Sibuk Nggak Sempet Infaq? Infaq Online Aja

Sedekah atau dalam bahasa Arab di sebut Shadaqah, sebenarnya adalah pemberian Muslim untuk orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa persetujuan oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat dan juga infaq ataupun wakaf online. Hal tersebut dikarenakan sedekah sendiri bukan hanya berarti dikeluarkan atau menyumbangkan sejumlah harta. Akan tetapi sedekah akan lakukan semua amal atau kelakuan yang baik. Sedangkan sedekah online yang dilakukan dalam bentuk harta selain zakat yaitu infaq.

Apa Itu Infaq?

Infaq merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengeluarkan ataupun membelanjakan sejumlah harta yang ditambahkan zakat maupun non zakat. Sedangkan hukum dari infaq sendiri ada yang sunnah dan bahkan ada yang wajib. Sedangkan untuk jenis infaq sendiri minimal ada 2 yakni infaq wajib yang akan diserahkan sebagai kafarat, zakat, nadzar dan lain sebagainya. Untuk infaq sunnah yang diterima infaq bagi fakir miskin yang muslim, infaq perubahan alam dan lain sebagainya.

Perbedaan Infaq dengan Zakat

Infaq berbeda dengan zakat karena dananya akan diberikan kepada kalangan yang tidak termasuk penerima zakat. Sebagai balasan untuk orang yang berinfak dan bersedekah lebih banyak sekali menerima dalam Al Qur’an dan Al Hadits, antara lain setuju seperti pada hadist ini:

Dari Abu Huraira RA , ia berkata: “Rasulullah SAW bersabda:” Siapa yang bersedekah dengan sebiji korma yang dicari dari usahanya yang halal lagi (Allah tidak menerima apa yang lagi baik), maka Allah menerima sedekah ini dengan tangan kanan- Dia kemudian memohon Allah dan memeliharanya untuk pemiliknya seperti di antara kamu yang meminta dan meminjamkan anak kudanya. Sampai sedekah ini menjadi gunung. ”-Muttafaq’alaih.

Bagi seorang muslim yang sedang merasa sulit ekonomi, dijamin dengan menafkahkan hartanya di jalan Allah tidak akan mengurangi sedikitpun dari harta yang dimiliki. Bahkan harta yang kita butuhkan justru akan semakin bertambah. Maka infaq ini bagaikan cermin yang mana akan memberikan manfaat kepada pihak-pihak yang memberi serta yang menerimanya. sejumlah uang yang akan dikeluarkan untuk berinfak jumlahnya tidak ditentukan dan disesuaikan dengan keikhlasan setiap orang yang berinfak.

Penyalur Infaq Rumah Zakat

Saat ini sudah ada lembaga yang menerima dan menyalurkan dana infak yang amanah yaitu rumah Zakat. Rumah Zakat ini punya salah satu program kreatif dan juga produktif yang akan membantu para penerima zakat untuk lebih menjadi mandiri, berdaya dan juga sehat. Semua program pemberdayaan dan juga kesehatan yang diberikan oleh Rumah Zakat akan terus dikembangkan serta dioptimalkan demi pemanfaatan infak yang paling amanah dan tepat sasaran.

Sedangkan partisipasi kita semua untuk bisa menyalurkan informasi lewat situs website Berbagi Kebahagiaan yang diharapkan bisa memberikan persetujuan untuk berbuat nyata dan berbagi bahagia untuk negara Indonesia.

Penyalur Infaq BAZNAZ yang Bekerjasama dengan GoPay

Saat ini Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS telah bekerjasama dengan go-pay yang akan memudahkan masyarakat untuk melakukan zakat maupun infaq secara digital yaitu melalui QR code. Seperti yang telah dikatakan oleh Muhammad Arifin Purwakananta yaitu direktur terutama BAZNAS bawa cara baru untuk infaq secara online kini lebih digemari oleh masyarakat. Sedangkan go-pay sendiri adalah pilihan utama bagi masyarakat.

Apalagi go-pay sendiri adalah top list pilihan bagi banyak masyarakat untuk melakukan zakat maupun infaq terlebih saat bulan Ramadhan. Selain itu go-pay juga adalah salah satu saluran yang paling besar yang telah BAZNAZ terima. Seperti contohnya pada saat mengumpulkan dana bagi korban bencana di Palu dan Lombok.

Di samping itu, gopay juga akan memudahkan bagi masyarakat dan akan membuat pencatatan BAZNAZ jauh lebih transparan. Telah tercatat pada tahun 2018 bawa go-pay telah bekerjasama dengan BAZNAZ untuk melakukan donasi secara digital dan sampai saat ini sudah mencapai 300 lembaga amil zakat dan juga yayasan yang sudah menerima infaq dengan menggunakan QR code Gopay.

Bahkan go-pay sendiri saat ini sudah meluaskan jangkauan QR code-nya sampai ke ranah zakat mal, infaq dan juga zakat fitrah. Jadi saat ini masyarakat akan semakin dimudahkan untuk menyalurkan infaknya melalui go-pay yang rata-rata ada di Smartphone masyarakat.

Nah, ini meskipun Anda sibuk dan tidak sempat untuk melakukan infaq di masjid, kini sudah dimudahkan dengan kemajuan teknologi yaitu infaq secara online. Tentunya dengan berbagai cara yang telah kami sebutkan di atas. Semoga bermanfaat.