 juta mendapatkan neon box JET Express, timbangan digital skala 30 kg, seragam dan 1 topi, sistem JETnet, dan media untuk promosi.
  3. Paket komplit 20 juta mendapatkan laptop, printer, neon box JET Express, timbangan digital skala 30 kg, seragam dan 1 topi, sistem JETnet, dan media untuk promosi.
  1. Menghubungi agen tingkat provinsi. Untuk dapat menjadi agen JET Express tidak dapat dilakukan secara online melalui website. Pelamar menjadi agen harus datang langsung ke kantor JET Express dan akan dibantu untuk pengajuan menjadi agen.
  2. Memenuhi syarat pembukaan agen JET Express. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
  3. Syarat lokasi dan infrastruktur outlet. Baik milik perorangan maupun perusahaan outlet harus dapat diakses kendaraan roda 4, memiliki fasilitas  meja dan kursi tunggu, menyiapkan area untuk spanduk tiang/plang neon box JET Express. Untuk mengetahui kelayakan, JET Express akan melakukan pengecekan langsung ke lokasi.
  4. Syarat sistem. Persyaratan sistem berhubungan dengan paket keagenan yang dipilih dan pemilik agen harus menyediakan laptop/komputer, printer, timbangan, jaringan internet berlangganan (Speedy, Biznet, dll).
  5. Syarat administrasi. Syarat administrasi untuk pembukaan agen perorangan terdiri dari aplikasi pengajuan (form keagenan), KTP, NPWP, pas foto berwarna 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar, surat keterangan domisili (SKDU) atau bukti pembayaran IMB terakhir, denah lokasi outlet, dan foto outlet (interior dan eksterior). Sedangkan untuk perusahaan, semua data dilengkapi seperti di atas dan ditambahkan akta pendiri perusahaan, surat ijin usaha perusahaan (SIUP), dan tanda daftar perusahaan (TDP).
  6. Syarat SDM. Syarat SDM minimal memiliki 1-2 orang karyawan yang bertugas menjaga outlet. Karyawan akan digaji oleh agen. Karyawan harus memiliki kemampuan di bidang komputer dan internet. Selama bekerja, karyawan wajib menggunakan seragam JET Express yang telah diberikan di paket keagenan.
  7. Mendaftarkan agen melalui pihak pengelola JET Express. Untuk proses pendaftaran sebaiknya datang langsung ke kantor cabang JET Express terkait pendaftaran agen. Apabila calon pelamar agen lulus tahap administrasi maka pihak JET akan memberikan pelatihan khusus tentang dunia ekspedisi.

Sistem Pembayaran

Pembayaran omzet harian disetorkan secara tunai ke pihak JET Express melalui bank, transfer ATM, internet banking, m-banking, dan lain sebagainya. Keuntungan yang ditawarkan oleh JET Express apabila menjadi agen pengiriman mereka juga cukup mumpuni yaitu 20% komisi dari total omzet yang didapatkan. Misalnya, agen A mendapatkan Rp. 10 juta sebulan dari pengiriman paket, maka dapat dihitung komisi yang diterima agen tersebut adalah Rp. 2 juta (20% dari Rp. 20 juta).

Apabila masih ada pertanyaan setelah membaca artikel Cara Mudah Menjadi Agen JET Express maka dapat langsung menghubungi pihak JET di:

PT JET (Jaringan Ekspedisi Transportasi) Express
Alamat: Jalan IL Lago Gading Serpong Mendrisio 4 Blok A No. 6-9, Tangerang
Telepon: 1-500-538 (JET)

Ini Teknik Pengambilan Sampel Purposive Sampling

Artikel ini akan membahas bagian dari non probability yaitu purposive sampling, lengkap dengan pengertian dan ini teknik pengambilan sampel purposive sampling.

Selama proses penelitian, segmen penting yang harus diperhatikan selain menentukan ukuran sampel adalah teknik pengambilan sampel. Pada dasarnya, ada dua teknik yang dapat digunakan yakni probability sampling dan non probability sampling.

Teknik Purposive Sampling

contoh pengambilan sampel dalam suatu populasi
contoh pengambilan sampel dalam suatu populasi

Jika merujuk kepada pengertiannya, teknik purposive sampling berdasar pada kriteria yang dirumuskan lebih dulu oleh peneliti. Artinya, tidak secara acak melainkan ditentukan langsung oleh peneliti melalui pertimbangan serta kriteria tertentu.

