Tanpa Harus ke Dokter, Inilah 5 Langkah Alami Mengobati Radang Tenggorokan

radang tenggorokan

Penyakit flu maupun pilek umumnya akan disertai dengan gejala rasa sakit pada tenggorokan, namun bisa jadi sebenarnya hal tersebut bukan gejala awal penyakit flu maupun pilek, justru sebenarnya awal terkena radang tenggorokan, kondisi yang cukup serius dan pastinya sangat menganggu Anda bukan. Apalagi bagi yang terbiasa bekerja dengan menjalin komunikasi dengan orang lain, suara adalah hal sangat penting. Faktanya radang tenggorokan ini memang bisa menyerang siapa saja karena berbagai macam faktor, mulai diantaranya adalah konsumsi makanan ataupun minuman yang salah, hingga kurangnya menjaga kebersihan.

Penyakit tersebut memang dipicu oleh gaya hidup hingga infeksi dari virus, sehingga agak sulit untuk mengobatinya. Jika sudah mulai dirasakan gejala-gejala awal radang tenggorokan, maka berikut ini diantaranya ada beberapa alternatif mudah untuk mengobatinya, yaitu:

  1. Berkumur menggunakan air garam, air garam yang hangat ini memiliki manfaat untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi pada tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi dari virus, ingat hanya digunakan untuk berkumur, bukan ditelan. Lakukan aktivitas yang satu ini secara rutin untuk membantu mengurangi gejala peradangan.
  2. Minum banyak air, mengkonsumsi lebih banyak air putih bisa membantu menghidrasi tubuh. Dengan terpenuhinya asupan cairan dalam tubuh, menjadi salah satu faktor yang dapat menjaga kesehatan tenggorokan, karena jika sampai terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan, maka bagian yang membengkak akan bertambah semakin buruk dan sakit.
  3. Konsumsi permen pelega tenggorokan, di pasaran sendiri ada banyak permen yang dijual dengan tujuan untuk melegakan tenggorokan, umumnya memiliki rasa yang khas yaitu mint yang benar-benar kuat dengan ekstrak beberapa bahan bermanfaat layaknya eucaliptus, peppermint dan masih banyak lagi. Ini membantu memberikan efek yang sejuk di tenggorokan dan sedikit mengurangi rasa nyerinya. Permen semacam juga sangat berfungsi dalam meningkatkan produksi air liur secara alami dan membantu untuk membasahi tenggorokan.
  4. Minum air perasan jeruk lemon, dalam air lemon terdapat senyawa yaitu properti astrigent, senyawa yang satu ini memiliki fungsi diantaranya adalah untuk mengempiskan atau mengurangi terjadinya pembengkakan. Juga berguna untuk membunuh kuman atau bakteri yang menjadi pemicu masalah radang tenggorokan tersebut.
  5. Berkumur menggunakan campuran air cuka apel dan juga garam, sedangkan untuk peradangan tenggorokan yang dipicu oleh batuk hebat dalam jangka waktu lama, maka bisa sedikit diatasi diantaranya menggunakan air cuka apel dan garam ini. Bahan-bahan ini akan menciptakan lingkungan yang buruk untuk virus maupun bakteri, sehingga bisa lebih cepat mati.

Jika kondisinya tidak kunjung sembuh atau semakin memburuk, maka segera bawalah ke dokter THT untuk segera mendapatkan penanganan yang lebih serius. Apalagi jika radang sudah berlangsung dalam waktu lama.

Februari 26th, 2019 by