Tips untuk Bisa Tidur Lebih Cepat Saat Sedang Stres

Tips untuk Bisa Tidur Lebih Cepat Saat Sedang Stres

Kesibukan di sekolah, kantor, atau bahkan di lingkungan rumah yang padat bisa membuat tubuhmu kelelahan sehingga mengalami kesulitan tidur. Jika hal ini terjadi, waktu tidurmu akan semakin berkurang dan tubuhmu semakin lelah. Aktivitas keesokan harinya bisa terganggu karena kamu kurang istirahat.

Hal ini biasanya sering terjadi saat kamu baru saja melakukan perjalanan jauh. Kemudahan akomodasi memang membuat mobilitas kerja semakin meningkat. Kalau mau beli tiket Batik Air untuk perjalanan dinas saja kamu bisa langsung beli di https://www.traveloka.com/batik-air yang sudah mengakomodasi berbagai rute domestik. Nah, pastikan kamu bisa mengatasi kesulitan tidur meski kelelahan setelah perjalanan.

Dengarkan Musik yang Tenang

Kamu bisa mendengarkan musik relaksasi yang nyaman untuk kamu dengarkan sebelum tidur. Kalau kamu bingung mendengarkan musik seperti apa, cobalah untuk mencari genre musik klasik atau white noise yang katanya efektif sebagai pereda stres.
Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan efek suara alam yang menenangkan seperti suara burung, hujan, atau ombak. Suara alam seperti ini bisa memberikan stimulasi yang positif bagi pikiran dan tubuh agar bisa merasa nyaman dan bisa tidur lebih cepat.

Mencoba Berganti Suasana

Suasana kamar mungkin mulai membuatmu merasa jenuh akibat terlalu sering mengerjakan tugas kuliah atau kantor ke rumah. Nah, cobalah untuk mengganti suasana dengan beristirahat sejenak ke luar kamar. Kamu bisa mengambil segelas air putih dan mengatur napas di ruang keluarga dengan suasana lampu yang redup. Cobalah untuk menenangkan pikiran sampai merasa mengantuk, lalu pergi ke kamar jika sudah siap tidur.

Mengatur Napas Dalam-dalam

Melakukan banyak aktivitas secara tidak sadar akan berpengaruh pada ritme pernapasan. Hal ini mungkin luput dari perhatian karena kamu tidak pernah berkonsentrasi untuk benar-benar mengatur napas. Meskipun terlihat sepele, cobalah untuk bernapas melalui hidung, tahan beberapa saat, dan rasakan perbedaan yang terjadi pada tubuhmu. Hal ini dipercaya bisa meredakan rasa lelah sehingga kamu bisa lebih cepat nyaman dan mengantuk.

Kurangi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Terlalu banyak melakukan aktivitas dalam sehari memungkinkan kamu untuk dapat memilih banyak minum kafein dari kopi atau teh. Tidak jarang, kamu juga memilih untuk mengonsumsinya di pagi hari agar bisa tetap segar saat beraktivitas. Ya, setidaknya untuk bisa menahan kantuk saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Sayangnya, hal ini juga bisa mengganggu siklus tidur kamu. Jadi, akan lebih baik kalau kamu tetap mengurangi konsumsi kafein atau alkohol agar tetap bisa istirahat dengan nyaman. Untuk mengatasi kantuk saat beraktivitas sehari-hari, sebaiknya kamu mengganti dengan banyak minum air putih agar malamnya tetap terhidrasi dan bisa tidur dengan nyaman.

Nah, meskipun kamu sedang kelelahan, jadi bisa tidur nyenyak kalau beberapa hal tadi bisa tetap diperhatikan dengan baik. Tidak perlu kurang jam tidur, waktu istirahatmu tetap cukup meski sedang lelah atau stress.