Istilah lain juga menyebut purposive sampling sebagai judgmental atau berdasarkan penilaian peneliti. Penilaian ini merujuk pada anggota populasi mana yang memenuhi kriteria guna dijadikan sampel utuh. Oleh karena itu, peneliti mesti memiliki pemahaman dan pengetahuan kriteria sampel agar tidak menghasilkan penilaian yang subjektif.

Perihal tujuannya, purposive sampling menentukan sampel sebuah penelitian yang membutuhkan kriteria khusus agar sesuai dengan tujuan penelitian. Jenis ini sangat sesuai digunakan pada jenis penelitian kualitatif, atau jenis lainnya yang tidak mengikutsertakan generalisasi.

· Rumus Menentukan Ukuran Sampel

Purposive sampling lebih umum digunakan pada penelitian kualitatif atau model analisis eksploratori. Hal ini menandakan jika semakin banyak sampel otomatis akan semakin baik, karena tidak melihat inferensi sebagai tujuan utama.

Perihal teknik purposive sampling mana yang digunakan, banyak yang merujuk pada banyaknya ukuran sampel sebagai alasan pengambilan. Hal ini membuktikan jika populasi (representatif) tidak menjadi tujuan utama dari penelitian.

· Syarat Penggunaan Purposive Sampling

Guna menggunakan metode sampling ini secara efektif, ada beberapa syarat yang mesti diperhatikan.

  1. Anggota populasi terbatas dalam pemenuhan kriteria.
  2. Peneliti harus memiliki pengetahuan yang memadai guna membuat kriteria dalam setiap pemilihan sampel, sehingga pilihan nantinya memenuhi tujuan yang ingin dicapai.

Metode Purposive Sampling

Dalam proses pengambilan sampling, peneliti harus memastikan untuk menolak anggota populasi yang dirasa tidak memenuhi kriteria. Untuk itu, bisa berdasarkan pada tujuan penelitian seperti berikut ini:

· Maximum Variation

Juga kerap disebut heterogeneous sampling, jenis ini memungkinkan peneliti melihat dari pelbagai sudut pandang. Tujuannya, untuk memberikan sebanyak mungkin informasi perihal peristiwa atau fenomena objek yang diteliti.

Semisal saja jajak pendapat mengenai suatu masalah, yang mana peneliti akan berbicara dengan banyak orang berbeda untuk memahami perspektif. Perbedaan pandangan inilah yang akan dijadikan dasar argumen, data dan penelitian yang kuat dari sudut pandang publik.

· Homogeneous

Homogeneous dipilih lantaran memiliki kumpulan karakteristik yang serupa, misal saja kesamaan pada usia, pengalaman hidup hingga budaya pekerjaan. Fokus teknik ini terletak pada persamaan karakteristik dan hubungannya dengan subjek penelitian.

· Typical Case Sampling

Jenis ini memungkinkan peneliti yang ingin mempelajari suatu fenomena atau tren tertentu pada anggota populasi dengan skema rata-rata atau tipikal. Apabila peneliti mempelajari semacam kurikulum pendidikan yang berpengaruh pada siswa rata-rata atau biasa, maka peneliti harus fokus pada anggota populasi yang masuk dalam golongan tersebut.

· Extreme/Deviant Case Sampling

Jenis ini dapat digunakan untuk tipe penelitian outlier atau pencilan, yang menyimpang dari fenomena tertentu terhadap tren atau isu tertentu. Dengan mempelajari kasus ini, peneliti kerap kali mendapatkan pemahaman yang baik.

Di sisi lain, apabila meneliti bakal memahami hubungan dari kebiasaan belajar serta prestasi akademik yang tinggi. Dengan begitu, peneliti harus mengambil sampel dari siswa yang dinilai punya prestasi tinggi.

· Critical Case Sampling

Critical case sampling menjadi jenis purposive yang mana hanya mempunyai beberapa kasus penting atau krisis untuk dipilih dan diperiksa. Dalam hal ini, peneliti akan mempelajari serta mengungkap wawasan yang bisa diterapkan pada setiap kasus berbeda, namun serupa.

Penjelasan ini teknik pengambilan sampel purposive sampling, meski unggul dalam proses juga memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut antara lain tak ada jaminan yang dapat dijadikan representatif dari aspek jumlah.

Selain itu, juga tidak sebaik pada sampel random atau acak. Hal ini berkaitan dengan kategorinya yang tidak termasuk dalam metode random. Tak hanya itu, juga tak dapat digunakan pada generalisasi dalam pengambilan kesimpulan statistik.